Friday, April 6, 2012

Kutilan di Tangan, Bagaimana Menghilangkannya?

Dok, saya punya penyakit kutilan (mata ikan) di telapak tangan bagian jari jempol kanan dan telunjuk kiri. Alhamdulillah kutilnya tidak tumbuh membesar, padahal sudah lama. Bagaimana cara mengatasinya dok?

Baidhowi (Laki-laki Menikah, 25 Tahun), m.baidXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 163 Cm, Berat Badan 48 Kg

Jawaban

Berdasarkan deskripsi yang diberikan kemungkinan besar kelainan yang diderita adalah kutil atau common warts. Mata ikan umumnya terjadi di telapak kaki, pada area dengan tekanan berlebihan yang terus menerus.

Kutil, di dunia kedokteran dikenal sebagai veruka vulgaris atau veruka plana, merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Penularan terjadi akibat kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi, terutama bila kulit yang ditulari telah mengalami perlukaan ringan (mikrotrauma) sebelumnya.

Terdapat beberapa cara pengobatan kutil. Sebagian mencoba dengan mengoleskan cairan antikutil yang dijual di pasaran. Bila tak berhasil, biasanya pasien harus berobat ke dokter agar mendapatkan terapi yang sesuai, misalnya dengan penggunaan salep yang berfungsi melunakkan dan mengikis kutil, electrokauter (bedah listrik), cryotherapy (bedah beku) maupun dengan laser CO2.

dr. Susie Rendra, SpKK

No comments: