Pages

Tuesday, December 27, 2011

Perut Kiri Sakit Seperti Ada yang Mengganjal

Saya punya keluhan pada perut saya, sudah ke dokter penyakit dalam tapi hingga sekarang penyakit saya belum sembuh total. Awalnya saya kena maag, perut panas dan ulu hati nyeri. Sudah berobat, panas perut saya hilang, ulu hati juga sudah tidak nyeri lagi tapi kok masih sering sakit perut kiri seperti ada yang mengganjal kalau duduk. Apa lambung saya bengkak? Apa perlu diendoskopi? Terimakasih sebelumnya dok.

Edie (Pria Menikah, 34 Tahun), ediefrh@yahoo.com

Jawaban

Jika keluhan sakit maag sudah berkurang tetapi masih ada rasa mengganjal di perut kiri perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut berupa pemeriksaan Ultra-Sonografi (USG) perut untuk melihat apakah ada kelainan anatomi di daerah tersebut.

Bila perlu harus dilakukan endoskopi berupa gastroskopi untuk lambung atau kolonoskopi untuk usus besar tergantung penemuan USG nantinya. Apakah diperlukan pemeriksaan CT-Scan juga tergantung penemuan USG. Saya anjurkan Bapak untuk berkonsultasi dengan dokter bedah atau spesialis penyakit dalam.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

No comments: