Pages

Tuesday, January 18, 2011

Gatal - Gatal Pada Seluruh Kulit

Dengan Hormat,
Dok, saya selalu merasakan gatal-gatal mulai dari kulit kepala hingga seluruh badan saya, oh ya saya bekerja pada satu perusahan dimana saya harus berhadapan dengan komputer setiap hari, apakah mungkin itu semua akibat radiasi dari komputer atau dari debu-debu pada komputer, saya sering meminum obat anti alergi tapi setiap obat nya habis gatal itu selalu muncul kembali, saya juga sudah beberapa kali datang kedokter setiap kali itu pula saya dianjurkan untuk membeli obatnya lagi, apabila terus seperti ini saya sangak repot karena harus selalu keluar jam kerja hanya untuk berobat, apa penyebab sakit saya ini, bagaimana solusinya, apakah ada obat- obatan alami ( nature ) sebagai pengganti obat kimia, oh ya mohon jawaban dikirim ke email saya. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Wass. Wr. Wb.

Jawaban:

WaĆ¢€™alaikumsalam Wr. Wb.
Pada dasarnya, ada 4 Cava Alengeu (penyebab alergi) masuk ke dalam tubuh:
1. Kontaktan adalah alergi yang timbul bila kita melakukan kontak/bersentuhan dengan penyebab alergi misal besi pada jam tangan, karet pada sandal jepit atau celana dalam.
2. Ingestan adalah alergi yang timbul bila kita memakan makanan penyebab alergi misalnya alergi makan ikan laut yang tidak segar, telur, atau alergi minum obat penisilin.
3. Injektan adalah alergi yang timbul bila benda tersebut disuntikkan ke tubuh, biasanya alergi obat-obta suntik misalnya antibiotika.
4. Inhalan adalah alergi yang timbul bila kita menghirup benda tersebut/lewat nafas kita, misalnya debu, serbuk bunga, dsb.

Alergi yang timbul bisa berupa gatal-gatal, bersin-bersin, pilek, sesak nafas, bahkan bila keadaannya sudah berat dapat menyebabkan kematian.

Untuk mencegah alergi anda dapat melakukan beberapa hal berikut, seperti menghindari faktor-faktor pencetus alergi, menjaga kondisi tubuh supaya kekebalan tubuh tetap baik dengan olah raga secara teratur serta mengkonsumsi obat-obat anti alergi.

Pada orang yang menderita alergi, maka ia wajib mengenal benda-benda yang menimbulkan alerg pada dirinya dengan melakukan Prick Test yang etrdapat pada Bagian Laergi dan Imunologi yang ada di Rumah Sakit-Rumah Sakit.

Perlu diketahui bahwa penyakit alergi tidak dapat disembuhkan. Kita hanya bisa menjaga supaya alergi tidak timbul dengan menghindari penyebab alergi dan menghentikan reaksi alergi dengan obat anti alergi.

Obat-obat alami yang bisa anda konsumsi untukmengatasi penyakit alergi ini adalah Habbatussaudah (jintan hitam), madu dan minyak zaitun seperti yang disarankan Rasulullah SAW.

Sekian jawaban dari saya, semoga ada manfaatnya.

(Dr. Cahyo Adi N.)

No comments: