Pages

Friday, March 2, 2012

Kenapa Berat Badan Terus Naik Usai Operasi Usus Buntu?

Dokter, 6 bulan yang lalu saya pernah menjalani operasi aphendik (usus buntu). Sebelum operasi, berat badan saya normal di bawah 50 kg. Tapi setelah operasi berat badan saya naik 56 kg, padahal makan saya hanya sedikit.

Teman-teman saya pun juga heran kenapa berat badan saya terus bertambah padahal makan saya lebih sedikit jika dibandingkan dengan porsi makan teman-teman saya. Yang ingin saya tanyakan apakah ada efek yang negatif dari pasca operasi aphendik seperti berat badan menjadi bertambah? dan kenapa berat badan saya terus bertambah padahal makan saya hanya sedikit? Terima kasih

Ima, imaXXXX@yahoo.co.id

Jawaban

Operasi apendiks tidak ada hubungan langsung dengan penambahan berat badan. Kemungkinan besar, terjadi perbaikan proses pencernaan (metabolisme) setelah operasi pengangkatan apendiks karena keluhan penyakit berkurang. Saat ini tidak dikenal adanya efek negatif terhadap pengangkatan apendiks. Untuk menghindari penambahan berat badan, sebaiknya Anda dapat mulai mengatur pola makan dan bila perlu konsultasi dengan ahli gizi.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

1 comment:

Unknown said...

Salam sejahtera dokter Hermansyur, saya nurul ibu 3 anak,usia sy 33 thn,berat bdn 59 tinggi bdn 159, tekanan darah sy cenderung rendah, kalau sdg kecapean saya sering pusing seperti mau pingsan. Saya ingin menurunkan berat badan krg lbh 6-8 kg dg puasa,adakah saran dokter agar puasa yg sy jalankan lancar dan berhasil menurunkan betat badan.makasih dokter