Pages

Saturday, May 5, 2012

Apa Ciri-ciri Orang Kena Tumor Otak?

Saya ingin bertanya, beberapa minggu terakhir ini saya sering merasakan nyeri di bagian kepala kanan saat mau tidur, serta saya merasakan tubuh saya bagian kiri merasakan sedikit mati rasa atau kurang peka terhdap rangsangan, merasakan mual setiap pagi atau saat hendak makan. Saya juga membaca artikel tentang tumor otak. Saya ingin bertanya, apakah yang saya sebutkan itu ciri-ciri orang yang terkena tumor otak? Jika saya hendak berkonsultasi dengan dokter, ahli apa yang harus saya cari? Dan apa saja prosedur check up yang harus saya ikuti untuk dapat mendeteksi keluhan saya ini? Terimakasih

Samantha (Perempuan Lajang, 18 Tahun), manthaXXXX@ymail.com,
Tinggi Badan 162 Cm, Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Gejala kondisi yang disebutkan memiliki indikasi kecurigaan terhadap penyakit stroke maupun tumor pada otak. Mohon segera dilakukan pemeriksaan MRI atau CT scan otak untuk mengetahui lebih detail.

Gejala tumor otak yang muncul bisa sangat luas dan beragam karenanya diperlukan pemeriksaan dokter untuk memperkuat diagnosa. Salah satu pemeriksaan penunjang yang dilakukan adalah CT-scan untuk melihat gambaran otak dan struktur disekitarnya.

Rasa sakit kepala, mual dan muntah dapat dikarenakan banyak sebab, termasuk salah satunya adalah akibat adanya tumor di otak yang memicu rasa sakit dan mual muntah.

Beberapa gejala lain bisa muncul seperti sakit kepala yang disertai dengan mual, pusing, muntah, hilang kesadaran atau tiba-tiba pingsan, kejang, kesulitan bicara, kelemahan pada tungkai atau masalah dengan penglihatan tepi. Sakit kepala yang semakin memburuk, sakit kepala yang muncul semakin lama semakin sering selama periode hari, minggu atau bulan.

Untuk konsultasi, setelah hasil pemeriksaan keluar bisa dikonsultasikan dengan ahli otak, saraf maupun onkologi (ahli tumor) sesuai dengan hasil yang didapat.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong

No comments: