Pages

Sunday, January 16, 2011

Jengger Ayam - Kutil di Sekitar Alat Kelamin

Dengan hormat,
saya ingin menanyakan penyakit pada kelamin saya.
Sejak masa SMP, di kelamin saya ada semacam kutil, yang mirip seperti jerawat nasi sekitar 2~3 biji.
Sampai saat ini saya belum pernah berkonsultasi degan Dokter. Sekarang kutil2 itu semakin banyak dan menyebar. Saya merasa takut sekali.
Klau boleh tau apa nama penyakit itu, dan bagaimana mengobatinya.
Saya memohen dengan sangat informsinya.
Sekian dan terima kasih

Jawaban:


Mas Apri yang baik......
Kelainan kulit yang Anda alami bisa betul kutil seperti yang Anda bilang yang dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama Veruca Vulgaris atau bisa juga penyakit lain yang dalam ilmu kedokteran dikenal dengan nama Kandiloma Akuminatum atau penyakit Jengger ayam. Kedua penyakit tersebut penyebabnya adalah virus. Hanya yang kedua biasanya ditularkan melalui hubungan kelamin.

Untuk lebih jelas, Saya menganjurkan agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa lebih teliti. Tapi jangan khawatir penyakit Anda dapat disembuhkan yaitu lewat operasi dengan menggunakan elektornik cauter atau dengan pengobatan lainnya.


(Dr. Iman Hilmansyah)

No comments: