Friday, September 2, 2011

Keluhan tentang THT

dear dokter....
saya fajar salah satu mahasiswa dibandung...
dalam beberapa hari ini saya mengalami keluhan tentang THT semoga dokter dapat memberikan solusinya.

beberapa hari lalu saya mengalami sakit gigi karena bolong... dan setelah sembuh telinga saya terasa sangat gatal sehingga saya menggunakan cottun bat untuk menghilankan rasa gatalnya namun yang saya herankan terdapat cairan seperti nanah dok... kemudian esok harinya gatal ditelinga kembali timbul kali ini bukan cairan nanah tapi darah dan setelahnya memberikan efek sakit kpala sebelah apakah gejala yang saya alami bukan penyakit parah atau sebaliknya? tolong pencerahannya terima kasih...

tolong balas ke alamat email saya f_anwary@ymail.com terima kasih....

Jawab :

kemungkinan besar dari keluhan yg anda rasakan anda mengalami suatu kelainan peradangan pd telinga tengah yg disebut dgn Otitis media, hal ini bisa jd diakibatkan adanya infeksi pd telingan oleh bakteri2 yg berasal dr saluran tenggorokan atau pernafasan.

untuk pengobatannya sendiri memerlukan obat2an antibiotik dan obat anti peradangan yg semua itu harus didapatkan dgn memeriksakan diri anda lgsg pd dokter. oleh krn itu akan lbh baik jika anda segera berkonsultasi pd dokter ahli THT terdekat.

Terima kasih...

dr. Wahyu Triasmara

33 comments:

Ndee.. said...

dear dokter,

hidung saya sering mampet. kadang kiri, kadang yang kanan. bahkan kadang hampir dua-duanya mampet total. dan sudah berlangsung lama.
setelah dirontgen, ternyata ada radang hidung menahan (bukan sinus bukan polip) dan tulang hidung kiri agak bengkok ke kanan.
setelah dikonsultasikan dengan dokter, beliau tidak menganjurkan untuk operasi karena tulang hidung yg bengkok tidak terlalu ekstrim.
dan untuk peradangan pada hidung yang menahun, dokter memberi obat. hidung tidak mampet lagi. namun setelah obat habis dikonsumsi, hidung kembali mampet, dan badan jadi tidak fit. seringkali demam.
saya ingin menanyakan, kenapa hidung saya terus mampet. padahal obat sudah diminum? dan badan sering demam, tidak fit?

Mohon tanggapannya dok.
Terimakasih.

Anonymous said...

assalamu'alaikum wr.wb.
dok saya ryan.. waktu smp telinga saya berbenturan dengan bola sangat kencang.. sampai berdengung lama..

beberapa hari kemudian saya ikut renang sekolah..pas ketika kepala saya , saya masukan kedalam air (tenggelam) saat itu juga air cepet masuk kedalam telinga dan rasanya sakit sekali.. kaya yang terbakar dan ditusuk".. pulangya saya ga enak badan beberapa hari..
anehnya gda nanah yang keluar dali telinga saya.. setelah beberapahari normal lagi.. cuma ketika saya mandi telinga saya kemasukan air dikit.. dan hal yang samapun saya rasakan..sakit seperti terbakar dan tertusuk"..

sampai sekarang hampir 6th masih sama telinga saya tidak boleh terkena air (masuk) sedikit pun..atau sakitnya akan terasa lagi..

yang saya mau tahu.. apa yang terjadi sama telinga saya?
dan apa yang bisa saya lakukan untuk mengobatinya?
setidaknya tidak sampai sakit sekali.. karna jujur menghambat saya untuk membersihkan telinga karna takut..tidak berani..

mohon tanggapanya dok
terima kasih

ALL TWO FRIENDS said...

Assalammu'alaikum
dok saya mau tanya,,jawabannya sangat di tunggu,,,gini dok,,entah telinga kiri dan kanan saya,tidak berfungsi normal,layaknya pendengaran normal,,,saya sangat hobi renang,,hingga suatu hari telinga saya keluar darah,dan saya periksakan ke THT,di identifikasi bahwa telinga kanan saya ada segumpal daging,,setelah itu saya di opeasi kecil untuk penyabutan daging tersebut,saya hentikan operasi itu karena sakit sekali saat penyabutan daging tersebut karena tidak di bius,trus saya harus bagaiman dok,,,apa yang harus saya lakukan agar sembuh,dan dapat mendengar layaknya orang lain,,saya sudah sedih dok jika di panggil tuli ( pendengaran saya mugkin 60% dari 100%nya )
Terimakasih dok

Anonymous said...

dear dokter
saya seorang ibu rumah tangga yg sedang hamil ,tapi beberapa hari ini saya merasakan telinga saya kayah berdengung terus dan tidak kunjung sembuh ,padahal keadaan saya tidak pilek ,dan suara saya jadi serak kayak orang flu gitu ,di sebabkan karna apa dok dan apa obatnya ,tolong jawabanya dok ,sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb

dok saya mau tanya anak saya mainan cotton bad terus telinga nya keluar darah lgsung tak bawa ke dr. umum terus darahnya gak keluar lagi tp seminggu kemudian keluar nanah? minta solusinya dok dan saya ucapkan terima kasih

satria pujangga said...

saya mau tanya Dok
saya sakit tenggorokan sudah hampir satu tahun belum sembuh-sembuh. setiap hari selalu kambuh-kambuhan, yang mana tenggorokan terasa
terasa nyeri dan terasa kaya ditekan dan di bawah amandel terasa mengembang dan tegang.
kalau saya lihat pada dinding tenggorokan saya terdapat beberapa titik penebalan yang berwarna kemerahan.
saya sudah periksakan ke beberapa dokter THT dan umum, namun obat-obat yang diberikan belum bisa menyembuhkan penyakit saya.
menurut hasil pemeriksaan dokter ada yang mengatakan saya terkena radang tenggorokan dan ada juga yang mengatakan amandel saya infeksi
saya sudah menjalani ronsen paru-paru dan hidung serta tes darah yang diambil dari lengan tangan dan daun telinga
yang hasilnya normal
terakhir saya juga melakukan tes usap pada tenggorokan dan hasilnya menyatakan tidak ada pertumbuhan mikroba
yang mau saya tanyakan
sebenarnya saya sakit radang tenggorokan atau amandel? . mohon solusinya

Jaelani aja said...

Pak / Ibu dokter saya mohon bantuan ya
anak saya berumur 4 thn sebelumnya terjadi mimisan dalam waktu 2 hari terjatuh hidung ya terbentur keluar darah lagi, saya sudah ke THT hasilnya kurang memuaskan bagi saya, yang saya takutkan karna ada semacam darah kering atau kelenjar saya juga tidak tahu dokter hanya bilang darah kering tapi kalau darah kering apakah berwarna bening? …….
saya berniat mau disedot benda asing yang ada didalam anak hidung saya itu apakah anak berumur 4 thn itu boleh dibius terlebih dahulu sebelum disedot benda asing ya?….
hidung ya suka keluar lendir seperti orang lagi flu dan tidak bau air lendirnya itu

Mohon penjelasannya dok
Terima Kasih

Habaruddin Laoddang said...

Assalamu'alaikum.wr.wb
Maaf dok,..mau nnya msalah pendngaran,...
dari waktu kecil sya udh mengalami gangguan/kurang pendengaran krn selaput telinga berlubang dan saya tidak tau ukuran lubangnya udh sebesar apa ,..tapi sya perkiraankn antara sedang-sedikit parah untuk sebelah kanan dan sedngkan kiri sdh sngt prah wlpn hnya sedkit sekali bisa mendngr,..dan sya pernah periksa ke dokter THT katanya ga bisa dioperasi,...akan tetapi jika sya memasukkan kapas kedalam telinga kanan terasa ada penaikan pendengaran hmpir normal (anggplah saat ini hnya bisa mendgr tnpa menggunakan apa2 skitar 60-70 akan tetapi jika sya memasukan kapas pendngran saya mengalami penaikkan 80-85%
Pertanyaannya,...apa solusinya dok dan apakah bisa dioperasi dan dimna sya bisa melakukan operasi dan besarnya biaya untuk sekitar jogja,...makasih dok seblumnya
Wassalamu'alaikum.wr.wb

Tio said...

Dokter usia saya 19 tahun. Saya sering mengalami gangguan telinga sebelah kiri saya. Rasanya seperti kemasukkan air begitu. Hal ini tidak setiap hari terjadi. Cuman kadang2 saja kalau saya kecapekan atau kurang minum. Ini kenapa ya dok?

Blue Sky said...

Assalamu'aiakum..
dokter, saya mau bertanya, mohon jawabannya..
bagaimanakah sistem/ cara terapi pendengaran pada anak tunarungu?
apakah ada pengaruh tingkat kekedapan suara pada ruang terapi pendengaran dengan tingkatan desibel pendengaran?

Anonymous said...

Ass…. Dok
Saya menderita alergi pada telinga, setiap saya makan dan minum, selalu ada cairan bening yang keluar, saya sudah 5 tahun menderita penyakit ini dok. saya sudah melakukan test alergi makanan dan saya sudah tidak memakan makanan yang menimbulkan alergi terhadap telinga saya, tetapi tetap saja cairan bening keluar dari telinga saya. Saya sudah berobat dimana2 tp sampai sekarang belum juga sembuh.

Saya mau bertanya dok, apakah tidak ada alat untuk menutupi bagian telinga tengah saya dok agar tidak kelihatan cairanx pada saat keluar? Contohnya semacam headset tapi kecil, sy sangat ingin membahagiakan orang tua saya dok tapi terhalang karena penyakit ini, berteman saja saya minder dan selalu menghindar.

Anonymous said...

malam dok..
saya ibu muda berusia 24 tahun..
saya baru memiliki bayi berumur 2bulan.. karena posisi menyusu saat tidur yg enak adalah ke arah kanan, jadi cuping telinga anak saya bentuknya berbeda dengan yg kiri. mungkin karena efek tertindih terus. yg mau saya konsultasikan, apakah nanti bentuknya dapat kembali normal? atau apa yg harus saya lakukan supaya bentuknya bisa kembali normal? terima kasih..

Anonymous said...

Dear Dokter,

3 hari lalu saya beberapa kali naik pesawat dengan jangka waktu 2 hari dari penerbangan satu dengan yang lain.
Setelah saya melakukan penerbangan yang keempat saya mengalami rasa sakit di telinga saya dan sesampainya di bandara kuping saya pengeng dan sudah tiga hari tidak kunjung sembuh.
Sebelum saya melakukan penerbangan yang keempat saya sedang menderita batuk berdahak.
Apakah kondisi tersebut yang menyebabkan kuping saya pengeng sampai saat ini? dan bagaimana cara mengatasinya.
saat ini saya belum pergi ke dokter THT karena masih sekolah di Melbourne sampai 2 minggu ke depan.
Mohon tanggapannya dok.
Terima kasih.

Anonymous said...

Assalamu alaikum pak dokter. Saya adalah siswa SMA ,Beberapa bulan yg lalu,saat mengikuti pembelajaran di sekolah tiba"telinga kiri saya berdengun kencang selanjutnya telinga kiri saya seperti tesumbat atau kemasukan air, terkadang berdengung juga. Sekarang telinga kanan saya juga ikut sakit. Tak tau kenapa. Saya khawatir ke dua telinga saya tidak akan brfungsi normal. Mohon sarannya dok. Saya tidak k THT karena d daerah saya tidak ada dokter THT. Proses belajar saya terganggu banget dok. Tolong d balas d email saya: arif34hidayat@gmail.com

Bambang Suryana said...

Dear Dokter
Saya Bambang Pria 35 thn
Lansung aja dok,beberapa hari ini saya merasa ada yg ganjil dgn telinga sebelah Kanan saya dok
Seprti ada suara Tik Tik gt setiap kali saya berjalan dgn sedikit hentakan di kaki,ato pada saat naik motor dgn jalanan yg tdk Rata
Suara Tik Tik itu selalu muncul
Mohon penjelasan dari dokter
Atas jawabanya saya ucapkan Trima kasih
bembeng_boy80@ymail.com

nietha kusuma said...

aslkum dok,
anak saya usianya 6th.telinga kirinya ada kotoran yang sulit dihilangkan,krn terus terang anak saya tidak bisa nahan sakit kalo dibersihan pak dokter.kotorannya jelas terlihat semut angkrang hitam.mohon saran dok.gimana ya dok.5 tempat dokter yang saya datangi tidak memberi solusi.apakah apabila dilakukan operasi ringan dengan cara membius anak saya supaya tidak berontak saat dibersihkan telinganya tidak bisa dilakukan dok.krn saya kepikiran ke pendengaran anak saya.krn jels menutupi gendang telinganya.kondisinya sdh 6 bulan kotoran trsbt ndak mau keluar sendiri.mohon saran terbaik.terima kasih sebelumnya...

nietha kusuma said...

aslkum dok,
anak saya 6th ada keluhan di telinga kiri dok.anak saya merasa sakit di telinga kiri.setlh saya cek dengan senter laser ada hitam2 seperti semut angkrang besar.lgsng saya bawa ke RS.tapi anehnya perawat blg tdk ada apa2.saya lgsng,sy cek lg ternyata masih ada.dgn kekuatiran saya cek di RS laen dg hrpn ada solusi.tapi apa yang saya dpt tdk sesuai hrpan.bapak dokter malah memaki2 saya.semakin menambah kekalutan saya.saya hny diam.sbg orangtua sangatlah wajar mengkuatirkan anaknya.dimana tempat saya mengadu tuk mendapat solusi.sudah 4 bulan kotoran(semut hitam)masih bersarang ditelinga kiri anak saya.walaupun sudah mati semutnya tp selama blm dikeluarkan membuat kekuatiran saya.anak saya tdk bsa nahan sakit klo dibersihkan telinganya sama pak dokter.apakah bisa dilakukan pembiusan agar anak tidak merasa sakit saat telinga dibersihkan.mohon saran terbaik.terima kasih

illiani djangkuton said...

dok papa saya terkena tumor nasopharynx sebelah kiri ,sedangkan kanan nya baik . dan bengkak di leher sebelah kiri papa sy itu 2 mm . apa itu sudah berbahaya dok ? tolong sekali info nya dok . terima kasih banyak :)

thomas tebai said...

Mau nanya dok,

hidung saya bengkok,,akibat di pukul,,kalo biaya opasi nya berapa dok ?

Anonymous said...

assalamu'alaikum dokter,
saya punya keluhan radang tenggorokkan yg sudah 3 thn ini belum sembuh juga, saya sudah periksa ke dokter THT bahwa radangnya disebabkan asam lambung saya yg meningkat dan katanya penyakit saya ini namanya GERD, suara saya jd sakit, serak dan parau dok, bagaimana dok menyembuhkannya?
terimakasih

Sri Rahayu said...

Assalamualaikum,dokter..
saya punya anak umur 2 tahun mengalami pendarahan pada telinga yang diakibatkan terkena benda tumpul (pengorek telinga)...
sampai saat ini telinga anak saya masih berdarah..
mohon penjelasannya dokter...

Bunda Wulan said...

salam dokter..
anak sy telinganya kemasukan pasir pantai sdh 3hr, tp katanya tidak terlalu mengganggu,hanya terasa kresek2 kalau bergerak...
apa bisa diatasi sendiri dirumah dok/bagaimana caranya?

edo habibillah said...

Dok saya mau tanya saya terkena penyakit pilek setelah penyakit pilek tsb udah agak mendingan tetapi hidung saya tetap tidak bisa membau ? Apakah ini efek pilek yg belum sembuh atau yang lain

putri gimor said...

assalamu alaikum dokter,
dok. saya mau nanya nih, ibu saya sudah 4 bulan mengkonsumsi obat, karena operasi lutut,di bulan ke 3,tenggorokan ibu saya terasa seperti ada yang mengganjal ketika menelan, dan setelah diperiksa ke dokter THT,ketika di periksa menggunakan alat ke tenggorokan, ternyata tidak ada respon rasa muntah oleh ibu, akhirnya doktert THT menyarankan ibu untuk konsultasi ke dokter syaraf,hasilnya menurut dkter syaraf, bahwa seraf tepi tenggorokan ibu lemah, dan dokter tsb mmberikan obat,stlah dari dkter saraf, rasa mengganjal di tenggorokan ibu sudah membaik, akan tetapi, bbrp minggu terakhir ini rasa mengganjal itu muncul kmbali dokter, saliva ibu juga keluar secara berlebih, kadang sperti ada rasa terbakar di tenggorokan, kadang rasa sakit sampai ke bawah leher,selain itu juga kalau ibu minum obat, telinga ibu sakit, kadang berdengig. yang saya mau tanyakan pada dokter adalah penyakit ibu saya apa ya dok???? ibu saya khwatir kalu itu kanker, mohon bantuannya dokter, terima kasih. wassalam

rafifah nakhwah said...

dear dr..

anak saya 3th 3bulan sedang mengalami gangguan pada telinganya, telinganya sering berair sejak berumur setahun lebih, sy sudah membawanya ke berbagai dokter THT di wilayah tempat tinggal saya, sempat sembuh tetapi cuma 2 bulan, kambuh lagi ketika putri saya batuk,sekarang telinganya agak mengeluarkan bau. kata beberapa dokter yg telah memeriksanya katanya ada infeksi pada telinga kanannya dan lubang kecil pada telinga kirinya, berbagai macam obat telah diminum oleh putri saya, tetapi hal ini tdk dapat menyembuhkan telinganya. mohon solusinya dokter, I think I almost deperate of this matter. terimakasih sebelumnya

Anonymous said...

dear dokter,
Saya irwan,Saya merasakan sakit tenggorokan sudah 7 bulan lamanya..dan sakit tenggrokan itu berpindah-pindah dari kiri kadang pindah ke sebelah kanan..saya sudah berobat beberapa kali ke dokter THT..tapi obat yang mereka kasih tidak ada perubahan sama sekali..diagnosa berubah-ubah katanya radang, kemudian dikasih antibiotik, anti radang dan nyeri,,tapi tidak ada perubahan sama sekali..dokter kemudian mendiagnosa lagi kemungkinan alergi atau ada gangguan lambung sehingga terjadi refluks.yang mengiritasi tenggorokan..tetapi berkali-kali dikasih obat lambung sama sekali tidak sembuh..sebenarnya Apa penyebab sebenarnya sakit tenggorokan saya..sudah 7 bulan berlangung tidak sembuh-sembuh, kira2 apa yang harus saya lakukan , pemeriksaan lanjutan apa yang harus saya lakukan ?..

Terima kasih.

mohon tanggapannya dok

Anonymous said...

Sakit tenggorokan adalah penyakit yang sering diderita oleh banyak orang. Seringkali sakit tenggorokan menjadi gejala terjadinya suatu penyakit. Seperti batuk, flu dan demam. Namun kebanyakan orang menganggapnya sebagi penyakit ringan dan membiarkan agar sembuh sendiri. Apabila dibiarkan saja akan menjadi penyakit batu, flu, dan demam. Sebelum menjadi penyakit, sebaiknya kita mengobatinya. Kita bisa memilih pengobat secara alami.
Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

Untuk mengobati sakit tenggorokan ada berbagai cara alami untuk mengobatinya. Ketika sedang sakit tenggorokan, sebaiknya anda menghindari makanan yang digoreng, air dingin dan es. Karena jenis makanan tersebut akan membuat sakit tenggorokan anda semakin parah. Untuk itu anda dapat mencoba beberapa tips dibawah ini untuk mengobati sakit tenggorokan Anda
1. Minum air hangat untuk minuman sehari-hari baik air putih, teh, dan susu. Air hangat dapat membuat tenggorokan lebih nyaman.
2. Minum air susu yang dicampur dengan madu dapat meringankan sakit tenggorokan anda.
3. Konsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak jatuh sakit.
4. Menggunakan masker ketika keluar rumah. Karena debu dan asap kendaraan dapat membuat iritasi pada tenggorokan.
Ini Dia Makanan Penyebab Sakit Tenggorokan

Untuk menghindari penyakit tenggorokan sebaiknya kita harus mengetahui makanan apa saja yang bisa memicu sakit tenggorokan. Setelah mengetahui makanan apa saja yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, dapat menjadikan kita lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan:
1.Gorengan
Makanan yang dimasak dengan cara digoreng merupakan salah satu penyebab sakit tenggorokan. Apalagi jika gorengan tersebut bukan dimasak dirumah. Banyak penjual makanan yang tidak memperhatikan minyak yang digunakan apakah masih layak digunakan atau tidak.
2. Makanan yang panas dan pedas
Kini makanan becita rasa pedas sangat digemari oleh masyarakat. Banyak orang mencari tempat makan yang memiliki menu pedas bahkan super pedas. Kebiasaan makan pedas yang terus-menerus ini berdampak tidak baik bagi tubuh karena bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Selain itu dampak jangka pangjangnya bisa merusak sistem pencernaan
Selama menderita sakit tenggorokan sebaiknya anda menghindari makanan diatas. Agar sakit tenggorokan cepat sembuh kembali. Untuk pencegahannya anda bisa mengatur makanan yang anda konsumsi sehingga terbebas dari sakit tenggorokan.

Anonymous said...

assalamu'alaikum dok
dok saya mempunyai anak usianya 3 tahun setengah,telinganya ada kotoran tersumbat dok menutupi lunang telinga warnanya putih. saya coba bersihkan memakai alat pembersih telinga yang ada senternya..tiba-tiba anknya nagis kenceng dok pas saya lihat telinganya berdarah itu kenapa ya dok..apa kira2 terkena dingding telinganya apa itu bukan semacam kotoran tapi daging tolong solusinya ya dok saya sangat khawatir sma anak saya...terima ksaih

Anonymous said...

Bentuk telinga dibuat untuk mencegah masuknya kotoran. Liang telinga diciptakan bersudut sehingga kotoran, seperti debu atau serangga, sulit menembus bagian yang lebih dalam. Tugas menghalau kotoran juga dilakukan kelenjar rambut yang terdapat di bagian depan setelah liang telinga. Di sini juga diproduksi getah telinga yang bernama serumen atau biasa disebut dengan ta tai telinga. Tai telinga inilah yang akan menangkap kotoran. Fungsi serumen sangat penting untuk membersihkan kotoran yang masuk dan mencegah gangguan pada telinga. Secara alamiah, kotoran yang masuk akan kering dan keluar sendiri. Dalam kadar normal, tai telinga hanya menutupi permukaan dinding telinga. Jika dibersihkan, getah akan diproduksi lagi. Maka, telinga sebaiknya tidak dibersihkan dengan cara dikorek. Cukup bersihkan bagian luar saja, yaitu daun dan muara liang telinga, jika terlalu dalam, ditakutkan fungsi gendang telinga akan terganggu.

Mengorek telinga juga bisa mengakibatkan perbenturan sebab telinga kita bentuknya bersudut. Perbenturan ini akan mengakibatkan telinga terasa sakit bahkan telinga berdarah. Pengorekan yang terlalu keras atau dalam juga bisa mengakibatkan trauma, ditambah dinding telinga kita mudah berdarah. Mengorek telinga juga bisa menyebabkan infeksi telinga. Akibanya kualitas pendengaran menurun, menjadi tuli, telinga tidak bisa mendengar lagi. Infeksi bisa menimbulkan bisul yang bernanah. Selain karena mengorek bisa mengakibatkan infeksi telinga tengah yang disebut congek. Jika produksi nanah semakin banyak, maka bisa mengakibatkan gendang telinga pecah.

Gendang telinga / membran timpani /tympanic membrane / eardrum adalah suatu membran yang terletak antara telinga luar dan telinga tengah. Bila terjadi kerusakan maka seseorang akan terganggu fungsi pendengarannya. Penyebab robeknya membran ini antara lain disebabkan oleh infeksi telinga tengah(otitis), trauma baik secara langsung maupun tidak langsung misalnya tertusuk alat pembersih kuping, suara ledakan yang berada didekat sekali dengan telinga kita, menyelam dengan kedalaman yang dianggap tidak aman, trauma kepala akibat kecelakaan kendaraan bermotor dan banyak penyebab lainnya. Gejala robeknya gendang telinga antara lain keluarnya darah dari telinga kadang didapati demam yang tak turun-turun dan nyeri telinga (otalgia), sebelumnya.

Umumnya dokter THT akan menangani keadaan akut ini. Bila gejala dan sumber penyebabnya telah tertangani dan dalam penilaian selama 1 bulan gendang telinga ini tidak menutup spontan, biasanya akan disarankan penutupan gendang telinga ini melalui prosedur pembedahan/operasi telinga. Miringoplasti merupakan prosedur pembedahan yang dirancang khusus untuk menutup lubang pada gendang telinga.

Berdasarkan metodenya, miringoplasti dapat dilakukan melalui pendekatan transkanal, endoaural dan postaurikular. Keputusan penggunaan metode pembedahannya bergantung pada kondisi patologis (luas perforasi), anatomi regional MT, keahlian individu operator.

Ana Maria said...

Malam dok ..
Saya perempuan usia 21tahun, akhir" ini saya merasakan ada yg aneh ditenggorokan saya, seperti sesuatu itu saya rasakan saat menelan ludah, tpi saat makan tak trasa apa", sakit dan benjolan tdak ada sama skali . Menurut dokter, apa yg saya alami ini, krna sngat mnganggu sekali kalau sedang mnelan ludah, dan apa obat nya . Trimakasih

Feni said...

Dear dokter
Saya pelajar di samarinda dok, saya mau tanya saya sering kali mengalami sariawan yg menahun dok tidak sembuh2 dan terakhir kali saya sariawan selama 1 setengah bulan baru sembuh. Nah yang saya tanyakan mungkinkah ini gejala kanker lidah?

Makasih dok

Anonymous said...

Langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah sariawan timbul kembali adalah dengan menjaga kebersihan mulut, mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang cukup, terutama makanan yang mengandungg vitamin B12 dan zat besi.Untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit dari sariawan dapat berkumur dengan air garam yang hangat dan berkonsultasi kepada dokter mulut agar mendapat penanganan dan pengobatan untuk sariawan.

Cara mengobati sariawan menahun adalah dengan cara :
Mengonsumsi vitamin
Sariawan bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin D atau juga vitamin B12, oleh sebab otulah, perlunya konsumsi vitamin D dan juga B12. Dan selain itu, vitamin C juga sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.
Mengonsumsi zat besi serta folat
Mengonsumsi makanan yang mengandug zat besi dan folat bisa membantu untuk menyembuhkan sariawan.
Obat antibioti
Obat antibiotik sangat diperlukan untuk mengobati satiawan. Namun, penggunaan obat sariawan antibiotik ini sebaiknya harus Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
Berkumur menggunakan air garam
Cara yang dilakukan berkumur dengan menggunakan air garam adalah, caranya melarutkan garam ke dalam air hangat. Berkumurlah 3-4 kali dalam sehari. Kandungan garam in berfungsi untuk membantu menarik cairan yang terjadi pada luka sariawan sehingga akan membantu untuk mempercepat proses penyembuhan. Dan selain itu juga bakteri yang muncul di mulut akan membantu menghambat perkembangannya.

Untuk mencegah penyakit sariawan menahun, maka bisa Anda lakukan dengan :
Jangan makan makanan yang terlalu panas dan pedas
Hindarilah stress
Jangan menggigit bagian mulut sendiri
Mencukupi kebutuhan vitamin Anda
Menjaga kesehatan mulut Anda jangan sampai bakteri atau juga virus berkembang biak, caranya bisa dilakukan dengan menggosok gigi dengan teratur.
Sebelum Anda makan buah-buahan, maka sebaiknya buah-buahan tadi dicuci terlebih dahulu atau bisa juga Anda makan buah-buahan namun kulitnya dibuang terlebih dahul, misalnya seperti pisang dan juga jeruk.

Obat alami untuk mengobati sariawan yang menahun adalah dengan menggunakan reusan kulit batang jambu air, atau bisa juga dengan mengoleskan bubuk kopi, atau juga mengoleskan getah bawang atau pepaya, dan juga masih banyak lagi obat alami sariawan yang menahun.

Anonymous said...

dok saya sedang sakit LPR (Laryngopharyngeal Reflux). Saya mau tanya, apakah slama proses penyembuhan saya masih dibolehkan utk les vokal?