Pages

Tuesday, August 11, 2009

KONDISI MATA PASKA OPERASI KATARAK

Salam kenal Dok,

Mama saya sudah menjalani operasi katarak pada mata kirinya pada sebuah rumah sakit "A" sekitar 2 bulan yang lalu. Waktu itu kata dokter "X" yang mengoperasi, katarak mama saya lengket sehingga memerlukan operasi/penyayatan. Setelah operasi tersebut, mata mama saya menjadi merah seperti darah. Dan setelah berkali-kali kontrol, mata mama saya berangsur tidak merah darah lagi tetapi mata malah menjadi lebih kabur/tidak jelas dibanding sebelum operasi dan masih sering merah walupun tidak semerah setelah operasi.

Karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mama saya mencoba memeriksakan matanya kembali ke spesialis mata yang lain "Y". Hasil diagnosa dokter "Y" menyatakan bahwa sel-sel bagian dalam dari kornea mata mama saya yang berfungsi untuk memompa keluar air mata berlebih dari jaringan kornea mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan karena umur dan karena operasi katarak yang dijalani mama saya sebelumnya.
Kata dokter, jaringan ini tidak bisa regenerasi, jadi yang bisa dilakukan adalah penyelamatkan sel-sel yang sakit supaya tidak semakin banyak kerusakannya. Apakah diagnosa dokter "Y" relevan dengan kondisi mata mama saya sekarang ini?

Dokter "Y" memberikan obat:
1. Ophtalgon ED
2. Pred Forte ED
3. Polydex ED
4. Teramicyn -1% EO

Untuk obat nomor 2 sampai 4, dokter Y memberi copy resep untuk membelinya sekali lagi jika habis. Sedangkan untuk nomor 1 dapat dibeli berkali-kali jika habis.

Saya lupa menanyakan fungsi dari masing-masing obat tersebut ke Dokter "Y", untuk itu pada forum ini mohon bantuan dokter untuk memberikan informasi fungsi dari masing-masing obat tersebut dan apa efek sampingnya jika digunakan terlalu lama, karena saya baca di internet bahwa obat Pred Forte tidak boleh digunakan terlalu lama. Mohon infonya, kapan obat-obat tersebut harus dihentikan penggunaannya? Sampai hari ini, keempat obat tersebut telah digunakan mama saya selama 6 hari.

Sebagai informasi, sekarang mata mama saya sudah tidak merah tetapi penglihatannya masih kabur dibanding sebelum operasi.

Halo... Langsung saja ya.... Untuk menganalisa kondisi mata mama anda kami tidak dapat melakukan nya tanpa melihat dan memeriksa langsung keadaannya... dan pasti nya dokter spesialis mata lebih kompeten dari kami. Mengenai obat untuk yang no 1, memang obat tersebut dapat dipakai berkali-kali, karena fungsinya untuk agar mata tidak kering.... Dan untuk obat no 2-4, dokter mama anda sudah mengatakannnya bukan.... Resep hanya boleh diulang 1 kali lagi lagi.... Ikuti saja saran beliau ibu.... Memang Pred forte berupa kortikosteroid yang memang tidak boleh dipakai jangka panjang, makanya dokter hanya boleh mengulang resep sekali saja. Terima kasih.

No comments: