Pages

Friday, September 2, 2011

Keluhan tentang THT

dear dokter....
saya fajar salah satu mahasiswa dibandung...
dalam beberapa hari ini saya mengalami keluhan tentang THT semoga dokter dapat memberikan solusinya.

beberapa hari lalu saya mengalami sakit gigi karena bolong... dan setelah sembuh telinga saya terasa sangat gatal sehingga saya menggunakan cottun bat untuk menghilankan rasa gatalnya namun yang saya herankan terdapat cairan seperti nanah dok... kemudian esok harinya gatal ditelinga kembali timbul kali ini bukan cairan nanah tapi darah dan setelahnya memberikan efek sakit kpala sebelah apakah gejala yang saya alami bukan penyakit parah atau sebaliknya? tolong pencerahannya terima kasih...

tolong balas ke alamat email saya f_anwary@ymail.com terima kasih....

Jawab :

kemungkinan besar dari keluhan yg anda rasakan anda mengalami suatu kelainan peradangan pd telinga tengah yg disebut dgn Otitis media, hal ini bisa jd diakibatkan adanya infeksi pd telingan oleh bakteri2 yg berasal dr saluran tenggorokan atau pernafasan.

untuk pengobatannya sendiri memerlukan obat2an antibiotik dan obat anti peradangan yg semua itu harus didapatkan dgn memeriksakan diri anda lgsg pd dokter. oleh krn itu akan lbh baik jika anda segera berkonsultasi pd dokter ahli THT terdekat.

Terima kasih...

dr. Wahyu Triasmara

96 comments:

Ndee.. said...

dear dokter,

hidung saya sering mampet. kadang kiri, kadang yang kanan. bahkan kadang hampir dua-duanya mampet total. dan sudah berlangsung lama.
setelah dirontgen, ternyata ada radang hidung menahan (bukan sinus bukan polip) dan tulang hidung kiri agak bengkok ke kanan.
setelah dikonsultasikan dengan dokter, beliau tidak menganjurkan untuk operasi karena tulang hidung yg bengkok tidak terlalu ekstrim.
dan untuk peradangan pada hidung yang menahun, dokter memberi obat. hidung tidak mampet lagi. namun setelah obat habis dikonsumsi, hidung kembali mampet, dan badan jadi tidak fit. seringkali demam.
saya ingin menanyakan, kenapa hidung saya terus mampet. padahal obat sudah diminum? dan badan sering demam, tidak fit?

Mohon tanggapannya dok.
Terimakasih.

Anonymous said...

assalamu'alaikum wr.wb.
dok saya ryan.. waktu smp telinga saya berbenturan dengan bola sangat kencang.. sampai berdengung lama..

beberapa hari kemudian saya ikut renang sekolah..pas ketika kepala saya , saya masukan kedalam air (tenggelam) saat itu juga air cepet masuk kedalam telinga dan rasanya sakit sekali.. kaya yang terbakar dan ditusuk".. pulangya saya ga enak badan beberapa hari..
anehnya gda nanah yang keluar dali telinga saya.. setelah beberapahari normal lagi.. cuma ketika saya mandi telinga saya kemasukan air dikit.. dan hal yang samapun saya rasakan..sakit seperti terbakar dan tertusuk"..

sampai sekarang hampir 6th masih sama telinga saya tidak boleh terkena air (masuk) sedikit pun..atau sakitnya akan terasa lagi..

yang saya mau tahu.. apa yang terjadi sama telinga saya?
dan apa yang bisa saya lakukan untuk mengobatinya?
setidaknya tidak sampai sakit sekali.. karna jujur menghambat saya untuk membersihkan telinga karna takut..tidak berani..

mohon tanggapanya dok
terima kasih

ALL TWO FRIENDS said...

Assalammu'alaikum
dok saya mau tanya,,jawabannya sangat di tunggu,,,gini dok,,entah telinga kiri dan kanan saya,tidak berfungsi normal,layaknya pendengaran normal,,,saya sangat hobi renang,,hingga suatu hari telinga saya keluar darah,dan saya periksakan ke THT,di identifikasi bahwa telinga kanan saya ada segumpal daging,,setelah itu saya di opeasi kecil untuk penyabutan daging tersebut,saya hentikan operasi itu karena sakit sekali saat penyabutan daging tersebut karena tidak di bius,trus saya harus bagaiman dok,,,apa yang harus saya lakukan agar sembuh,dan dapat mendengar layaknya orang lain,,saya sudah sedih dok jika di panggil tuli ( pendengaran saya mugkin 60% dari 100%nya )
Terimakasih dok

Anonymous said...

dear dokter
saya seorang ibu rumah tangga yg sedang hamil ,tapi beberapa hari ini saya merasakan telinga saya kayah berdengung terus dan tidak kunjung sembuh ,padahal keadaan saya tidak pilek ,dan suara saya jadi serak kayak orang flu gitu ,di sebabkan karna apa dok dan apa obatnya ,tolong jawabanya dok ,sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb

dok saya mau tanya anak saya mainan cotton bad terus telinga nya keluar darah lgsung tak bawa ke dr. umum terus darahnya gak keluar lagi tp seminggu kemudian keluar nanah? minta solusinya dok dan saya ucapkan terima kasih

Unknown said...

saya mau tanya Dok
saya sakit tenggorokan sudah hampir satu tahun belum sembuh-sembuh. setiap hari selalu kambuh-kambuhan, yang mana tenggorokan terasa
terasa nyeri dan terasa kaya ditekan dan di bawah amandel terasa mengembang dan tegang.
kalau saya lihat pada dinding tenggorokan saya terdapat beberapa titik penebalan yang berwarna kemerahan.
saya sudah periksakan ke beberapa dokter THT dan umum, namun obat-obat yang diberikan belum bisa menyembuhkan penyakit saya.
menurut hasil pemeriksaan dokter ada yang mengatakan saya terkena radang tenggorokan dan ada juga yang mengatakan amandel saya infeksi
saya sudah menjalani ronsen paru-paru dan hidung serta tes darah yang diambil dari lengan tangan dan daun telinga
yang hasilnya normal
terakhir saya juga melakukan tes usap pada tenggorokan dan hasilnya menyatakan tidak ada pertumbuhan mikroba
yang mau saya tanyakan
sebenarnya saya sakit radang tenggorokan atau amandel? . mohon solusinya

Unknown said...

Pak / Ibu dokter saya mohon bantuan ya
anak saya berumur 4 thn sebelumnya terjadi mimisan dalam waktu 2 hari terjatuh hidung ya terbentur keluar darah lagi, saya sudah ke THT hasilnya kurang memuaskan bagi saya, yang saya takutkan karna ada semacam darah kering atau kelenjar saya juga tidak tahu dokter hanya bilang darah kering tapi kalau darah kering apakah berwarna bening? …….
saya berniat mau disedot benda asing yang ada didalam anak hidung saya itu apakah anak berumur 4 thn itu boleh dibius terlebih dahulu sebelum disedot benda asing ya?….
hidung ya suka keluar lendir seperti orang lagi flu dan tidak bau air lendirnya itu

Mohon penjelasannya dok
Terima Kasih

Habaruddin Laoddang said...

Assalamu'alaikum.wr.wb
Maaf dok,..mau nnya msalah pendngaran,...
dari waktu kecil sya udh mengalami gangguan/kurang pendengaran krn selaput telinga berlubang dan saya tidak tau ukuran lubangnya udh sebesar apa ,..tapi sya perkiraankn antara sedang-sedikit parah untuk sebelah kanan dan sedngkan kiri sdh sngt prah wlpn hnya sedkit sekali bisa mendngr,..dan sya pernah periksa ke dokter THT katanya ga bisa dioperasi,...akan tetapi jika sya memasukkan kapas kedalam telinga kanan terasa ada penaikan pendengaran hmpir normal (anggplah saat ini hnya bisa mendgr tnpa menggunakan apa2 skitar 60-70 akan tetapi jika sya memasukan kapas pendngran saya mengalami penaikkan 80-85%
Pertanyaannya,...apa solusinya dok dan apakah bisa dioperasi dan dimna sya bisa melakukan operasi dan besarnya biaya untuk sekitar jogja,...makasih dok seblumnya
Wassalamu'alaikum.wr.wb

Tio said...

Dokter usia saya 19 tahun. Saya sering mengalami gangguan telinga sebelah kiri saya. Rasanya seperti kemasukkan air begitu. Hal ini tidak setiap hari terjadi. Cuman kadang2 saja kalau saya kecapekan atau kurang minum. Ini kenapa ya dok?

Blue Sky said...

Assalamu'aiakum..
dokter, saya mau bertanya, mohon jawabannya..
bagaimanakah sistem/ cara terapi pendengaran pada anak tunarungu?
apakah ada pengaruh tingkat kekedapan suara pada ruang terapi pendengaran dengan tingkatan desibel pendengaran?

Anonymous said...

Ass…. Dok
Saya menderita alergi pada telinga, setiap saya makan dan minum, selalu ada cairan bening yang keluar, saya sudah 5 tahun menderita penyakit ini dok. saya sudah melakukan test alergi makanan dan saya sudah tidak memakan makanan yang menimbulkan alergi terhadap telinga saya, tetapi tetap saja cairan bening keluar dari telinga saya. Saya sudah berobat dimana2 tp sampai sekarang belum juga sembuh.

Saya mau bertanya dok, apakah tidak ada alat untuk menutupi bagian telinga tengah saya dok agar tidak kelihatan cairanx pada saat keluar? Contohnya semacam headset tapi kecil, sy sangat ingin membahagiakan orang tua saya dok tapi terhalang karena penyakit ini, berteman saja saya minder dan selalu menghindar.

Anonymous said...

malam dok..
saya ibu muda berusia 24 tahun..
saya baru memiliki bayi berumur 2bulan.. karena posisi menyusu saat tidur yg enak adalah ke arah kanan, jadi cuping telinga anak saya bentuknya berbeda dengan yg kiri. mungkin karena efek tertindih terus. yg mau saya konsultasikan, apakah nanti bentuknya dapat kembali normal? atau apa yg harus saya lakukan supaya bentuknya bisa kembali normal? terima kasih..

Anonymous said...

Dear Dokter,

3 hari lalu saya beberapa kali naik pesawat dengan jangka waktu 2 hari dari penerbangan satu dengan yang lain.
Setelah saya melakukan penerbangan yang keempat saya mengalami rasa sakit di telinga saya dan sesampainya di bandara kuping saya pengeng dan sudah tiga hari tidak kunjung sembuh.
Sebelum saya melakukan penerbangan yang keempat saya sedang menderita batuk berdahak.
Apakah kondisi tersebut yang menyebabkan kuping saya pengeng sampai saat ini? dan bagaimana cara mengatasinya.
saat ini saya belum pergi ke dokter THT karena masih sekolah di Melbourne sampai 2 minggu ke depan.
Mohon tanggapannya dok.
Terima kasih.

Anonymous said...

Assalamu alaikum pak dokter. Saya adalah siswa SMA ,Beberapa bulan yg lalu,saat mengikuti pembelajaran di sekolah tiba"telinga kiri saya berdengun kencang selanjutnya telinga kiri saya seperti tesumbat atau kemasukan air, terkadang berdengung juga. Sekarang telinga kanan saya juga ikut sakit. Tak tau kenapa. Saya khawatir ke dua telinga saya tidak akan brfungsi normal. Mohon sarannya dok. Saya tidak k THT karena d daerah saya tidak ada dokter THT. Proses belajar saya terganggu banget dok. Tolong d balas d email saya: arif34hidayat@gmail.com

Unknown said...

Dear Dokter
Saya Bambang Pria 35 thn
Lansung aja dok,beberapa hari ini saya merasa ada yg ganjil dgn telinga sebelah Kanan saya dok
Seprti ada suara Tik Tik gt setiap kali saya berjalan dgn sedikit hentakan di kaki,ato pada saat naik motor dgn jalanan yg tdk Rata
Suara Tik Tik itu selalu muncul
Mohon penjelasan dari dokter
Atas jawabanya saya ucapkan Trima kasih
bembeng_boy80@ymail.com

Unknown said...

aslkum dok,
anak saya usianya 6th.telinga kirinya ada kotoran yang sulit dihilangkan,krn terus terang anak saya tidak bisa nahan sakit kalo dibersihan pak dokter.kotorannya jelas terlihat semut angkrang hitam.mohon saran dok.gimana ya dok.5 tempat dokter yang saya datangi tidak memberi solusi.apakah apabila dilakukan operasi ringan dengan cara membius anak saya supaya tidak berontak saat dibersihkan telinganya tidak bisa dilakukan dok.krn saya kepikiran ke pendengaran anak saya.krn jels menutupi gendang telinganya.kondisinya sdh 6 bulan kotoran trsbt ndak mau keluar sendiri.mohon saran terbaik.terima kasih sebelumnya...

Unknown said...

aslkum dok,
anak saya 6th ada keluhan di telinga kiri dok.anak saya merasa sakit di telinga kiri.setlh saya cek dengan senter laser ada hitam2 seperti semut angkrang besar.lgsng saya bawa ke RS.tapi anehnya perawat blg tdk ada apa2.saya lgsng,sy cek lg ternyata masih ada.dgn kekuatiran saya cek di RS laen dg hrpn ada solusi.tapi apa yang saya dpt tdk sesuai hrpan.bapak dokter malah memaki2 saya.semakin menambah kekalutan saya.saya hny diam.sbg orangtua sangatlah wajar mengkuatirkan anaknya.dimana tempat saya mengadu tuk mendapat solusi.sudah 4 bulan kotoran(semut hitam)masih bersarang ditelinga kiri anak saya.walaupun sudah mati semutnya tp selama blm dikeluarkan membuat kekuatiran saya.anak saya tdk bsa nahan sakit klo dibersihkan telinganya sama pak dokter.apakah bisa dilakukan pembiusan agar anak tidak merasa sakit saat telinga dibersihkan.mohon saran terbaik.terima kasih

illiani djangkuton said...

dok papa saya terkena tumor nasopharynx sebelah kiri ,sedangkan kanan nya baik . dan bengkak di leher sebelah kiri papa sy itu 2 mm . apa itu sudah berbahaya dok ? tolong sekali info nya dok . terima kasih banyak :)

Unknown said...

Mau nanya dok,

hidung saya bengkok,,akibat di pukul,,kalo biaya opasi nya berapa dok ?

Anonymous said...

assalamu'alaikum dokter,
saya punya keluhan radang tenggorokkan yg sudah 3 thn ini belum sembuh juga, saya sudah periksa ke dokter THT bahwa radangnya disebabkan asam lambung saya yg meningkat dan katanya penyakit saya ini namanya GERD, suara saya jd sakit, serak dan parau dok, bagaimana dok menyembuhkannya?
terimakasih

Unknown said...

Assalamualaikum,dokter..
saya punya anak umur 2 tahun mengalami pendarahan pada telinga yang diakibatkan terkena benda tumpul (pengorek telinga)...
sampai saat ini telinga anak saya masih berdarah..
mohon penjelasannya dokter...

Anonymous said...

salam dokter..
anak sy telinganya kemasukan pasir pantai sdh 3hr, tp katanya tidak terlalu mengganggu,hanya terasa kresek2 kalau bergerak...
apa bisa diatasi sendiri dirumah dok/bagaimana caranya?

Unknown said...

Dok saya mau tanya saya terkena penyakit pilek setelah penyakit pilek tsb udah agak mendingan tetapi hidung saya tetap tidak bisa membau ? Apakah ini efek pilek yg belum sembuh atau yang lain

Unknown said...

assalamu alaikum dokter,
dok. saya mau nanya nih, ibu saya sudah 4 bulan mengkonsumsi obat, karena operasi lutut,di bulan ke 3,tenggorokan ibu saya terasa seperti ada yang mengganjal ketika menelan, dan setelah diperiksa ke dokter THT,ketika di periksa menggunakan alat ke tenggorokan, ternyata tidak ada respon rasa muntah oleh ibu, akhirnya doktert THT menyarankan ibu untuk konsultasi ke dokter syaraf,hasilnya menurut dkter syaraf, bahwa seraf tepi tenggorokan ibu lemah, dan dokter tsb mmberikan obat,stlah dari dkter saraf, rasa mengganjal di tenggorokan ibu sudah membaik, akan tetapi, bbrp minggu terakhir ini rasa mengganjal itu muncul kmbali dokter, saliva ibu juga keluar secara berlebih, kadang sperti ada rasa terbakar di tenggorokan, kadang rasa sakit sampai ke bawah leher,selain itu juga kalau ibu minum obat, telinga ibu sakit, kadang berdengig. yang saya mau tanyakan pada dokter adalah penyakit ibu saya apa ya dok???? ibu saya khwatir kalu itu kanker, mohon bantuannya dokter, terima kasih. wassalam

Vivien said...

dear dr..

anak saya 3th 3bulan sedang mengalami gangguan pada telinganya, telinganya sering berair sejak berumur setahun lebih, sy sudah membawanya ke berbagai dokter THT di wilayah tempat tinggal saya, sempat sembuh tetapi cuma 2 bulan, kambuh lagi ketika putri saya batuk,sekarang telinganya agak mengeluarkan bau. kata beberapa dokter yg telah memeriksanya katanya ada infeksi pada telinga kanannya dan lubang kecil pada telinga kirinya, berbagai macam obat telah diminum oleh putri saya, tetapi hal ini tdk dapat menyembuhkan telinganya. mohon solusinya dokter, I think I almost deperate of this matter. terimakasih sebelumnya

Anonymous said...

dear dokter,
Saya irwan,Saya merasakan sakit tenggorokan sudah 7 bulan lamanya..dan sakit tenggrokan itu berpindah-pindah dari kiri kadang pindah ke sebelah kanan..saya sudah berobat beberapa kali ke dokter THT..tapi obat yang mereka kasih tidak ada perubahan sama sekali..diagnosa berubah-ubah katanya radang, kemudian dikasih antibiotik, anti radang dan nyeri,,tapi tidak ada perubahan sama sekali..dokter kemudian mendiagnosa lagi kemungkinan alergi atau ada gangguan lambung sehingga terjadi refluks.yang mengiritasi tenggorokan..tetapi berkali-kali dikasih obat lambung sama sekali tidak sembuh..sebenarnya Apa penyebab sebenarnya sakit tenggorokan saya..sudah 7 bulan berlangung tidak sembuh-sembuh, kira2 apa yang harus saya lakukan , pemeriksaan lanjutan apa yang harus saya lakukan ?..

Terima kasih.

mohon tanggapannya dok

Anonymous said...

Sakit tenggorokan adalah penyakit yang sering diderita oleh banyak orang. Seringkali sakit tenggorokan menjadi gejala terjadinya suatu penyakit. Seperti batuk, flu dan demam. Namun kebanyakan orang menganggapnya sebagi penyakit ringan dan membiarkan agar sembuh sendiri. Apabila dibiarkan saja akan menjadi penyakit batu, flu, dan demam. Sebelum menjadi penyakit, sebaiknya kita mengobatinya. Kita bisa memilih pengobat secara alami.
Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

Untuk mengobati sakit tenggorokan ada berbagai cara alami untuk mengobatinya. Ketika sedang sakit tenggorokan, sebaiknya anda menghindari makanan yang digoreng, air dingin dan es. Karena jenis makanan tersebut akan membuat sakit tenggorokan anda semakin parah. Untuk itu anda dapat mencoba beberapa tips dibawah ini untuk mengobati sakit tenggorokan Anda
1. Minum air hangat untuk minuman sehari-hari baik air putih, teh, dan susu. Air hangat dapat membuat tenggorokan lebih nyaman.
2. Minum air susu yang dicampur dengan madu dapat meringankan sakit tenggorokan anda.
3. Konsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak jatuh sakit.
4. Menggunakan masker ketika keluar rumah. Karena debu dan asap kendaraan dapat membuat iritasi pada tenggorokan.
Ini Dia Makanan Penyebab Sakit Tenggorokan

Untuk menghindari penyakit tenggorokan sebaiknya kita harus mengetahui makanan apa saja yang bisa memicu sakit tenggorokan. Setelah mengetahui makanan apa saja yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, dapat menjadikan kita lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan:
1.Gorengan
Makanan yang dimasak dengan cara digoreng merupakan salah satu penyebab sakit tenggorokan. Apalagi jika gorengan tersebut bukan dimasak dirumah. Banyak penjual makanan yang tidak memperhatikan minyak yang digunakan apakah masih layak digunakan atau tidak.
2. Makanan yang panas dan pedas
Kini makanan becita rasa pedas sangat digemari oleh masyarakat. Banyak orang mencari tempat makan yang memiliki menu pedas bahkan super pedas. Kebiasaan makan pedas yang terus-menerus ini berdampak tidak baik bagi tubuh karena bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Selain itu dampak jangka pangjangnya bisa merusak sistem pencernaan
Selama menderita sakit tenggorokan sebaiknya anda menghindari makanan diatas. Agar sakit tenggorokan cepat sembuh kembali. Untuk pencegahannya anda bisa mengatur makanan yang anda konsumsi sehingga terbebas dari sakit tenggorokan.

Anonymous said...

assalamu'alaikum dok
dok saya mempunyai anak usianya 3 tahun setengah,telinganya ada kotoran tersumbat dok menutupi lunang telinga warnanya putih. saya coba bersihkan memakai alat pembersih telinga yang ada senternya..tiba-tiba anknya nagis kenceng dok pas saya lihat telinganya berdarah itu kenapa ya dok..apa kira2 terkena dingding telinganya apa itu bukan semacam kotoran tapi daging tolong solusinya ya dok saya sangat khawatir sma anak saya...terima ksaih

Anonymous said...

Bentuk telinga dibuat untuk mencegah masuknya kotoran. Liang telinga diciptakan bersudut sehingga kotoran, seperti debu atau serangga, sulit menembus bagian yang lebih dalam. Tugas menghalau kotoran juga dilakukan kelenjar rambut yang terdapat di bagian depan setelah liang telinga. Di sini juga diproduksi getah telinga yang bernama serumen atau biasa disebut dengan ta tai telinga. Tai telinga inilah yang akan menangkap kotoran. Fungsi serumen sangat penting untuk membersihkan kotoran yang masuk dan mencegah gangguan pada telinga. Secara alamiah, kotoran yang masuk akan kering dan keluar sendiri. Dalam kadar normal, tai telinga hanya menutupi permukaan dinding telinga. Jika dibersihkan, getah akan diproduksi lagi. Maka, telinga sebaiknya tidak dibersihkan dengan cara dikorek. Cukup bersihkan bagian luar saja, yaitu daun dan muara liang telinga, jika terlalu dalam, ditakutkan fungsi gendang telinga akan terganggu.

Mengorek telinga juga bisa mengakibatkan perbenturan sebab telinga kita bentuknya bersudut. Perbenturan ini akan mengakibatkan telinga terasa sakit bahkan telinga berdarah. Pengorekan yang terlalu keras atau dalam juga bisa mengakibatkan trauma, ditambah dinding telinga kita mudah berdarah. Mengorek telinga juga bisa menyebabkan infeksi telinga. Akibanya kualitas pendengaran menurun, menjadi tuli, telinga tidak bisa mendengar lagi. Infeksi bisa menimbulkan bisul yang bernanah. Selain karena mengorek bisa mengakibatkan infeksi telinga tengah yang disebut congek. Jika produksi nanah semakin banyak, maka bisa mengakibatkan gendang telinga pecah.

Gendang telinga / membran timpani /tympanic membrane / eardrum adalah suatu membran yang terletak antara telinga luar dan telinga tengah. Bila terjadi kerusakan maka seseorang akan terganggu fungsi pendengarannya. Penyebab robeknya membran ini antara lain disebabkan oleh infeksi telinga tengah(otitis), trauma baik secara langsung maupun tidak langsung misalnya tertusuk alat pembersih kuping, suara ledakan yang berada didekat sekali dengan telinga kita, menyelam dengan kedalaman yang dianggap tidak aman, trauma kepala akibat kecelakaan kendaraan bermotor dan banyak penyebab lainnya. Gejala robeknya gendang telinga antara lain keluarnya darah dari telinga kadang didapati demam yang tak turun-turun dan nyeri telinga (otalgia), sebelumnya.

Umumnya dokter THT akan menangani keadaan akut ini. Bila gejala dan sumber penyebabnya telah tertangani dan dalam penilaian selama 1 bulan gendang telinga ini tidak menutup spontan, biasanya akan disarankan penutupan gendang telinga ini melalui prosedur pembedahan/operasi telinga. Miringoplasti merupakan prosedur pembedahan yang dirancang khusus untuk menutup lubang pada gendang telinga.

Berdasarkan metodenya, miringoplasti dapat dilakukan melalui pendekatan transkanal, endoaural dan postaurikular. Keputusan penggunaan metode pembedahannya bergantung pada kondisi patologis (luas perforasi), anatomi regional MT, keahlian individu operator.

Unknown said...

Malam dok ..
Saya perempuan usia 21tahun, akhir" ini saya merasakan ada yg aneh ditenggorokan saya, seperti sesuatu itu saya rasakan saat menelan ludah, tpi saat makan tak trasa apa", sakit dan benjolan tdak ada sama skali . Menurut dokter, apa yg saya alami ini, krna sngat mnganggu sekali kalau sedang mnelan ludah, dan apa obat nya . Trimakasih

Feni said...

Dear dokter
Saya pelajar di samarinda dok, saya mau tanya saya sering kali mengalami sariawan yg menahun dok tidak sembuh2 dan terakhir kali saya sariawan selama 1 setengah bulan baru sembuh. Nah yang saya tanyakan mungkinkah ini gejala kanker lidah?

Makasih dok

Anonymous said...

Langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah sariawan timbul kembali adalah dengan menjaga kebersihan mulut, mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang cukup, terutama makanan yang mengandungg vitamin B12 dan zat besi.Untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit dari sariawan dapat berkumur dengan air garam yang hangat dan berkonsultasi kepada dokter mulut agar mendapat penanganan dan pengobatan untuk sariawan.

Cara mengobati sariawan menahun adalah dengan cara :
Mengonsumsi vitamin
Sariawan bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin D atau juga vitamin B12, oleh sebab otulah, perlunya konsumsi vitamin D dan juga B12. Dan selain itu, vitamin C juga sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.
Mengonsumsi zat besi serta folat
Mengonsumsi makanan yang mengandug zat besi dan folat bisa membantu untuk menyembuhkan sariawan.
Obat antibioti
Obat antibiotik sangat diperlukan untuk mengobati satiawan. Namun, penggunaan obat sariawan antibiotik ini sebaiknya harus Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
Berkumur menggunakan air garam
Cara yang dilakukan berkumur dengan menggunakan air garam adalah, caranya melarutkan garam ke dalam air hangat. Berkumurlah 3-4 kali dalam sehari. Kandungan garam in berfungsi untuk membantu menarik cairan yang terjadi pada luka sariawan sehingga akan membantu untuk mempercepat proses penyembuhan. Dan selain itu juga bakteri yang muncul di mulut akan membantu menghambat perkembangannya.

Untuk mencegah penyakit sariawan menahun, maka bisa Anda lakukan dengan :
Jangan makan makanan yang terlalu panas dan pedas
Hindarilah stress
Jangan menggigit bagian mulut sendiri
Mencukupi kebutuhan vitamin Anda
Menjaga kesehatan mulut Anda jangan sampai bakteri atau juga virus berkembang biak, caranya bisa dilakukan dengan menggosok gigi dengan teratur.
Sebelum Anda makan buah-buahan, maka sebaiknya buah-buahan tadi dicuci terlebih dahulu atau bisa juga Anda makan buah-buahan namun kulitnya dibuang terlebih dahul, misalnya seperti pisang dan juga jeruk.

Obat alami untuk mengobati sariawan yang menahun adalah dengan menggunakan reusan kulit batang jambu air, atau bisa juga dengan mengoleskan bubuk kopi, atau juga mengoleskan getah bawang atau pepaya, dan juga masih banyak lagi obat alami sariawan yang menahun.

Anonymous said...

dok saya sedang sakit LPR (Laryngopharyngeal Reflux). Saya mau tanya, apakah slama proses penyembuhan saya masih dibolehkan utk les vokal?

Anonymous said...

Pengobatan LPR pada dasarnya serupa dengan pengobatan gastrointestinal reflux disease (GERD). Pengobatan ini mencakup perubahan gaya hidup, perubahan pola makan, pengobatan anti-asam, dan jarang sekali terjadi, pembedahan.

1. Mengubah gaya hidup
Makanlah makanan dengan porsi kecil, tapi lebih sering. Menyantap hidangan dalam porsi besar akan membuat perut Anda kembung dan meningkatkan tekanan ke atas terhadap sphincter esofageal.

Batasi asupan makanan dan minuman yang menstimulasi asam. Rujuk ke perubahan pola makan yang diuraikan pada halaman berikut.

Jangan berbaring setidaknya tiga jam setelah Anda makan. Dengan berbaring, kandungan perut akan lebih mudah memasuki esofagus. Sewaktu tidur, kadang akan membantu jika letak kepala lebih tinggi daripada perut. Hal ini dapat dilakukan dengan meninggikan bagian kepala tempat tidur, atau menggunakan sandaran.

Menjaga berat badan yang wajar. Berat badan yang terlalu gemuk menambah tekanan dalam perut yang dapat mendorong isi perut terhadap LES.

Jangan merokok. Nikotin dalam rokok mengendurkan sphincter esofageal. Merokok, juga dapat menstimulasi produksi asam perut.

Jangan mengenakan pakaian atau sabuk ketat di sekeliling pinggang. Ini akan menekan perut, memaksa isinya masuk ke dalam esofagus.

2. Mengubah pola makan
Hindari atau kurangi asupan makanan pedas dan ‘panas’, seperti cabai, kacang dan cokelat. Makanan gorengan, makanan berminyak dan makanan bergula, seperti es krim juga sebaiknya dihindari. Minuman seperti jus jeruk dan jus jeruk Bali, minuman bersoda, milkshake, kopi, teh dan alkohol juga dapat memperburuk aliran balik (refluks) dan sebaiknya dihindari.

3. Pengobatan
Pengobatan dapat membantu mengurangi produksi asam dalam perut, mendukung pengosongan lambung, atau melindungi lapisan esofagus agar tidak cedera.

Pengobatan untuk mengurangi produksi asam mencakup pompa proton inhibitor (misalnya, omeprazole) dan agonis reseptor histamin (misalnya, ranitidine). Zat prokinetik, seperti domperidon, dapat juga diberikan dengan resep untuk mendukung pengosongan lambung, dan membantu membersihkan asam dari perut. Antacid, seperti Gaviscon dapat menciptakan lapisan pelindung yang membentengi esofagus agar tidak cedera oleh asam perut, dan enzim pencernaan.

4. Pembedahan untuk mencegah refl uks (aliran balik)
Pembedahan dapat dipertimbangkan untuk LPR yang parah dan tidak bereaksi terhadap terapi obat maksimal ataupun perubahan gaya hidup/ pola makan. Pembedahan dilakukan untuk mengencangkan sambungan antara perut dan esofagus. Prosedur yang dikenal sebagai Nissen Fundoplication mencakup pembungkusan bagian atas perut di sekeliling sambungan antara perut dan esofagus, dan mengencangkannya pada tempatnya.

Unknown said...

Siang dok
saya riris tria (19) mahasiswi uksw. Saya sudah mengalami otitis media selama hampir 2 thn ini mengalami infeksi berulang. Saya beniat ingin melakukan oprasi timpanoplasti. Yang mau saya tanyakan apakah memungkinkan dijalankannya oprasi ini setelah mengalami infeksi berulang selama 2 tahun. Dan berapa persen tingkat keberhasilannya. Terimakasih

sari morri said...

Assalamualaikum dokter..
dok, ayah saya kehilangan suara nyaa setelah tersedak saat minum obat . Sempat di teropong ke rumah sakit. Hasil nya kata dokter pita suara sebelah kirinya tidak bisa mengembang . Dan sudah minum obat blm jg sembuh... menurut dokter apa ayah saya masih bisa sembuh ?? Dan berapa lama waktu supaya suaranya kembali ?? . Tolong fast respon ya dokter ... terimakasih

Anonymous said...

assalamu'alaikum dokter
saya sedang pilek, mungkin akibat terlalu kuat saat membuang ingus, telinga sebelah kiri saya agak tidak bisa mendengar dengan jelas. sudah saya lakukan pernafasan falsafa, tetapi tetap tidak bisa. mohon solusinya dok. terima kasih

Anonymous said...

Assalamualaikum wr. wb
Dok saya telinga saya sedang dalam masalah, dulu 3 bulan yang lalu saya berenang lalau telinga saya kemasukan air, setelah pulang kerumah saya membersihkan telinga saya deng cutten bat, akan tetapi kotorannya malah semakin kedalam dan berdarah sedikit , nah dan sekarang mulai terasa, kotoran telinga saya mengeras di bagian terdalam dibagian gendang telinganya, bagaimana cara mengatasinya dok, saya sudah kepuskesmas terdekat, dan saya diberi obat tetes "phenol glycerol" apakah tidak apa apa jika saya meneteskan ke bagian terdalam karna kotoran telinga yang mengeras tadi menghalangi suara yang ingin masuk dari luar, dan sekarang telinga saya selalu berdenging, mohon tanggapannya dokter,
saya ucapkan terima kasih

Unknown said...

Selamat pagi dok.. Saya mau nanya,pipi saya di daerah dekat hidung dibawah mata mengalami pembengkakan,kmrn gejalanya nyeri di gusi,jadi saya minum obat amoxilin + asam mefenamat,pas bangun sahur,nyerinya udah hilang,tp pipi saya malah makin bengkak dok,smpe pagi ini, pembengkakannya makin parah tapi tidak terasa sakit,itu kenapa ya dok? Makasih..

Anonymous said...

Assalamualaikum wr,wb mohon petunjuk dok kalau habis berenang tatkala tidur dengan posisi miring telinga saya seolah olah tertutup tidak mendengar apa apa kadang berdengung tapi kalau tidur posisi terlentang atau bangun tidur telinga tidak apa apa. terimakasih

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

selamat malam dok... saya mau tanya saya mengalami masalah nyeri yang teramat di bagian hidung kanan bawah... awal mula rasa sakit di akibatkan karena benturan antara gigi atas dan bawah dengan sangat keras,, 1 hari kemudian rasa sakit itu menjalar ke hidung, menimbulkan rasa nyeri seperti di tusuk jarum rasa nyeri itu sampai ke kepala. terkadang keluar cairan bening dari hidung tanpa saya sadari dok. mohon bantuannya

Unknown said...

Slmat sore dok..saya mau tanya..saya habis kecelakaan dan terjadi trauma leher akibat benda tumpul sehingga trakeanya robek ..setelah 6bln kok belum sembuh jga ya swaraQ.. Serak n gk bisa bicara dengan volume keras...apakah nantinya bisa sembuh dok..?

Unknown said...

Assalamu alaikum, dok! Saya punya keluhan sakit kepala yang berlebih, berdenyut-denyut, atau kadang isi kepala saya serasa ingin meledak. Saya juga sering mual hingga muntah setiap kali selesai makan. Sebelumnya saya juga bermasalah dengan telinga saya yang mengalami infeksi, meski sudah sembuh tapi masih sering berdengung. Dan saat malam hari, saya mulai batuk, hidung tersumbat dan muncul ingus/lendir. Padahal sebelum itu saya tidak flu. Awalnya sakit kepala ini saya kira hanya sebatas efek samping dari pekerjaan saya sebagai pelajar. Tapi setelah membaca banyak artikel tentang sakit kepala, saya agak takut dengan diagnosa untuk saya. Mohon bimbingannya, dok!

Anonymous said...

Nyeri kepala bisa disebabkan salah satunya adanya gejala dari penyakit saraf yang serius, seperti stroke, tumor otak, kelainan pembuluh darah otak, dan infeksi otak.

Secara umum nyeri kepala dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu nyeri kepala primer dan nyeri kepala sekunder. Nyeri kepala primer adalah nyeri kepala yang muncul akibat respons terhadap stres (baik fisik maupun psikis). Nyeri kepala primer sendiri dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Tension Headache, Migrain, dan Cluster Headache.

Jika sering mengalami sakit kepala dengan gejala yang tidak terlalu berat dan muncul tiba-tiba, sebaiknya Anda waspada! Sekitar 70 persen kasus sakit kepala disebabkan ketegangan otot akibat kelelahan, stres, dan depresi.

Sakit kepala ringan bisa diredakan dengan istirahat cukup dan minum obat. Namun, sakit kepala yang lebih berat, seperti migrain dan vertigo, tidak cukup disembuhkan dengan istirahat. Dan ternyata, gaya hidup sehat dan pola makan turut memengaruhi munculnya sakit kepala. Karena itu, ubah gaya hidup dan pola makan Anda menjadi lebih sehat, seperti berolahraga rutin dan berhenti merokok. Berikut ini tips untuk meringankan gejala sakit kepala ringan.

1. Tidur yang cukup
Istirahatkan tubuh Anda, agar sakit kepala yang dipicu rasa lelah dan ketegangan selama bekerja bisa diredam.

2. Minum air putih
Bisa jadi, sakit kepala Anda disebabkan oleh dehidrasi. Pilih air putih biasa atau hangat, karena air dingin bisa bikin kepala tambah sakit.

3. Lakukan latihan pernapasan
Udara segar yang cukup oksigen bisa memperlancar pernapasan. Tarik napas dalam-dalam, lalu buang perlahan. Lakukan berulang kali hingga Anda merasa lega.

4. Pijat
Lakukan pijatan lembut di kedua pelipis kepala dengan gerakan melingkar, lalu lanjutkan ke arah dahi. Pijatan sederhana yang dilakukan berulang-ulang dapat meredakan rasa nyeri di kepala. Lakukan sambil menghirup aromaterapi yang melegakan.

Anonymous said...

Sakit kepala menyerang dalam berbagai variasi, mulai dari nyeri yang lunak di seluruh kepala, dentuman yang membutakan di atas salah satu telinga, sampai rasa sakit seperti tikaman ke bola mata. Beberapa sakit kepala disertai halusinasi visual, bau-bau khayalan yang aneh, vertigo, muntah, atau kepekaan berlebihan terhadap cahaya terang dan percakapan. Dan, beberapa malah bukan sakit kepala.

Migren dan sakit kepala tegang otot (tension headache) biasanya dapat dibedakan berdasarkan lokasinya. Migren cenderung menyerang salah satu sisi kepala, sedangkan sakit kepala tegang otot lebih menyebar. Migren biasanya ditandai oleh kepekaan berlebihan terhadap suara dan cahaya, sehingga korbannya tidak bisa beraktivitas selama beberapa hari. Sakit kepala tegang otot biasanya tidak mengganggu aktivitas, dan cenderung hilang dalam semalam.
Sakit kepala klaster (cluster headache). Serangan menyakitkan yang meledak di belakang salah satu mata, meningkat setelah satu jam, kemudian menghilang, namun kembali sekitar sehari kemudian. Gejala ini berulang selama beberapa minggu, lalu hilang.

Ketiga jenis sakit kepala tersebut "tidak berbahaya". Hubungi dokter Anda, yang kemungkinan akan meyakinkan Anda (setelah jelas bahwa tidak ada penyebab yang serius) bahwa tidak pernah ada orang yang meninggal karena sakit kepala. Namun, tidak semua nyeri yang menyerang kepala merupakan sakit kepala. Ada saatnya tempurung kepala yang berdenyut-denyut merupakan pertanda bahwa ada kelainan yang serius. Perhatikan gejala dengan cermat.

Sakit kepala tiba-tiba. Jika sakit kepala menyerang Anda seperti petir tanpa sebab yang jelas, meningkat dalam beberapa menit menjadi sakit kepala paling parah yang pernah Anda alami, segera hubungi ambulans. Daftar penyebab jenis sakit kepala semacam ini tidaklah panjang, tapi hampir semuanya bisa fatal.
Sakit kepala saat berhubungan intim atau berolahraga. Sakit kepala yang datang dengan cepat dan hebat pada saat kegiatan fisik berat, atau pada saat orgasme, harus ditindaklanjuti. Kebanyakan tidak berbahaya, namun itu bisa jadi pendarahan subaraknoid.
Sakit kepala yang menjalar ke leher. Sakit kepala yang tidak berbahaya hanya akan menyerang kepala Anda. Sakit kepala yang menjalar ke bagian lain bisa jadi meningitis atau pendarahan. Jadi, ya, hubungi ambulans, terutama jika Anda mengalami demam, baru mengalami infeksi bakteri, mengalami ruam, atau jika Anda tidak bisa berpikir jernih.
Sakit kepala yang tidak sembuh-sembuh. Sakit kepala yang datang dan pergi selama berhari-hari, dengan demam ringan, gangguan penglihatan, dan nyeri di satu atau kedua pelipis, sering merupakan gejala peradangan arteri yang bisa membuat Anda buta jika tidak disembuhkan. Kunjungi dokter Anda hari ini juga.
Sakit kepala yang menular. Awalnya, hanya orang di samping Anda yang merasa sakit kepala, lalu Anda pun tidak lama kemudian merasakan hal yang sama. Coba cek, apakah Anda berada di ruangan tertutup? Jika ya, mungkin saja ada karbon monoksida yang menumpuk dalam ruangan itu. Keluarlah mencari udara segar. Sakit kepala Anda akan hilang dalam beberapa jam.
Sakit kepala yang menyerang di pagi hari, semakin parah selama beberapa minggu dan membuat Anda terbangun. Ini merupakan pola klasik dari jaringan yang tumbuh perlahan. Anda memang tidak membutuhkan UGD, namun ada baiknya Anda mengambil tes MRI secepatnya.

jenny said...

Selamat mlm dokter.. saya mempunyai keluhan bau hidung & mulut.. sudah di operasi septum deviasi serta sinus tetapi masih muncul keluhannya bahkan semenjak operasi sinus keluhan menjadi bertambah sering nyeri gigi, dahi, pipi & hidung ternyata ada impaksi gigi.. apakah impaksi gigi bs menyebabkan keluhan2 tsb?
Mohon konfirmasinya.

jenny said...

Selamat mlm dokter.. saya mempunyai keluhan bau hidung & mulut.. sudah di operasi septum deviasi serta sinus tetapi masih muncul keluhannya bahkan semenjak operasi sinus keluhan menjadi bertambah sering nyeri gigi, dahi, pipi & hidung ternyata ada impaksi gigi.. apakah impaksi gigi bs menyebabkan keluhan2 tsb?
Mohon konfirmasinya.

Unknown said...

selamat malam dok, didalam lubang hidung sebelah kiri terdapat terdapat bau yang menyengat seperti bau congek. memang waktu kecil saya pernah mengalami penyakit tersebut. tapi akhir akhir ini bau didalam lubang hidung itu muncul secara tiba tiba. Kenapa ya dok, terus saya harus gimana? terimakasih sebelumnya.

Unknown said...

Asalamuallaikum dok.. kenapa y anak saya perempuan dari umur 1 tahun sampe sekarang sudah 5 tahun masih terkena radang... sampai sampai panasnya tinggi 40... dan sudah satu 11 bulan ini sering sakit2an radang dan demam... untuk solusi mencegah agar tidak terkena lg bagai mana ya dok.. dan obat apa yang bagus.. mohon penjelasannya dok.. terimakasih

Unknown said...

Dokter saya mau bertanya.
Telinga kiri saya sudah tidak berfungsi tapi saya masih bisa mendengar meskipun sayup2. Dan sekarang telinga sebelah kiri saya kadang kala seperti menutup atau tuli sesaat dan kalau saya tekan kebwahhh baru berfungsi kembali.

mela said...

Selamat pagi dokter.
Dokter mohon bantuannya. Saya menderita flu. Saat saya hendak membuang ingus, serasa di telinga saya seperti masuk air disaat berenang. Seketika saya merasakan semua berputar dan gelap. Tapi saya masih dalam keadaan sadar, tolong dokter penyakit apa ini, dan bagaimana penanganannya. Terimakasih.

Unknown said...

dokter.. telinga saya berdengung dan seperti terdengar detak jantung, dan mengeluarkan cairan lengket.. kadang telinga saya juga sakit sampai terasa kepala saya, ( itu telinga kanan saja ) sehingga pendengaran saya berkurang,, mohon bantuanyya dok..terimaksih.

( wanita, 21 th )

Evi said...

Selamat pagu dokter..
Saya wanita usia 30th punya keluhan telinga berdengung n jg terasa penuh dan jg keluar cairan sampaoi pendengaranq berkurang...
Dulu pernah d obati dg antibiotik selama 1bulan,tapi tidak ada hasilnya.
Akhirnya d sarankan untuk pakek H2O2 d teteskan telinga agar dapat membersihkan cairan yg keluar dari dalam telinga...
Yg saya herankan knp tidak sembuh2???
Saya tidak apa2 kalau pendengaran menurun,tapi cairan yg keluar bisa sembuh...
Mohon solusinya dokter...
Trim's

Unknown said...

selamat siang dokter,saya Ratna
waktu saya masih kecil ibu saya pernah membersihkan telinga saya, tetapi beliau tdk sengaja mengorek ter lalu dalam. setelah itu saat saya remaja saya mengalami rasa sakit di telinga tanpa diduga dan terkadang keluar cairan bening tapi bukan nanah dan tidak berbau nanah dan paling lama 3 hari hal tersebut terjadi namun berulang bisa setahun sekali. nah untuk saat ini saya mulai merasa aneh dengan telinga saya karena sering timbul benjolan di daun telinga dalam seperti benjolan karena peradangan berukuran kira" sebiji jagung, g keras g lunak, sakit sampai ke area belakang daun telinga. sakitnya g seperti di tusuk tapi panas. dan benjolan tersebut bisa hilang tapi muncul lagi di tempat beda (masih di area telinga). kira" hal tersebut kenapa bisa terjadi ya dokter apa penyebabnya? bisa di terapi atau tidak? karena saya tidak suka obat. terimakasih dok

Anonymous said...

Selamat siang dok.saya Rita usia 23thn.....dok saya mau tanya,saya ada masalah pada bagian tenggorokan saya sebelah kanan,terasa tertekan dan mengganjal. Pada bagian tulang belakang telinga saya membesar dan keras. Saya sering terserang migrain diarea ini,badan saya sering ngilu,mudah lelah dan sendi sering berbunyi krek,karena keadaan ini saya sering terbawa emosi dan mudah marah. Kira-kira saya sakit apa ya dok?mohon dibantu...terima kasih.

Unknown said...

Dear dokter

Kemaren saya pergi ke pantai , saya berenang lumayan lama. Besoknya saya tidur terus tina tiba hidung saya bagian yang ada di antara 2 rongga hidung itu nyeri kalo tersentuh , semakin hari rasanya semakin sakit

itu gimana ya dok , terimakasih
gideonraditya15@gmail.com

Unknown said...

Dear dokter

Kemaren saya pergi ke pantai , saya berenang lumayan lama. Besoknya saya tidur terus tina tiba hidung saya bagian yang ada di antara 2 rongga hidung itu nyeri kalo tersentuh , semakin hari rasanya semakin sakit

itu gimana ya dok , terimakasih
gideonraditya15@gmail.com

siau said...

dear dokter

saya punya anak perempuan, umurnya sekarang 2 thn 5 bln. sampai sekarang, hanya terdengar 2-3 kata yg terucap dr kata dia.. kadang MAMAMAMAMA.... MOH... kalau mau sesuatu, kebanyakan dgn nunjuk dok....selama ini kami hanya mengira dia speech delayer dok..tp belakangan kami baru mulai curiga dgn pendengarannya dok...dan ternyata benar,kami coba tes dgn suara dr kecil,sedang sampai keras dari belakang tanpa sepengetahuan dia gt dok...tp sama sekali ga ada respon dok...bahkan menurut kami sudah dgn suara yg sangat keras, misal pukul2 kaleng, balon pecah..bahkan ringtone nokia jadul volume maximal, diam2 di dekatin ke kuping nya tanpa sepengetahuan dia, tetap ga ada respon sama sekali dok...baru kemaren saya ketemu dokter tht...tp hanya dibilang belum terlambat ..dan dikasih surat rujukan buat periksa BERA dok..
ini yg mau saya tanyakan dok...
dari sikond yg saya jelasin tadi dok...menurut dokter,kira2 gmna menurut pendapat dokter? dan juga apa perlu menjalani tes BERA lg dok? apakah masih ada harapan dok? padahal seingat kami, waktu masih bayi2,emank agak cuek, dipanggil namanya cuek, tp kdng kalo dibentak, ada lah nengok sebentar. kdng dia nonton, kita kecilin volume nya, langsung di besarin lg..mohon penjelasan, masukan dan saran nya dok...makasih sebelumnya

Unknown said...

Selamat pagi dokter... sy karen usia 30th.. sudah 3 hari ini keher sy sebelah kiri dibawah telinga agak bengkak,hari pertama bengkak itu sy mengalami demam krn sakit dibagian bengkak itu.. ini udh hari ke 3 masih saja bengkak dan sakit.. tp sudah tidak demam. Itu bahaya gak ya dok? Mohon bantu jawabannya.. trimakasih ya dokter..

Unknown said...

Selamat pagi dokter... sy karen usia 30th.. sudah 3 hari ini keher sy sebelah kiri dibawah telinga agak bengkak,hari pertama bengkak itu sy mengalami demam krn sakit dibagian bengkak itu.. ini udh hari ke 3 masih saja bengkak dan sakit.. tp sudah tidak demam. Itu bahaya gak ya dok? Mohon bantu jawabannya.. trimakasih ya dokter..

Elda said...

Permisi dokter, saya annas usia 23 tahun...
Sudah hampir 5 tahun ini hidung saya terus terasa bau, dikarenakan dulu pernah saking nahan sakit perut saya BAB di toilet sekolah. Ternyata toilet sekolah saya bau banget. Sekitar 1,5 jam hidung saya teruencium aroma itu. Lama kelamaan, sekitar 1 minggu kedepan hidung saya terasa bauk terus menerus sampai sekarang. Mohon bantuannya dok untuk masalah hidung saya... Terima kasih dok

Unknown said...

dok, saya punya gejala THT antara lain: hidung sya suka berdarah,telinga sya juga berdarah dan sakit,mata saya yg kanan agak rabun dan sering bengkak juga ,kepala bagian belakang suka sakit ,tulang belakang saya jga sakit seperti yg kropos. kira kira gejala penyakit apa ya ,dok ? apa berkaitan dgn hidung saya ? soalnya kalau hidung saya di pijit tuh suka bunyi *gruk gruk*.mohon jawabannya dok.

Unknown said...

Dear Dokter....

Dok aku mw tanya? Di rahang sblh kanan aku ad benjolan berukuran kelereng,keras,trs suka sakit klw di tekan! Skrg ini lagi dakit bgt dok,trs tiba" benjolan muncul di leher kanan jg dok?jaraknya g jauh fgn yg d rahang!
Kita" itu apa ya dok?aku khawatir bgt? Tolong dibantu dok!
Tlong di bales di email dok, terima kasih :)


Zihansheera@gmail.com

gamma said...

selamat pagi dok
saya punya malasah telinga dok
kmarin saya benerang di kedalaman 4m trus tiba telina saya sakit oleh tekanan air, dari situ saya mengalami sakit kepala yg teramat sakit dok menjalar ke rahan dan laklakan saya dok
sekarang kondisi sudak tidak sakit tapi ketika saya mencoba memencet hidung saya dan mengembuskan aing, anginnya keluar mealalui telinga dok, apa gendang telinga saya robek ?
tapi saya masih bisa mendengar dok cuman terhambat aja.

humprey B. said...

pagi dok..sy kena gondok dan harus dioperasi menurut dokter, yang saya tanyakan Apa akibatnya bila seluruh kelenjar thyroid diangkat?? Fungsi kelenjar throid sendiri dalam tubuh apa ya dok?..terimakasih jawabannya

dbeckty.blogspot.com said...

selamat siang dok.
dok. telinga sebelah kanan saya gatal sekali dan berdenging.. nging terus.. memang saya sering mendengarkan lagu pake earphone dan juga membersihakan telinga dengan katun but.saya sudah ke dokter THT, dan diagnosanya saya alergi, dikasih obat alergi sudah saya habiskan, tapi telinga saya masih berdenging dan gatal ditambah lagi sekarang jadi sering kena vertigo, mendongakkan kepala sedikit langsung pusing berputar. jalan sempoyongan dan kayak mw pingsan..apa ada masalah dengan saraf telinga keseimbangan saya dok. atas jawabanya terima kasih.

Hani said...

Selamat malam dok.
Saya Hani Subekt, dok saya mau tanya.
Kemarin malam saya membersihkan telinga kiri saya dan ndk sengaja kapasnya tertinggal didalam telinga, dan pagi2 sekali saya kedokter umum buat ngeluarin kapas yg tertinggal tadi,dan sehabis itu telinga saya terasa sakit sekali dan nyeri,sesampainya dirumah saya putusin buat tidur biar ndk ngerasain sakitnya lagi dg posisi telinga kiri berada dibawah,dn ternyata telinga saya mengeluarkan darah agak banyak dok, dan sampai malam ini,telinga saya masih terasa sakit dan ndk bisa dengerin suara dg jelas.rasanya kayak masih ada yg menutupi atau kayak wktu telinga kemasukan air,apa ini krna luka atau bengkak y dok, tolong jelasin y dok saya khawatir ,dan bahaya ndk y dok?
Trimakasih
Tolong dibalas diemail saya ya dok.
umihaniah11@gmail.com

Unknown said...

Selamat malam doktor.. Saya Arlin.. Saya mau bertanya obat yang cocok untuk orang yang sakit amadel dan juga lambung itu apa yah dokter? Kemudian, bagaimana memnuhi kebutuhan akan vitamin c supaya tubuh segar namun tidak mengganggu penyakit asam lambung, karena kebanyakan vit c pada buah itu bersifat asam, buah apa yg cocok untuk di makan supaya kebutuhan akan vit c terpenuhi dan juga tdk mengganggu asam lambung? Terimakasih dokter.. Saya sangat berharap jawaban dari doktor..
Balas ke email saya yah dokter arlinsing15@gmail.com.. Terimakasih

Anonymous said...

Halo dokter selamat malam, saya mau bertanya. Hari ini sekitar jam 6, saya lagi buat tugas sama temen2 saya. Di salah satu caffe karena waktu itu saya ngerasa saya butuh minum minuman yang balikin mood , jadi saya pilih ice coffee latte, kami di sna kira2 5 jam dan saya waktu itu sudah memesan 2 kopi. Lalu tiba2 saya tersedak entah knpa dok. Dan sekrang rasanya seperti ada yang mengganjal di tengoroan saya. Saya jadi sussah tidur dan merasa aneh hingga rasanya mengganggu ke telinga saya dok, setiap kali sya bernafas melalui hidung juga tidak nyaman dok, kebetulan saya punya riwayat penyakit amandel, dan sering sekali terkena radang tenggoroan, terlebih meminum minuman yang dingin dok. Tapi ini baru pertama x nya saya merasa tidak nyaman. Saya pikir ini terjadi karena saya tersedak sesuatu saat sore tadi, apa ada hubungannya dok?. Saya sungguh sangat hawatir, saya tidak bisa tidur karena rasa tidaknyamannya dok, mohon bantuan dan solusinya dokter. Oh ya, saya mencoba melihat ke tengoroan saya, seperti ada benjolan kecil, sangat kecil di sana. Apa itu juga jadi penyebabnya dok?.

Terimakasih dok.

NUR AZIZAH (YONG) said...

selamat siang dok,nama saya azizah saya mau tanyak tentang amandel nih.. sya sudah mengalami radang amandel sejak umur 7 tahun sampai sekarang dan semakin lama amandel saya semakin membesar jadi saya berkeinginan untuk operasi pengangkatn mandel nih dok,tapi yang saya dengar dari orang yang sudah mengalami pengangkatan adanya penurunan IQ nih dok.. nah jadi apakah operasi amandel itu dapat menurunkan IQ sih pasien?

terimakasih :)

anggi said...

Hi dok saya anggi umur 20th saya mau tanya seputar amandel. Begini dok saya menderita amandel sejak kecil tetapi baru tahun ini amandel saya kambuh sampai saya tidak bisa bicara sm nelan trus bagian leher jg bengkak, lalu saya priksa kata dokternya saat itu jg lngsg operasi tp orangtua saya blm acc trs d.kasih obat jalan lalu setelah seminggu kembali sperti semula. Pertanyaan saya apakah saya tetap harus operasi skrg atau menunggu sampai amandel membesar lagi dan kalo operasi apakah bintik" d.lidah saya juga akan hilang?
Terimakasih dok

Unknown said...

Maaf dok saya mau tanya? Anak saya sakit infeksi selilitis pada telinga setelah sembuh bentuk telinganya berubah seolah tertarik jadi kecil apakah bentuk telinga bisa kembali seperti semula dok, bagaimana caranya dok

Unknown said...

Maaf dok saya mau tanya biaya operasi pulip hidung yg paling murah berapa ya

Unknown said...

Saya bingung dok penyakit anak saya uda parah

Unknown said...

Dok,sya mau tanya klo benjolan seperti lemak pada lidah dekat tenggorokan itu bahaya tdk ya?sy jg tdk mengalami tnda dan gejala sprti demam,pilek,hanya saja susah untuk menelan dan bernafas,,dan hal itu jg dirasakan apabila tenggorokan sy trasa kering..sy jg mmiliki riwayat post op kelnjar tyroid krna bkteri tbc,apa ada kmgkinan krna itu jg ya dok?mohon bantuannya dokter untuk mengatasi msalah penyakit sya,trimakash

Unknown said...

Dok,sya mau tanya klo benjolan seperti lemak pada lidah dekat tenggorokan itu bahaya tdk ya?sy jg tdk mengalami tnda dan gejala sprti demam,pilek,hanya saja susah untuk menelan dan bernafas,,dan hal itu jg dirasakan apabila tenggorokan sy trasa kering..sy jg mmiliki riwayat post op kelnjar tyroid krna bkteri tbc,apa ada kmgkinan krna itu jg ya dok?mohon bantuannya dokter untuk mengatasi msalah penyakit sya,trimakash

Unknown said...

Dok,sya mau tanya klo benjolan seperti lemak pada lidah dekat tenggorokan itu bahaya tdk ya?sy jg tdk mengalami tnda dan gejala sprti demam,pilek,hanya saja susah untuk menelan dan bernafas,,dan hal itu jg dirasakan apabila tenggorokan sy trasa kering..sy jg mmiliki riwayat post op kelnjar tyroid krna bkteri tbc,apa ada kmgkinan krna itu jg ya dok?mohon bantuannya dokter untuk mengatasi msalah penyakit sya,trimakash

imam prasetyo said...

Assalamualaykum dokter
telinga saya sumbatan kotoran kemudian oleh teman saya dibersihkan dengan jarum akhirnya terjadi pendarahan dan kemudian saya minum obat anti biotik agar tidak inveksi apa langkah saya selanjutnya karena sampai sekarang telinga ini masih mendengung terus terima kasih
wass

RIZKA NALURISA FEBRI ANANDA said...

Assalamualaikum Dok
Saya seorang penyanyi, sinden jathilan, sinden campursari. Usia 18 tahun, sudah 3 bulan ini saya mengalami serak pada suara saya, setiap nada tinggi saya tidak bisa mencapai padahal aslinya suara saya bisa 2 sampai 3 oktaf, rasanya ada yang aneh di tenggorokan saya dan nafas saya juga menjadi pendek pendek. Saya ini seorang perokok aktif juga dok. Suara saya menjadi terjadi semenjak lebaran idul fitri sampai sekarang. Saya sudah coba periksa ke dokter THT sampai 4 kali dengan dokter yang berbeda beda. Tetapi suara saya belum sembuh juga sampai sekarang. Bagaimana solisinya dok agar suara saya bisa pulih seperti semula.

iwan harun said...

Saya ada keluhan dok mengenai penciuman, saya dlm 3 minggu ini mencium sesuatu wangi2an tertentu yg kadang2 hilang dan muncul lagi. Pertanyaan saya apakah ada sexuatu yg berhubungan dgn otak ?

Wini Melina said...

Maaf, saya mau tanya dokter. Waktu hari jumat pagi telinga kiri saya kemasukan hewan dan langsung di bawa ke ugd. Setelah itu, telinga kiri saya tidak bisa mendengar. Lalu saya dibawa ke dokter spesialis THT dan telinga saya diberi kasa obat setelah kasa obat itu dicopot telinga saya tiba tiba tidak bisa mendengar lagi. Terus saya kembali ke dokter itu dan diberi pil obat. Tapi sampai sekarang telinga kiri saya masih tidak mendengar. Gimana solusinya dok?

Wini Melina said...

Maaf, saya mau tanya dokter. Waktu hari jumat pagi telinga kiri saya kemasukan hewan dan langsung di bawa ke ugd. Setelah itu, telinga kiri saya tidak bisa mendengar. Lalu saya dibawa ke dokter spesialis THT dan telinga saya diberi kasa obat setelah kasa obat itu dicopot telinga saya tiba tiba tidak bisa mendengar lagi. Terus saya kembali ke dokter itu dan diberi pil obat. Tapi sampai sekarang telinga kiri saya masih tidak mendengar. Gimana solusinya dok?

Wini Melina said...

Maaf, saya mau tanya dokter. Waktu hari jumat pagi telinga kiri saya kemasukan hewan dan langsung di bawa ke ugd. Setelah itu, telinga kiri saya tidak bisa mendengar. Lalu saya dibawa ke dokter spesialis THT dan telinga saya diberi kasa obat setelah kasa obat itu dicopot telinga saya tiba tiba tidak bisa mendengar lagi. Terus saya kembali ke dokter itu dan diberi pil obat. Tapi sampai sekarang telinga kiri saya masih tidak mendengar. Gimana solusinya dok?

Unknown said...

Selamat Pagi dokter..saya ingin konsultasi mengenai Kuping salah satu alat indra manusia..Kuping saya mengalami seperti ketika kuping kemasukkan air, tetapi tidak ada air di dalamnya..dan sudah 3 hari lamanya ini terjadi..saya belum ke dokter..tolong sekiranya kenapa dan ada apa?kedengaran tetap jelas tetapi serasa pengap di kuping kanan saya..tks dok..tolong bantuannya dok.

Unknown said...

Selamat Pagi Dok

Nama saya Jose. Saya mau menanyakan apakah operasi polip Hidung, selain hidung dikerok, apakah juga dilakukan pembukaan melalui mulut bagian atas di selah gusi? Karena saya divonis harus operasi polip hidung.

Mohon jawabannya. Terima kasih

yanti said...

assalamuallaikum dok..saya mau bertanya ..udh 4 hari saya ketulangan ikan tapi jika di telani nasi tidak ada rasa sakit seperti tulangx masih ada cma ad rasa ganjal d tenggorokan ..kelamaan rasannya ngilu sampe ke telinga ..apakah penyebabx itu apa tulangx udah hilang dan tinggal bekas goresan apa karna tulangx menancap dalam sehingga tidak tersangkut makanan yg masuk

yanti said...

assalamuallaikum dok..saya mau bertanya ..udh 4 hari saya ketulangan ikan tapi jika di telani nasi tidak ada rasa sakit seperti tulangx masih ada cma ad rasa ganjal d tenggorokan ..kelamaan rasannya ngilu sampe ke telinga ..apakah penyebabx itu apa tulangx udah hilang dan tinggal bekas goresan apa karna tulangx menancap dalam sehingga tidak tersangkut makanan yg masuk

Imelda Wang said...

malam dok.saya mau tanya..anak saya mengalami robek pada gendang telinganya.dan sekarang dalam persiapan untuk operasi.tadi pas check up ke dokter tht.doktee tht mau membersihkan telinga anak saya.dan mereka kasih cairan h2o2..anak saya jerit kesakitan.Itu kenapa ya dok?kata dokter harusnya tidak sakit..dan sekarang malah keluar darah dari telinga anak saya yang sakit.apa itu karna cairan h2o2 tadi dok?dan apakah itu akan berpengaruh untuk operasi ya nanti.soalnya jadwal operasi anak saya hari senin depan.mohon jawaban nya dok.karna saya khawatir.dan saya sudah tgu 1 bulan buat jadwal operasinya.dan operasinya dirujukin ke luar kota batam

Anonymous said...

saya Johan, karyawan swasta usia 45th beberapa waktu lalu saya sakit gigi, setelah gigi dimatikan sarafnya dan lubang gigi ditutup, kemudian ada hal lain yang timbul yaitu dari hidung saya keluar semacam gel, berwarna hijau bukan seperti lendir (ingus atau dahak)awal tidak berbau....setelah itu keluar lagi semacam bola kecil tapi kali ini berbau busuk, dimana sebelumnya tidak pernah saya alami, dan saat ini pun saya dalam kondisi sehat (tidak flue dan sejenisny) yang saya mau tanyakan apakah gel dan bola kecil yang keluar dari hidung saya dan berbau busuk itu berbahaya...ke dokter apa sebaiknya saya melakukan konsultasi yang efektif.

terima kasih...

rara said...

Dok sy mau tanya ibu sy beberapa tahun lalu telinga kemasukan serangga tp Sebagian berhasil Di ambil..
Tapi sampai sekarang msh mengeluh sakit di bagian telinga,sudah sering ke tht tp dokter gx bilang ada serangga
Pertanyaan. Y apa hewan di dlm telinga bisa bertahan sampai bertahun2 di dlm telinga Dok. Kalo bukan serangga itu gejala ap ya dok saya bingung.
Setiap priksa hasil. Y itu2 aja saya gx tau sakit ibu sy karna hewan apa karna penyakit lain, Karna sy ingin ibu saya sembuh pernah ke sepesialis Dalam malah hasil. Y jauh di luar perkiraan Bukan jawaban yg sy tunggu Dokter cuma bilang ibu sy setres banyak pikiran. Tolong di jawab ya dok sebenarnya ibu saya sakit apa

rara said...

Dok sy mau tanya ibu sy beberapa tahun lalu telinga kemasukan serangga tp Sebagian berhasil Di ambil..
Tapi sampai sekarang msh mengeluh sakit di bagian telinga,sudah sering ke tht tp dokter gx bilang ada serangga
Pertanyaan. Y apa hewan di dlm telinga bisa bertahan sampai bertahun2 di dlm telinga Dok. Kalo bukan serangga itu gejala ap ya dok saya bingung.
Setiap priksa hasil. Y itu2 aja saya gx tau sakit ibu sy karna hewan apa karna penyakit lain, Karna sy ingin ibu saya sembuh pernah ke sepesialis Dalam malah hasil. Y jauh di luar perkiraan Bukan jawaban yg sy tunggu Dokter cuma bilang ibu sy setres banyak pikiran. Tolong di jawab ya dok sebenarnya ibu saya sakit apa

Unknown said...

Pak. Saya aris dari lamongan... Telinga saya dulu ada lukanya... Terus kemaren itu bangun tidur telinga saya jadi gak bisa mendengar sebelah. Mohon beritahu saya pak.

Azxa said...

Assalamualaikum dok
Dok saya aza saya mempunyai keluahan jadi saya sering mendengar suara kresek kresek di telinga saya setiap sy tidur seperti ada serangga yang masuk setelah di perika oleh ibu saya ternya ada air yang keluar sementara itu saya tidak sakit apa apa dok itu saya mengalami apa ya dok mohon bantuannys

Anonymous said...

Dok saya ingin bertanya sedikit tentang permasalahan telinga. jadi kemarin saya dan teman teman habis renang terus telinga sebelah kiri saya kemasukkan air lalu saya coba untuk mengeluarkannya dengan cara memasukkan air lagi kedalam telinga tetapi tetap saja tidak keluar.sampai sekarang telinga saya terasa masih berdengung dan pendengaran sebelah kiri saya kurang maksimal. kira kira kenapa ya dok? Lalu apa yang harus saya lakukan?

Mohon bantuannya secepat mungkin. Terima Kasih.

Anonymous said...

Dok, mau tanya. Kebetulan kuping saya termasuk caplang/besar. Nah saya mau mengecilkan tanpa di operasi, apakah dengan memakai headband dan telinganya ditekung secara rutin itu dapat tertekung atau mengurangi caplangnya??
Atau adakah cara alami lainnya ya dok
Terima kasih