Pages

Sunday, January 16, 2011

Herpes Zoster atau Bukan ?

ass wr wb

saya sudah 1 tahun menderita Herpes Zoster dan baru menyadarinya, ditubuh saya dibagian paha dan pinggang muncul garis2 gelembung,dan saya dulu pernauh cacar air, dan dengan penuh rasa maaf saya minta tolong apa obatnya, dan harus kemana saya berobat.....terimakasih atas bantuannya


wass wr wb

Jawaban:


Wa'alaikum salam warahmatullaahi wabarakaatuuh

Saudara Pray,

Sebenarnya agak sulit mendiagnosis suatu penyakit kulit bila kelainan tersebut tidak dapat dilihat, tetapi untuk lebih jelasnya saya akan memberikan penjelasan singkat tentang herpes zoster.

Penyakit herpes zoster disebabkan oleh infeksi virus varisela zoster yang merupakan reaktivasi dari infeksi primer sebelumnya, dimana kelainan kulit yang terlihat seperti timbulnya gelembung jernih yang berkelompok dengan dasar kulit yang kemerahan. Selain itu pada daerah tersebut terdapat rasa nyeri yang hebat yang merupakan gejala yang khas pada penyakit ini. Terkadang penyakit ini juga dapat menyerang saraf sehingga daerah yang dipersarafi saraf tersebut akan lumpuh.
Melihat dari riwayat penyakit Anda pernah terkena cacar air sebelumnya memang ada kemungkinan terkena herpes zoster tetapi apakah Anda merasakan rasa nyeri di daerah tersebut ? Bila tidak kemungkinan herpes zoster dapat disingkirkan dan sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter spesialis kulit untuk memastikannya.
Â

Pengobatan herpes zoster yang biasanya diberikan yaitu antivirus seperti asyclovir selama 7 hari. Selain itu Anda dapat mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar waktu penyembuhannya lebih cepat.
Â

Semoga jawaban saya sedikit banyaknya dapat menjawab pertanyaan Saudara.
Apabila ada hal-hal yang masih perlu Saudara tanyakan, saya persilakan.
Terima kasih atas pertanyaannya.


Wassalaamu'alaikum.

(Dr. Ika Susanti)

No comments: