Pages

Friday, December 12, 2008

Kista di Saluran Empedu

Dokter, putri kami umur 4,5 tahun (tinggi 97 cm, berat 16,5 kg) mengalami nyeri perut dan muntah-muntah selama hampir 2 minggu. Kemudian hasil USG-MRCP menyatakan terdapat kista ukuran 1,5 cm di dalam saluran empedunya (ductud colleductus billiris).

Dokter RS menyarankan operasi bedah konvensional dengan mengangkat seluruh saluran empedu (common billiris ductus) dan kantung empedunya. Lalu menggantikannya dengan saluran buatan sepanjang 60 cm.

Yang kami kurang pahami kenapa karena kista yang ada kita mesti membuang seluruh jaringan sehat yang ada (kantung empedu + saluran empedu). Tidak adakah alternatif lain di dunia medis untuk kasus putri kami. Mohon pencerahannya. Terimakasih.

Androe (Pria Menikah, 37 Tahun), achmadsdr@yahoo.com

Jawaban

Dari apa yang dikemukakan, saya menduga jika anak Bapak menderita penyakit sejak lahir yaitu kista di saluran empedu yang ada di luar hati (Common Bile Duct/Ductus Choleduchus). Kista ini dapat semakin membesar dan mengganggu aliran empedu. Kadang kala disertai infeksi sehingga dapat menimbulkan gejala seperti yang dikemukakan.

Tindakan yang harus dilakukan memang operasi seperti yang dianjurkan dan mengganti salurannya bukan dari saluran buatan tetapi dari ususnya sendiri. Memang kantung empedu dan saluran empedu harus diangkat karena fungsinya akan hilang dan bila ditinggalkan akan dapat menyebabkan komplikasi lain. Adapun sampai saat ini belum ada cara lain untuk mengatasi tersebut.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

No comments: