Pages

Thursday, June 3, 2010

Anak sering mengeluh mual

Anak saya,laki-laki,umur 8 tahun.sering mengeluh mual pada saat yang tidak tertentu padahal tidak mengidap penyakit maag. Apakah ada hubungannya dengan infeksi virus CMV yang dideritanya?perlu diketahui,anak saya sejak umur 1-4 tahun ia terkena alopesia universalis(kebotakan total,termasuk alis dan bulu mata) yang menurut beberapa orang dokter (karena saya berobat dibanyak dokter)dikarenakan oleh virus CMV.dan itu menjadi pro dan kontra dikalangan dokter yang saya kenal.sekarang dia tidak alopesia universalis lagi. Tapi masih lopesia aerata(pitak-pitak).dia juga sempat mendapatkan pengobatan dari dokter
ahli patologi selama 3 tahun dan juga mejalani pengobatan di dokter SpKk, selain juga meminum ramuan sari buah merah,VCO.dokter,tolong jelaskan saya,apakah lopesia yang dialaminya bisa membahayakan dan apakah alopesia itu merupakan pertanda suatu penyakit tertentu yang mungkin belum terdeteksi?perlu dokter ketahui,diluar rasa ...

- Anastasia -

Jawaban : Â

Untuk menentukan diagnosis pasti suatu penyakit tentu dengan menjalani pemeriksaan laboratorium. Maag, dalam hal ini dengan melakukan endoskopi dan biopsi sel lambung, lalu dilanjutkan kultur.

Saya anggap pemeriksaan anak tersebut sudah komplit karena ibu dapat menyebut dengan pasti adanya virus CMV (Citomegalovirus). Jadi besar kemungkinan mual si anak tersebut memang disebabkan oleh virus CMV.

Alopesia universalis, disebut juga dengan alopasia totalis atau areata (bukan aerata), sering dihubungkan dengan suatu penyakit autoimun, jarang dihubungkan dengan akibat dari suatu infeksi (bakteri, virus
atau jamur). Sebaiknya dilakukan biopsi kulit kepala si anak tersebut untuk mengetahui proses yang terjadi dikulit kepala si anak. Sayang ibu tidak menyebutkan terapi obat yang diberikan oleh dokter
Sp.KK buat dan juga maksud pemberian ramuan sari buah merah tersebut.

Demikian penjelasan dari saya. Terima kasih

dr. Naf'an Akhun

1 comment:

Habaruddin Laoddang said...

Assalamu'alaikum.wr.wb
Maaf dok,..mau nnya msalah pendngaran,...
dari waktu kecil sya udh mengalami gangguan/kurang pendengaran krn selaput telinga berlubang dan saya tidak tau ukuran lubangnya udh sebesar apa (mau periksa sejak dini akan tetapi saya anak yatim piatu harus nnggung sndri jika ingin lnjut penddikan),..tapi sya perkiraankn antara sedang-sedikit parah untuk sebelah kanan dan sedngkan kiri sdh sngt prah wlpn hnya sedkit sekali bisa mendngr,..dan sya pernah periksa ke dokter THT katanya ga bisa dioperasi,...akan tetapi jika sya memasukkan kapas kedalam telinga kanan terasa ada penaikan pendengaran hmpir normal (anggplah saat ini hnya bisa mendgr tnpa menggunakan apa2 skitar 60-70 akan tetapi jika sya memasukan kapas pendngran saya mengalami penaikkan 80-85%
Pertanyaannya,...apa solusinya dok dan apakah bisa dioperasi dan dimna sya bisa melakukan operasi dan besarnya biaya untuk sekitar jogja,...makasih dok seblumnya
Wassalamu'alaikum.wr.wb