Monday, September 10, 2012

Ingin Lambung Sehat dan Terbebas dari Maag

Dokter Dito, saya sakit maag sudah 3 bulan, sampai berat badan saya turun. Saya ingin sekali sembuh dari sakit ini. Kalau terlambat makan dada terasa sesak, badan lemas, kepala pusing sangat tersiksa. Bagaimana cara agar lambung saya sehat? Terimakasih ya, dok atas penjelasannya.

Rachmaida (Perempuan Menikah, 27 Tahun), rachmaXXX@rocketmail.com,
Tinggi Badan 158 Cm, Berat Badan 38 Kg

Jawaban

Dear Rachmaida,

Terimakasih atas kepercayaannya kepada kami.

Dari keluhan yang mbak Rachmaida rasakan, yaitu: sakit maag sudah tiga bulan dan kalau terlambat makan dada terasa sesak, maka ada kemungkinan mbak Rachmaida menderita: sindroma dispepsia, gastritis kronis, peptic ulcer disease, duodenal ulcers, gastric ulcers, Helicobacter pylori disease, atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Adapun kemungkinan untuk menderita Zollinger–Ellison Syndrome amat kecil, sebab penyakit ini sering dijumpai pada pria berusia 30-50 tahun. Untuk memastikannya, maka dianjurkan untuk periksa ke dokter terdekat.

Obat-obatan yang biasa diresepkan dokter adalah dari golongan penekan asam (acid-suppressing drugs), seperti antacids, H2 receptor antagonists, atau proton pump (H+,K+-ATPase) inhibitors, dan/atau dari golongan mucosal protective agents, seperti sucralfate, analog prostaglandin atau bismuth-containing compounds.

Berikut ini kiat agar lambung sehat:

1. Tidak makan sebelum lapar

2. Berhenti makan sebelum kenyang

3. Menghindari makan sebelum tidur

4. Berdoa sebelum dan sesudah makan

5. Setelah makan jangan langsung tidur

6. Menghindari makanan berlemak (fatty foods)

7. Menghindari kebiasaan ngemil atau memakan camilan

8. Membiasakan diri gosok gigi sebelum dan setelah makan

9. Membiasakan diri cuci tangan sebelum dan setelah makan

10. Makanlah makanan yang halal, seimbang, dan proporsional

11. Memperbanyak konsumsi beraneka-ragam buah dan sayuran

12. Biasakanlah untuk sarapan pagi di jam yang sama setiap harinya

13. Menghindari makanan atau minuman cepat saji (junk food, fast food)

14. Menghindari pemanis, pewarna, penyedap makanan yang berlebihan

15. Makan secara terjadwal dan teratur, baik secara kualitas maupun kuantitas

16. Membiasakan membawa makanan dan minuman yang telah dimasak dari rumah

17. Menghindari hobi jajan di warung, warteg, di sembarang tempat, bila terpaksa harus jajan, maka bawalah sendok sendiri.

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.

dr. Dito Anurogo

8 comments:

rino raka said...

Dok, kalo mau konsultasi online gimana cara nya??

Anonymous said...

Dok, kenalkan nama saya Yusuf umur 31 thn. Yang ingin sy tanyakan apakah penyakit yg sy derita ini tergolong penyakit maag. Awalnya sy minum minuman bersoda dan makan gorengan tidak lama kemudian sy merasakan jantung sy berdebar kencang, dada terasa sesak sehingga saya panik dan ketakutan. Apa saya terkena penyakit maag atau ada penyakit yang lain. Thanks infonya

Admin said...

Nyeri yang Anda alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.

Keluhan ulu hati adalah gejala dispepsia yang paling sering terjadi pada penyakit tukak lambung atau gastritis fungsional (maag). Gastritis fungsional dapat diatasi dengan jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut. Berbeda lagi dengan tukak lambung. Pada tukak lambung terdapat perlukaan di daerah dinding lambung karena bakter H. pylori.

Apakah Anda memiliki riwayat maag (dispepsia)?

Ada kemungkinan pencetus keluhan Anda adalah reaksi dari minuman berkarbonasi yang Anda konsumsi. Hingga menyebabkan volume gas meningkat di lambung.

Namun demikian, gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Untuk mengetahui penyabab dari nyeri dada yang anda rasakan selain dari anamnesa juga diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter bila keluhan dirasa sangat mengganggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Asmardi said...

Saya berusia 48 th, mengalami batuk, flu, tenggorokan kering lebih kurang 10 th, sdh ke dokter umum, THT, bahkan sdh gonta ganti dokter jg tdk sembuh.
Mohon solusinya ke dokter mana sy seharusnya berobat. Terima kasih

Hilman said...

,.salam dokter,.
dokter saya ingin bertanya,.saya merasakan acilreflux/burning dan kalau pagi2 badan suka terasa lemas dan lemah begitu juga di sore hari,.apakah ini ada kaitannya dengan H.Pylori bakteri?

Saling Share said...

Assalamualaikum Dokter , saya mau konsultasi. saya mau tanya,
1. Bagaiamana makanan itu dikatakan sehat?
2. Saat ini banyak beredar suplemen makanan, bagaimana cara memilih suplemen makanan/suplemen kesehatan yang baik?
3. Sekarang ini saya sehat, tidak sedang mengalami penyakit apa pun, tapi ingin agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan fit hingga usia tua, suplemen apakah yang baik untuk kesehatan?
4. Suplemen itu sehat atau mudarat?
5. Saya pernah melihat suplemen dari Sea-Quill yang katanya suplemen perusahaan ini bagus-bagus, tp saya belum yakin sebelum bertanya. menurut Anda bagus ga ya produk mereka? ini alamatnya http://www.sea-quill.co.id
Mohon bantuannya....mks

Anonymous said...

Memilih suplemen yang tepat untuk tubuh Anda sering kali menjadi masalah tersendiri. Beragamanya jenis maupun janji dari brand suplemen seringkali justr semakin membuat konsumen bingung. Janji-janji seperti 'mengurangi lemak', 'menambah massa otot' dan 'mencegah penuaan' dan banyaknya pilihan suplemen di pasaran membuat Anda merasa tidak yakin dengan suplemen yang Anda konsumsi.

Dari pada Anda semakin bingung berikut kami berikan 5 suplemen pilihan terbaik yang dapat menjaga maupun meningkatkan kondisi tubuh Anda.

1. Minyak Ikan


Minyak ikan dikenal sebagai sumber omega-3, yaitu lemak esensial yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh manusia dan hanya dapat diperoleh melalui asupan makanan. Bahkan jika Anda mengkonsumsi ikan satu sampai dua kali setiap minggunya, kebutuhan omega 3 Anda masih belum tercukupi. Oleh karena itu sangat disarankan untuj Anda mengkonsumsi minyak ikan.

Minyak ikan dapat menurunkan triglycerides, resiko serangan jantung, meningkatkan kondisi tubuh, melindungi kesehatan otak, dan mengurangi resiko diabetes. Jika Anda berniat mengurangi lemak, omega 3 juga dapat membantunya. Ketika Anda memilih merk suplemen, pilihlah suplemen yang dapat memberikan Anda minimal 2 g EPA dan DHA setiap harinya.

2. Vitamin D


Banyak data menunjukan mayoritas orang kekurangan vitamin ini. Hal itu tidak mengherankan mengingat jenis makanan penyedia vitamin D tidaklah banyak (susu, telur, sarden), selain makanan sumber alami Vitamin D adalah sinar matahari. Namun, penggunaan lotion dan pakaian tertutup sering kali menghambat penyerapan vitamin D oleh kulit. Para ahli setuju untuk memenuhi kebutuhan Vitamin, Anda dapat mengkonsumsi suplemen setidaknya 1000 IU setiap harinya.

3. Konsentrat Sayur & Buah


Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengkonsumsi sayur dan buah, suplemen ini dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan Anda. Seperti di ketahui hanya 6% pria dari usia 5 - 34 tahun yang dapat mengkonsumsi sayur dan buah-buahan dalam jumlah yang dibutuhkan, sedangkan lebih dari 90% lainnya mengkonsumsi sayur dan buah di bawah jumlah minimum yang dibutuhkan tubuh. Green Product atau konsentrat sayur dan buah-buahan ini dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan serat Anda.

4. Probiotik


Di dalam perut kita terdapat jutaan jenis bakteri, beberapa baik dan beberapa lagi tidak terlalu baik. Tahukah Anda bahwa bakteri di dalam perut Anda dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan? Bakteri-bakteri tersebut mempengaruhi kemampuan pencernaan dan kekebalan tubuh Anda. Untuk membantu dan memlihara pasokan bakteri baik, probitotik dapat membantu Anda mengatasi maslah kembung, nyeri perut dan gas dalam perut. Dalam memilih probiotik pilihlah produk yang mengandung setidaknya 3 miliar organisme per sajian. Selalu simpan suplemen probiotik dalam lemari es setelah di buka untuk melindungi organisme di dalamnya.

5. Whey Protein


Whey protein mungkin bukan merupakan suplemen esensial yang dibutuhkan tubuh Anda, tetapi suplemen ini menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Whey protein mengandung asam amino tinggi, yang dapat membantu Anda mendapatkan rekoveri sempurna setelah berolah raga. Dan yang lebih penting, whey protein adalah sumber kalori berkualitas yang mudah diserap oleh tubuh. Tambahkan buah-buahan atau seali kacang maka Anda mendapatkan menu makanan sehat dalam waktu yang singkat,

Rian Ekro said...

Dok saya habis operasi tonsil,pengangkatan amandel,tp knpa amandel sya sdh tdk ada tp leher sya terasa terganjal gelembung udara kalau tdk di cegukan seperti tercekik. Sya memang pnya penyakit maag.dan stiap waktu saat sya memikirkan skt sya ini rsanya berdebar. Rsa takut mati.ulu hati terasa agak panas. Apa penyakit saya ini dok. Tolong pencerahannya dan harus bagaimana