Pages

Saturday, March 3, 2012

Seputar Ambeien

Saya ingin bertanya mengenai masalah sekitar bagian dubur. Sewaktu saya berusia 6 tahun ketika buang air besar tiba2 ada semacam daging berwarna merah keluar dari bagian anus saya dan menghalangi kotoran untuk keluar dari lubang dubur. Pada saat itu saya ingat saya terlalu menekan sewaktu buang hajat, setelah di bantu oleh ayah saya dengan menggunakan sabun, daging tersebut dapat masuk kembali kedalam anus. akan tetapi sejak saat itu sampai saat ini, setiap kali saya buang air besar, daging tersebut selalu muncul keluar dan dapat masuk kembali kedalam anus setiap selesai buang air besar. Yang saya ingin tanyakan, apakah daging yang keluar dari anus tersebut ambeiyen? tumor? atau usus besar yang menjulur keluar?Lalu apakah hal tersebut normal? berbahayakah daging tersebut? Perlu diketahui bahwa saya bisa buang air dengan lancar setiap hari, hanya saja daging tersebut selalu saja keluar setiap kali saya kontraksi. dan ketika daging tersebut keluar, tidak ada rasa sakit sedikitpun. (saya selalu dengar dari kawan2 saya kalau ambeiyen biasanya sakit dan kadang mengeluarkan darah. Jadi saya meragukan bahwa saya terkena ambeiyen. Tolong diberikan info mengenai kelainan ini. Terima kasih atas perhatiannya.

Salam, william, 26 tahun

Jawaban :
Halo William, ambeien atau hemorrhoid adalah kondisi terjadinya pelebaran pembuluh darah balik (vena) yang ada di rektum (anus). Kondisi ini biasanya muncul pada ibu hamil (akibat tekanan pada daerah tersebut akibat kehamilan), atau jika mengalami sembelit dan kemudian mengejan terlalu keras. Ada beberapa derajat keparahan ambeien, 1) adanya darah segar yang menetes dari anus setelah BAB; 2) ambeien yang keluar dari saluran anus saat BAB, namun kembali secara spontan; 3) apabila hemoroid tidak dapat kembali secara spontan sehingga harus didorong masuk; dan derajat ke 4) apabila hemoroid tidak dapat kembali masuk setelah dicoba dikembalikan ke asalnya. Kalau mendengar cerita dari Anda, saya rasa itu positif ambeien. Warna merah yang terlihat adalah warna dari pembuluh darah yang melebar. Di daerah anus tidak ada jaringan otot yang seperti daging, melainkan jaringan ototnya melingkar (otot sfinkter) yang memungkinkan anus dapat melebar dengan fleksibel saat BAB. Dan ambeien tidak musti berdarah, tapi memang apabila sampai berdarah, maka ambeien tersebut musti segera diobati, karena artinya pembuluh darah yang melebar tersebut telah pecah. Dan perlukaan akibat pecahnya pembuluh tersebut harus diobati, jika tidak bisa terjadi infeksi (apalagi feces adalah zat buangan yang kotor dan bisa mengandung kuman). Dilihat dari kategori derajatnya, ambeien yang Anda alami awalnya berada dalam 3, namun sekarang menjadi derajat 2 (dapat masuk sendiri setelah selesai BAB). Namun tidak tertutup kemungkinan ambeien dapat meningkat derajatnya (bertambah parah). Oleh karena itu, saya sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter, dan makan makanan yang banyak mengandung serat dan air agar konsistensi feces tidak keras dan mengundang sembelit, yang akan memperparah kondisi ambeien Anda. Semoga bisa membantu!

No comments: