Pages

Saturday, January 15, 2011

Bintik-Bintik Merah di Kulit

hallo,dr.saya wanita berumur 22tahun.di badan saya terdapat bintik2 merah yang berdiameter 1mm,keluar di
perut bagian bawah, paha atas,dan sedikit di paha bagian bawah.tidak ada pada alat kelamin.sepertinya
mungkin papula,tidak pecah,tidak gatal.pada bintik yang sudah membaik,berwarna kecoklatan seperti luka
habis digigit nyamuk.mungkin dr bisa memberikan petunjuk obat dan dosisnya untuk saya minum???

terima kasih dr.saya mengharapkan balasan dari dr secepatnya.

Jawaban:

Hallo juga,


Seperti yang telah sering saya kemukakan pada saat menjawab pertanyaan tentang penyakit kulit, bahwa untuk menegakkan penyakit kulit sulit bila hanya berdasarkan anamnesa. Paling baik memang harus melakukan pemeriksaan fisik dengan melihat penyakit tersebut. Saudari memang menyebutkan papula, yang artinya penonjolan di atas permukaan kulit, berbatas tegas, berdiameter kurang dari ½ cm dan berisikan zat padat. Namun data ini masih kurang, karena bentuk dan warna papul bermacam-macam yang bisa mencirikan penyakitnya. Misalnya, papul, yang berbentuk setengah bola biasanya ada pada dermatitis, papul berbentuk kerucut seperti pada keratosis folikularis, datar dan berdasar poligonal seperti pada liken planus, dll. Warna merah biasanya menunjukkan adanya peradangan.
Â

Jadi, saya sarankan saudari temui dokter. Dokter akan melakukan anamnesa lebih lanjut baik mengenai riwayat penyakit tersebut serta faktor-faktor yang menjadi penyebab maupun predisposisi masalah saudari. Dengan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin bila diperlukan pemeriksaan penunjang, dokter akan menegakkan diagnosa penyakit saudari. Diagnosa ini yang akan mengarahkan pada pemberian obat yang sesuai dengan saudari.
Â

Demikian jawaban saya, semoga dapat menjawab permasalahan saudari. Terima kasih atas pertanyaannya.
Â

(dr. Edi Patmini SS)

No comments: