Saturday, January 28, 2012

Bisakah Anak Kedua Lahir Normal Usai Anak Pertama Caesar?

Dok, saat ini saya hamil 26 minggu, dengan IUD (spiral) di dalamnya. Sebelumnya saya melahirkan anak pertama dengan proses caesar karena sungsang, anak pertama sekarang berusia 25 bulan. Bisakah saya melahirkan dengan cara normal? Apakah ada syarat khusus agar saya bisa melahirkan normal?

Muji Astuti
(Perempuan Menikah, 31 Tahun), muji.astuti@askrida.co.id
Tinggi Badan 156 Cm dan Berat Badan 58 Kg


Jawaban

Komplikasi persalinan normal dengan riwayat operasi caesar adalah terbukanya luka jahitan pada rahim secara spontan yang bisa mengakibatkan kematian atau kecacatan pada janin dan perdarahan hebat hingga kematian pada ibu. Risiko terjadinya komplikasi ini adalah 1 dalam 100 persalinan.

Banyak syarat yang perlu dipenuhi untuk melahirkan secara normal, di antaranya ialah tebal dinding rahim bagian bawah tidak kurang dari 2,5-3 mm pada kehamilan 36 minggu ke atas, jarak antara operasi sesar dengan persalinan berikut tidak kurang dari 1,5-2 tahun, monitoring elektronis detak jantung janin (CTG) secara berkesinambungan selama proses persalinan.

Selain itu juga harus ada tenaga dokter spesialis obstetri/ginekologi dan dokter anestesi yang siap di tempat, sehingga bisa dilakukan tindakan operasi caesar darurat dalam waktu 20-30 menit kalau terjadi robekan rahim.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

No comments: