Pages

Tuesday, April 24, 2018

Pilihan Lubrikasi Saat Berhubungan Intim

Dok, saya mau tanya. Saat saya berhubungan intim dengan istri kenapa Ms V kadang-kadang tidak basah?

Sering kali saya basahi dulu Mr P dengan air supaya bisa masuk. Saya sudah tanyakan kenapa Ms V kadang-kadang basah kadang kering.

Berbahayakah bila saya menggunakan air sebagai pelumas untuk berhubungan intim? Pelumas apa yang bagus untuk berhubungan intim terima kasih Dok?

H (Laki-laki, 42 tahun)

Jawaban

Ms V tidak basah, istilah medisnya lubrikasi (pelendiran) tidak terjadi.

Penyebabnya, bisa karena foreplay yg tidak optimal, kesehatannya sedang terganggu, psikisnya tengah tidak "in the mood", atau bisa karena menurunnya kadar hormon wanita (esterogen) pada saat pre-menopause.

Ketimbang air, disarankan Anda menggunakan jelly atau baby-oil sebagai pelumas Ms V menjelang hubungan intim.

Dr. Andri Wanananda MS

No comments: