Pages

Tuesday, August 11, 2009

APA SAKIT SAYA ?

Dokter yang baik, perkenankan saya curhat tentang sakit yang saya keluhkan sudah sekitar 11 tahun ini.Mohon maaf kalau terlalu detail.

1. Latar belakang
- Sekitar Jam 3 pagi akhir tahun 1996 (sudah 11 tahun lebih) saya terbangun
- Telinga mendenging kencang, kepala terasa hilang sebelah
- Hasil konsultasi dengan Dokter THT, ada nanah di telinga saya
- Setelah diberi obat, kata dokter jika keluar nanah, kembali lagi ke saya
- Nanah tidak keluar
- Saya terus berobat, keluhan mulai menyebar ke leher, kepala tapi cuma sebelah kiri

2. Keluhan sekarang
- Pada batas sekitar kepala kiri, antara rahang dan telinga seperti ada yang mengganjal, sering nyetrum, ceklok-ceklok, kadang-kadang ada rasa panas, seperti ada yang berjalan,
rasanya seperti ditaruh lem, kemudian lem nya mengering.Pokoknya super tidak nyaman
- Rasa sakitnya tiap saat, tidak pernah berhenti sama sekali tapi ada tinggi rendahnya
- Sakitnya semakin terasa berat manakala ada flu, batuk dll
- Sering menyertai sakit ini rasa lemas, dan hening sampai ke kepala yang datangnya bisa tiba-tiba
3. Pengobatan/Konsultasi yang sudah dijalani :
- Dr.Syaraf (ada sekitar 4 dokter syaraf)
- Dr.THT (ada sekitar 5 dokter)
- Dr.Bedah Mulut
- Dr.Bedah Syaraf
- Dr Umum
- Dr Mata
4. Psikiater (Pernah dirawat kurang lebih sebulan
Hasilnya : - Badan jadi gemuk
- Kecanduan obat
- Hasil=nol
- Kena batu ginjal dan hati (sekarang sudah sembuh)
5. Photo2 :
- MRI
- CT Scan
- Phanoramic
- Photo Kepala
- Photo Rahang
- Photo TMJ
- Photo Mastoid
dll
6. Obat yang pernah dikonsumsi banyak sekali (yang saya ingat terlampir)
7. Kemungkinan penyakit
a. Dr THT
- Penyempitan rongga telinga
- Neurophatic
b. Dr. Syaraf
- Syaraf kejepit
- Nggak ada apa2
c. Dr. Bedah Syaraf
- Trigeminal Neuralgia, tapi pernah di tes Tegretol d. Dr Bedah mulut

d. Dr. Bedah Mulut
- TMJ (Temporo Mandibular Joint)
8. Pengobatan Alternatif
- Ramuan
- Refleksi
- Tusuk Jarum
- ATFG
- Totok darah
dll masih banyak

Jadi, sampai sekarang saya masih belum tahu pastinya sakit saya apa.
Dalam konsultasi ini saya tidak muluk2, saya hanya ingin tahu sebenarnya sakit saya apa ? Trigeminal Neuralgia ? Neurophatic ? Temporo Mandibular Join ? atau sakit yang lain ?

Atas bantua dokter, sebelumnya saya sampaikan Terimakasih
Wassalam,
Adnans

halo adnans...
langsung saja ya...untuk keluhan yang anda derita, saya sependapat dengan semua dokter yang sudah anda temui, karena dari semua keluhan tersebut memang merupakan salah satu gejala yang terdapat pada penyakit tersebut (trigeminal neuralgia, TMJ, kelainan syaraf), dan untuk memastikan apa yang diderita anda ya harus dengan pemeriksaan yang intensif dan pada satu dokter yang anda percaya sehingga dapat terpantau dengan baik pemeriksaan apa saja yang sudah anda lakukan dan pengobatan apa saja yang sudah diberikan sehingga bisa terlihat kemajuannya. untuk jangka waktu 11 tahun sudah sangat lama untuk sebuah penyakit, apabila ada kelainan syaraf atau yang lainnya kemungkinan sudah menjadi parah sangat besar. saran saya coba konsultasi lagi dengan dokter (mungkin lebih baik dengan dokter ahli syaraf ya), mungkin dulu pada saat anda melakukan pemeriksaan2 belum terlihat letak kelainannya. jangan menyerah untuk mencari penyebab sakit anda, dunia kedokteran dari 11 tahun yang lalu sudah berubah loh, sudah lebih maju/berkembang. itu saja dari kami semoga dapat membantu.

11 comments:

miftah said...

siang dok..

saya ini merupakan bekas penderita TB.
tadi siang hidung saya tiba2 mengeluarkan cairan berwarna kuning encer seperti kuning telur dan bukan ingus, tapi encer seperti air berwarna kuning.
cairan ini keluar pada saat saya sujud, berlama-lama didepan komputer, saat mengerjakan tugas (aktifitas berfiikir berat lainnya).

awalnya saya sering merasa sakit kepala dibagian atas (ubun-ubun) ketika merokok, saat mata terasa lelah, dan ini saya biarkan berlarut-larut hingga keluarnya cairan ini.

gigi atas sebelah kanan bagian dalam, terasa sakit bila kepala di goyangkan dan saat berjalan.

dan yang saya herankan hanya hidung sebelah kanan yg mengeluarkan cairan ini.

apakah ini termasuk Sinusitis atau hanya radang biasa??

ataukah penyakit TB saya kambuh lagi??

mohon penjelasan dan solisinya.

terimakasih

Anonymous said...

met malam dok.
nama saya adam usia 19 tahun tinggal di solo..
saya mau tanya sudah beberapa hari ini saya mengalami MIMISAN, bahkan dulu dari hari idul fitry sampai 2 mnggu setelahnya hampir setiap hari saya MIMISAN.

lalu beberapa hari kemudian hal ini berhenti lalu pada saat ini saya MIMISAN lagi padahal hidung saya nggak pernah terbentur sesuatu..

kadang klo MIMISAN bisa sampai 5 menit\bahkan lebih saya cuman bersihkan pake air untuk membilas&membersihkannya.

saya khawatir kalau hal-hal yang tidak di inginkan terjadi pada saya
karena MIMISAN yang berlarut-larut tersebut.

lalu saya merasa di hidung saya lebih sering dan kerap ada kotoran hidungnya(upil)..karna itu saya kerap membersihkannya.

apakah penyakit saya ini tergolong sebagai penyakit yang berbahaya atau gimana dok??

mohon pencerahannya dan solusi atas ini semua...trimakasih

Elisabeth Indriany said...

Saya sudah operasi stroma 2002, kenapa sampai sekarang tenggorokannya koq jadi kering terus?
Apakah seumur hidup harus minum obat tyrax?
Tolong solusinya & apa nama obatnya.
Kirim jawaban ke email saya :
utomo[.dot]allianz[@at]gmail[.dot]com

Balas segera

Thanks

deadania said...

malam dok,
baru tadi siang teringa kiri saya sakit sekali.
saat ibu saya lihat, katanya dalamnya melenting,
sampai sekarang saya belum tau bagaimana cara mengatasinya. mohon dibalas ke e-mail saya dok. saya murid sma kelas 2.
deadania27@yahoo.com
saya tunggu ya dok. saya kawatir karena saya pernah dengar salah satu teman saya dari infeksi di telinga, terus kena hydrocephalus

Unknown said...

Ass Dok
saya mau tanya
saya sakit tenggorokan sudah hampir 8 bln. dimana pada dinding tenggorokan saya terdapat bintil kemerahan
dan beberapa saraf yg ada pada amandel sebelah kiri saya juga agak berwarna kemerahan. saya sudah periksakan
ke beberapa dokter sp.THT, dimana dari analisa beberapa dokter ada yg mengatakan saya cuman radang tenggorokan
dan ada juga yg mengatakan amandel saya mengalami infeksi
saya juga pernah disuruh tes darah yg diambil dari lengan tangan dan daun telinga hasilnya normal.
dan juga saya pernah disuruh ronsen paru-paru dan hidung-hasilnya normal
mohon dok solusinya apakah amandel saya perlu dioperasi meskipun ukurannya kecil,
karena menurut dokter amandel saya yg menjadi sumber insfeksi
kalau tidak saya harus bagaimana krn selama 8 bln ini saya sdh banyak mengkonsumsi obat dari dokter

Anonymous said...

msiang dok..
saya mau konsultasi, telinga saya sering berair dalam waktu yang sudah cukup lama kira kira 4 bulan dan saya periksa kata dokter ada daging di dalam telinga saya, apa saya kena tumor telinga dok? trus gmn cara mngobatinya tanpa operasi..
mksh dok

Anonymous said...

Saya mau berkonsultasi dokter.Saya pernah tertimpa beban berat 600 kg(moge). Dibawah pergelangan dan telapak kaki saya njarem/ baal (peresaran darah tidak lancer). Sudah 3 bulan yang lalu. Menurut dokter bagaimana atau apa obatnya ???

Unknown said...

Saya mau berkonsultasi dokter.Saya pernah tertimpa beban berat 600 kg(moge). Dibawah pergelangan dan telapak kaki saya njarem/ baal (peresaran darah tidak lancer). Sudah 3 bulan yang lalu. Menurut dokter bagaimana atau apa obatnya ???

Unknown said...

Saya mau berkonsultasi dokter.Saya pernah tertimpa beban berat 600 kg(moge). Dibawah pergelangan dan telapak kaki saya njarem/ baal (peresaran darah tidak lancer). Sudah 3 bulan yang lalu. Menurut dokter bagaimana atau apa obatnya ???

Unknown said...

Saya mau berkonsultasi dokter.Saya pernah tertimpa beban berat 600 kg(moge). Dibawah pergelangan dan telapak kaki saya njarem/ baal (peresaran darah tidak lancer). Sudah 3 bulan yang lalu. Menurut dokter bagaimana atau apa obatnya ???

asmah said...

selamat sore dok..
saya seorang IRT umur 53 thn. 2 minggu trakhir saya mempunyai keluhan pening2 (bahasa daerahyna hoyong). saya jg menderita maag yang sudah lama. apakah ini yang disebut vertigo dok? perasaan jika terjadi serangan jika berjalan tidak seperti menginjak bumi, bertambah pening jika merbuah posisi badan atau memutar/menolehkan kepala. karena gejala ini aktivitas saya sangat terganggu. serangan datang tidak teratur, tapi datang tiap hari, yang sering terjadi pada waktu sore hari hingga malam hari.
saya punya riwayat kecelakaan motor 9 bulan yang lalu,tapi tidak parah, dan tidak melakukan tindakan CT-Scan atau pemeriksaan lain. dan waktu itu tidak terjadi muntah2 atau pening seperti ini, hanya pening biasa saja yang kemudian hilang, apakah ada hubungan nya dok dengan keluhan saya?
atau ada huungannya dengan sakit maag saya?