Pages

Sunday, March 11, 2018

Mengatasi Bisul yang Muncul Tiap Datang Bulan

Selamat sore Dokter. Saya Lydia, 5 bulan terakhir ini saya sering terkena bisul. Awalnya saya lagi datang bulan tapi tiba-tiba alergi. Saya tidak makan apa-apa setelah itu.

Ketika saya berobat alerginya sembuh namun kemudian saya bisul. Awalnya saya pikir bisul biasa, saya berobat dokternya kasih obat bisul biasa dengan antibiotik. Tapi sudah 5 bulan tiap saya datang bulan, saya pasti kena bisul lagi. Sebenarnya ada apa dengan tubuh saya? Saya harus bagaimana?

Lidya (Perempuan, 24 tahun)

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya Mba Lidya. Sayangnya saya kurang mendapatkan informasi mengenai area munculnya bisul yang Anda keluhkan.

Bisul adalah suatu keadaan peradangan di permukaan kulit biasanya di area yang ditumbuhi rambut akibat adanya infeksi bakteri pada folikel rambut. Tempatnya bisa di daerah tungkai bawah, kulit kepala, muka, bokong, dan area kemaluan. Faktor risiko terjadinya bisul erat dikaitkan dengan kebersihan tubuh. Bakteri biasanya akan mudah memasuki pori-pori dan menginfeksi folikel rambut. Gejala awal bisul dimulai dengan warna kulit yang memerah, bengkak, terasa sakit, kemudian berisi pus (nanah).

Bisul saat menstruasi boleh jadi merupakan jerawat akibat ketidakseimbangan hormonal di dalam tubuh wanita, saat muncul jerawat kerap kali orang akan memencet jerawat, memencet jerawat ini akan memicu infeksi yang dapat menyebabkan bisul karena masuknya bakteri ke dalam luka terbuka.

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat, terima kasih.

dr Kevin William Hutomo

No comments: