Pages

Friday, July 19, 2013

Anak 3 Tahun Hiperaktif dan Belum Bisa Bicara, Bagaimana Mengatasinya?

Siang, saya punya adik usianya 3 tahun 9 bulan. Adik saya ini sangat hiperaktif, suka memberantakkan barang. Setiap mengambil barang pasti dilempar, tidak bisa diam, dan dia tidak tahu jika sebenarnya tubuhnya sudah lelah tetapi masih saja aktif.

Adik saya juga belum bisa berbicara, kata-kata yang dikeluarkan tidak jelas tetapi sangat bawel, terus berbicara tapi kami tidak bisa mengerti. Memang jika dilihat perkembangannya tidak seperti anak pada umumnya. Daya tahan tubuhnya pun kurang baik. Ada yang menilai bahwa adik saya itu 'autis' tapi saya melihat tidak seperti itu.

Mohon pendapatnya mengenai adik saya ini, dan sarannya kepada saya dan keluarga bagaimana untuk membantu perkembangan pertumbuhan adik saya? Terimakasih, Tuhan memberkati.

Icho (Pria lajang, 25 tahun)
icho_XXXXX@yahoo.co.uk
Tinggi badan 170 cm, berat badan 70 kg

Jawaban

Dear Icho,

Senang sekali memiliki kakak yang peduli dan peka terhadap perkembangan adik. Saya coba menjawab apa yang sedang menjadi pertanyaan kamu ya. Jika dilihat dari riwayat perkembangan yang diceritakan mengenai kemampuan berbicara adik kamu, kemungkinan besar ia mengalami keterlambatan perkembangan dan perlu untuk dibawa konsultasi lebih lanjut agar dapat diketahui mengenai penyebabnya dan apa yang dapat dilakukan.

Namun, mengenai diagnosa autisme yang kamu maksud di atas, rasanya data yang diberikan masih kurang untuk bisa melakukan diagnosa tersebut dan perlu dilakukan observasi secara langsung terhadap subjek agar tidak terjadi kekeliruan. Jika saat ini adik kamu aktif sekali mungkin saja memang energinya begitu besar sehingga ia memiliki kebutuhan bergerak yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan anak seusianya.

Hal praktis yang saat ini penting untuk dilakukan adalah stimulasi kemampuan bicaranya dan perbanyak aktivitas fisik seperti olahraga agar energinya dapat keluar secara terarah. Namun saya sarankan untuk datang dan berkonsultasi dengan psikolog anak atau klinik tumbuh kembang supaya dapat ditangani lebih cepat.

Tuhan memberkati.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: