Pages

Tuesday, August 11, 2009

KELUHAN PADA MATA KANAN

salam kenal dokt...

mata saya merupakan mata miopi -7(kn) -8(kr), kemudian sy mengalami kecelakaan. open fracture, tulang dekat pelipis mt knn. dibedah dan tulang saya diikat dengan kawat. rawat inap 2hr 2mlm pasca operasi.
lalu beli kaca mata, ternyata minus mata berkurang, jadi -6 -7, namun silindris -0,75(kn). memang kalo saya raba mata kanan terasa lebih terbenam dalam rongga mata, dibanding mata kiri. saya beraktifitas seperti biasa. 1 minggu setelah operasi, mt knn saya secara bertahap mnjd gelap selama 1 hari. saraf saya putus. menurut dokter spesialis, kalo ingin disambung hrs operasi dengan biaya 17jt, itupun dokter tidak bisa menjamin, saraf yg tersambung bisa berfungsi normal. karena besarnya biaya saya tidak bisa operasi. yup... saya sudah menduga dan bersiap dengan kejadian ini. saya tiap hari beraktifitas di depan komputer.

yang ingin saya tanyakan:
1. mata kiri saya kalo sore jadi rabun, ketika sy periksa, ukuran kc mt ga da mslh, sdh pas. mata sy dilihat dengan alat (sy lupa tanya namanya) hasilnya: ga da masalah, mengapa mata saya yg kiri bisa rabun waktu senja? kelainannya terletak di bagian mana dari mata?
2. mata kanan saya lebih mudah merasa lelah dan memerah, mengapa? kadang kalo pekerjaan numpuk, agak saya paksa duduk di depan PC sampai job saya kelar, tapi tidak sering. apa pengaruhnya? mengapa pula mata bisa memerah, tolong dijelaskan mekanismenya.
3. perubahan posisi mata yg saya rasakan, sebenarnya bisa mempengaruhi bagian mata mana saja? kalau memang bisa sampai mengubah fokus mata saya, berarti mata kiri saya juga sedikit mengalami perubahan posisi (sebab minusnya khan berubah), apa betul?
4. tentang operasi penyambungan saraf mata, kata seorang tmn dr farmasi bilang: di indonesia memang msh blm bisa melakukan bedah saraf, sehingga dokt hanya bisa menyambung saraf, untuk membuat srf itu berfungsi kemampuan teknologi & ilmu dokt di indonesia msh blm sampai ke situ. apa benar? (ini sebagai tambahan pengetahuan bagi saya)
5. bagaimana seharusnya menjaga kesehatan mata bagi penderita mata miopi?

terima kasih untuk perhatiannya, saya akan senang bila jawaban dokt bisa dijabarkan detil dengan menjelaskan mekanismenya. semoga makin maju bidang kesehatan di indonesia.

Halo...
saya mencoba menjawab pertanyaan anda.
Ada bagian dari mata yang berfungsi untuk menerima rangsangan cahaya (sel batang dan sel kerucut), bila terjadi gangguan pada proses pencitraan cahaya maka dapat menibulkan keluhan tsb.
Saya tidak tahu bagaimanakah kondisi mata kanan anda setelah terjadi kecelakaan, ada baiknya bila anda menanyakan hal ini ke dokter yang memeriksa mata anda.
Untuk perubahan posisi mata kiri akibat kecelakaan pada mata kanan sulit terjadi, sebaiknya hal ini anda tanyakan ke dokter anda. Untuk operasi bedah saraf, menurut info dari teman anda di negara manakah yang sudah melakukan ini karena sepengetahuan saya sel saraf yang terputus total sulit untuk disambung kembali sebab sel saraf merupakan salah satu sel yang tidak dapat beregenerasi.
Untuk menjaga kesehatan mata bagi penderita miopi seperti pada umumnya : menjaga jarak baca minimal 30 cm, membaca dengan penerangan yang cukup, menjaga jarak pada saat menonton televisi (5x diagonal televisi), memasang filter pada layar monitor anda, istirahatkan mata anda pada saat sudah terasa lelah (minimal 15 menit), menggunakan kacamata yang sesuai dengan ukuran, kontrol kondisi mata secara teratur ke dokter mata anda (minimal 6 bulan sekali), asupan makan yang banyak mengandung vitamin A, dsbnya.
Demikian dari saya semoga dapat sedikit membantu, terima kasih.

2 comments:

John said...

Salam kenal Dokter..

yang saya mau tanyakan
1.gmn caranya menjernihkan mata lagi dokt..
2.obat tetes mata yang baik buat kesehatan mata apa itu dokt
3.obat buat mata belekan sebaiknya gmna dokt..

terimakasih atas perhatiannya..jawaban dokter sangat saya butuhkan..
trims..

kanjeng said...

Apa kabar dok, usia saya 30 kerja di IT, keluhan saya pada mata sampe sebelah kanan kepala, rasanya berdenyut pada 1 titik dan saat berdenyut seperti menekan di mata sebelah kanan ke atas dan bagian depan atas alis sebelah kanan atau jidat, rasa itu muncul dengan tiba - tiba, yang paling sering kadang pada saat bangun tidur, waktu santai juga kadang suka kumat.
- Apa ada hubungan dengan dikerjaan saya dok? tiap hari memang di komputer tp sebelumnya ga sampe sakit kaya gini.
- obat untuk hilangkan rasa sakitnya apa??
Sebelumnya sakit begini usia 14 dan setelah itu hilang dan jarang, kok sekarang usia 30 jd malah sering kumat.
-