Pages

Friday, June 11, 2010

Belum Menstruasi

Assalamualaikum..

Saya ibu dengan satu anak, umur saya 23 tahun. saya ingin enanyakan, apa benar selama ibu memberikan ASI, maka si ibu tidak mendapatkan haid. karena sampai sekarang, saya sudah 3 bulan ini belum mendapatkan haid, padahal saya sudah cek kehamilan menggunakan test pack. dan hasilnya
negatif.

kalaupun tanpa alat kontrasepsi, bisa tidak untuk menunda
kehamilan.

Terima kasih,

- Fitri -

Jawaban : Â

Seorang ibu yang rutin memberikan ASI pada bayi, prioritas hormon wanita secara alami lebih cenderung bekerja dalam rangka memenuhi kebutuhan ASI. Ini berakibat menstruasi terlambat datang/ terganggu. Tetapi disarankan dan lebih aman ibu segera menggunakan kontrasepsi (suntik) agar tidak kecolongan hamil lagi. 48 jam pasca persalinan, atau antara 6–9 mg pasca persalinan atau boleh pada usia bayi 6 bulan dengan syarat;

*Â tetap tidak haid
*Â tidak memberi Makanan Pendamping ASI

karena bagaimanapun ketika menstruasi datang artinya rahim dalam kondisi 'subur untuk ditanami lagi' :)

Terima kasih

dr. Naf'an Akhun

No comments: