Sunday, September 4, 2011

Telinga saya sebelah kiri terasa sakit

Dok, sudah 2 hari ini telinga saya sebelah kiri terasa sakit, nyeri di bagian dalam. Bahkan ketika menelan ludah terasa sakit pada dinding kerongkongan sebelah kiri. Saya akui 2 harisebelumnya saya membersihkan telinga saya terlalu dalam, tapi itu saya lakukan karena telinga sebelah kiri saya kurang jelas mendengar seperti ada yang menghalangi pendengaran. Pertanyaan saya,Dok : 1. Apakah rasa sakit yang timbul pada telinga saya memang diakibatkan pembersihan yang terlalu dalam? Lalu obat apa yang harus saya konsumsi agar rasa sakitnya berkurang atau hilang? 2. Apabila pendengaran saya agak kurang jelas lagi (seperti ada yang menutupi) apa yang harus saya lakukan, dok? Sekian, terima kasih sebelumnya dok.( perempuan, 17 thn,155 cm,45 Kg)


Jawab :

Ibu / saudari yang terhormat,

Nyeri pada saluran telinga sebelah kiri memang mungkin dapat disebabkan karena cara membersihkan telinga yang salah. Menggunakan cotton bud dan mengorek terlalu dalam tidak dianjurkan untuk membersihkan telinga. Pembersihan telinga yang tidak benar dapat menyebabkan perlukaan di liang telinga yang mengakibatkan nyeri pada telinga

Gangguan pendengaran dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Mungkin karena riwayat infeksi saluran pernapasan sebelumnya, infeksi pada membran timpani, obat dengan efek samping mengurangi pendengaran, serumen prop, dan sebagainya. Bila memang terasa seperti ada yang menutupi, mungkin saja memang ada kotoran telinga yang besar dan keras di telilnga anda. Kotoran tersebut disebut serumen prop dan harus dikeluarkan dengan cara menggunakan alat khusus di dokter spesialis THT.

Saya sarankan anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT karena nyeri telinga dan gangguan pendengaran ini sebaiknya segera dievaluasi agar dapat ditindaklanjuti dan diberikan terapi sesuai dengan penyebab. Dokter spesialis THT akan menggunakan alat untuk melihat ke dalam telinga anda sehingga dapat dilihat secara langsung apa yang menyebabkan nyeri dan gangguan pendengaran pada anda. Sekian, semoga membantu. (TRH)

8 comments:

arys said...

Slamat malam Dok.

Nama saya aris,
Sbnernya sudah lama telinga sebelah kanan sy mengalami gangguan kurangnya pendengaran (masih bisa utk mendengar tp kecil) apabila sy menggunakan headset utk mendengar musik masih bisa.

ceritanya begini dok,
dulu waktu berenang telinga kanan saya pernah kemasukan air, tp sudah saya coba dengan cara2 pada umumnya, air tersebut ttp tdk bs kluar maka saya biarkan, tp lama kelamaan stiap sy tidur malam, dari telinga kanan sy sering kluar air yg menempel dibantal, kira2 brlanjut hanya smpai sminggu.
kemudian sy biarkan smpai skrg, dan sekarang keluhan yg sy rasakan telinga kanan sy sperti padat, stiap kali sy mnggunakan catonbat terasa sakit, malah terkadang ad bercak darah, & kadang terasa gatal juga.

pertanyaan sy :
-apakah gendang telinga kanan saya pecah y dok?
- kira-kira langkah2 yg dilakukan dokter specialis THT apabila nanti sy periksa ke dokter THT?
Maaf dok bisa dibilang sy org yg takut utk ke dokter.

Mohon bantuannya dok utk memberikan penjelasan tentang apa yg sy alami, atas perhatiannya sy ucapkan terima kasih dok.
-

wijaya said...

dok saya mau tanya
pada saat tiduran telinga saya yg kanan rasanya seperti tersumbat, sering berdenging dan untuk mendengar sangat kecil, padahal pada sat berdiri atau duduk tidak ada masalah
kira kira penyebabnya apa dok dan bagaimana solusinya?
Terima kasih

agung said...

Aslmkm dok, salam sehat selalu untuk kita semua, amin.

saya agung, hidung saya sering mampet dan terdapat benjolan abu2. sepertinya saya terkena polip, apa langkah yg tepat yg harus saya lakukan, apakah harus operasi, jika harus operasi efeksamping apa yg timbul setelah operasi.
terimakasih.

lina said...

Pagi dok, dokter telinga saya sebelah kiri terasa pegal bgt sehabis bangun tidur kaya ada suara angin bergeser. Trs saya bersihin pake cotton bath tapi ga ada kotoran. Trs saya masukin air ga ada reaksi yg ada makin pegal. Kira2 obatnya apa dok?

Devi Fika said...

Siang dok , telinga kanan sy seperti ada yg menutup Dr dlm , pendengaran jd terganggu, volume jd kecil , rsnya jd g nyaman, awalny sy pikir krn sy pilek ternyata stlh pilek sy sembuh telinga sy ttp sprti ada yg menutupi ,lalu sy cb wktu naik pswat sy bhrap telinga sy bs normal kmbali tp nihil dok mhn solusiny dok mksh

mozalora said...

mlm dok, telinga kiri saya tidak berfungsi sejak saya kls 2 smp. saya kurang tahu apa penyebabnya, tetapi dulu sewaktu saya mash sda, telinga saya sering dibersihkan oleh org tua saya..smpai skrg ini jika saya memberihkan telinga kiri saya terasa sakit. kira2 kenapa ya dok dan apakah masih bisa disembuhkan karena skrg umur saya sudah mencapai 24 thn. terima kasih dok.

as ferd said...

telinga kanan saya kurang mendengar kenapa ea pak?

Anonymous said...

Doc, slama nie sy kerap korek telinga sbb xslesa,penah skali sy terkorek dalam pedih lepastu tersumbat sikit.. lama2 tu.ok dah. Lepas seminggu tu telinga mula jadi bengkak, sy biarkan jelah ingat boleh sembuh sendiri, makin hari makin berdenyut kuat smpai nak pitam. Saya tak dapat nak fokus dekat cikgu yang sedang mengajar tu. Kenapa ya?