Pages

Thursday, January 1, 2015

Lebih Aman Mana, AC atau Kipas Angin untuk Bayi 2,5 Bulan?

Dok, saya punya bayi umur 2,5 bulan. Saya tinggal di Surabaya, di sini cuacanya sangat panas, jika malam hari tanpa kipas angin atau AC tidak dapat tidur. Lebih aman mana AC dengan kipas angin? Dan apa saja kekurangan dari kedua pendingin ruangan tersebut? Terimakasih.

Widya (Perempuan menikah, 26 tahun)
liliex.widyaXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 160 cm, berat badan 46 kg

Jawaban

Lebih aman AC, karena AC dapat diatur suhu, arah dan kecepatan anginnya. Ac sudah dilengkapi berbagai filter udara dan ada beberapa AC yang bahkan sudah dilengkapi dengan antijamur sehingga dapat mengurangi risiko infeksi dan alergi pada anak.

Kipas angin tidak bisa diatur suhunya dan cenderung lebih cepat berdebu, sehingga angin yang dihasilkan bercampur debu, dan bahaya untuk bayi karena bisa meningkatkan risiko infeksi saluran napas dan alergi.

dr Melisa Anggraeni, SpA

2 comments:

ABU SYIFA said...

hallo dok..saya yeni, anak saya mengalami kelainanan bawaan sejak lahir, celah langit langit ( cleft palate) , saya ingin penjelasan , untuk operasi celah langit langit anak saya, dr spesialis apakah yang pas, apakah dokter spesialis bedah mulut atau bedah plastik, mhn penjelasannya dok..trims

Anonymous said...

Hal-hal yang terkait dengan prosedur operasi bedah plastik, Untuk batasan operasi perbaikan sumbing langit-langit, idealnya adalah sebelum pasien berusia 2 tahun. Pasien dengan sumbing langit-langit akan mengalami kesalahan pengucapan yang menetap selama cacat itu masih ada, dan kebiasaan pengucapan yang salah itu akan dipelajari sistem otak selama masa tumbuh-kembang anak. Sementara itu, tumbuh-kembang pusat bicara sampai pada titik akhir saat usia 2 tahun, sehingga bila cacat langit-langit bisa ditangani lebih dini dan dilakukan latihan bicara sebelum usia 2 tahun, maka hasil akhirnya cukup baik.