Pages

Tuesday, August 11, 2009

MATA MINUS DAN SILINDRIS

Dokter Yth...

hallo dok...

saya wanita 27 th, mata saya kanan-kiri minus 4 dan silindris 3. saya memakai kacamata sejak umur 16th krn keluhan minus. keluhan silindris baru saya derita kira2 4-5 tahun kemudian.
saya benar2 tergantung dgn kacamata dok. bukannya makin berkurang silindris tiap tahun makin bertambah. apalagi saya jd sering migrain (sakit kepala sebelah) yg rasa nyerinya berawal dari daerah mata.

apakah silindris bisa disembuhkan dok, bagaimana caranya?? mengingat tiap tahun bertambah terus.
apakah dgn mengkonsumsi kapsul vit. A dan jus wortel secara teratur dpt mencegah minus dan silindris bertambah??

terimakasih dok.

Halo...

Mata astigmat atau mata silindris adalah suatu keadaan dimana sinar yang masuk ke dalam mata tidak terpusat pada satu titik saja tetapi sinar tersebut tersebar menjadi sebuah garis.

Astigmatisma terjadi akibat kelainan kelengkungan permukaan kornea. Selain itu daya akomodasi mata tidak dapat mengkompensasi kelainan astigmatisma karena pada akomodasi, lengkung lensa mata tidak berubah sama kuatnya di semua bidang. Dengan kata lain, kedua bidang memerlukan koreksi derajat akomodasi yang berbeda, sehingga tidak dapat dikoreksi pada saat bersamaan tanpa dibantu kacamata.

Untuk kelainan refraksi seperti ini, yang dapat dilakukan adalah koreksi dengan kacamata, lensa kontak atau dengan bedah keratorefraktif (harus diperiksa terlebih dahulu oleh dokter mata apakah memungkinkan untuk dilakukan operasi).

Untuk konsumsi kapsul vit A dan jus wortel dapat membantu memaksimalkan fungsi mata tetapi untuk tidak dapat mencegah minus dan silindris bertambah karena penyebab dari minus dan silindris adalah kelainan bentuk bola mata (kelainan refraksi) oleh sebab itu memerlukan bantuan kacamata.

Apakah koreksi kacamata anda sudah benar? Dan apakah koreksi tsb dilakukan oleh dokter mata? Saran saya sebaiknya anda memeriksakan kondisi mata anda ke dokter mata supaya lebih tepat. Karena bila koreksi tidak tepat dapat menyebabkan sakit kepala/migrain seperti yang anda alami.
Itu saja dari saya semoga dapat sedikit membantu anda, terima kasih.

5 comments:

mirayuli said...

Dokter Yth.

selamat sore dok.
saya wanita 23 th, mata saya kanan minus 0,75 dan yg kiri minus 0,75 dengan silinder 20 derajat.
itu pemeriksaan terakhir sekitar 7 bln yg lalu.

sebelumnya mata kanan saya plano - sedangkan yg kiri minus 1,25 dengan silinder 180 derajat.
saya sudah pakai kacamata sejak tahun 2007.

apakah silinder bisa berkurang atau hilang ya dok? ada yg mengatakan kalo silinder itu krn keturunan, kebetulan jg bapak saya mata nya juga silinder.

lalu penggunaan kacamata terapi/pinhole glasses itu bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan minus, silinder dok?

dan apakah para dokter mata jg merekomendasikan penggunaan kacamata pinhole??

lalu pengobatan apa yg bisa dilakukan utk mengurangi/menghilangkan minus dan silinder selain menggunakan kacamata dan operasi lasik?

terimakasih dok..

Anonymous said...

Dokter yth.. Saya sukma,21 tahun, saya sering sekali mengalami sakit kepala, mata saya minus 2,75, kalau sudah sakit rasanya mata saya ini seperti mau pecah,, trus sakit kepala saya itu sering sekali.. Ketika saya bergerak atau terhentak saat mengendarai kendaraan rasanya di otak dan mata saya sakit sekali.. Mohon sarannya dokter ...

Unknown said...

Slmt pgi dok
wiwi umur 18 thn
Mata saya min 7 sya sdh pkai kacamata tpi ttp sja saya tdk mlht dengan jelas tpi saya coba kacamatanya di balik tpi klw sy pkai lensa kcamatanya yg d blknya(belakang)sy mlhtnya jelas.itu mata saya knpa ya dok
Trma ksh

Unknown said...

Dok.. Sya mau tanya mata saya sering mengalami tidak fokus. Contoh pada saat saya melihat tulisan ada satu huruf yang hilang dok. Begitu juga dengan angka dok.. Mata saya kira kira kenapa ya dok

Unknown said...

Dok.. Sya mau tanya mata saya sering mengalami tidak fokus. Contoh pada saat saya melihat tulisan ada satu huruf yang hilang dok. Begitu juga dengan angka dok.. Mata saya kira kira kenapa ya dok