Pages

Saturday, January 22, 2011

Apakah rahim harus diangkat bila memiliki mioma ?

Pak Dokter Yth; Istri saya umur 42th, anak 2 umur 12 th dan 9th keduanya lahir normal, sejak belum menikah kalau haid selalu kesakitan. Tapi 2 bln terakhir sakitnya tidak tertahankan dan akhirnya kami coba periksa ke dokter dan di usg. Ternyata istri memiliki mioma 3 buah sebesar 5cm, 4cm dan 2cm. Dokter menyarankan untuk angkat rahim. Pertanyaan saya :

1. Apakah kondisi istri saya harus angkat rahim? mengingat biaya operasi cukup mahal.

2. Apakah mioma tsb bisa mengecil krn stlh saya baca di internet termasuk tumor jinak dan akan hilang menjelang menopause?

3. Apakah ada stadiumnya dan istri saya di stadium berapa? Atas jawaban Pak Dokter saya ucapkan terimakasih.

- Hadi Rikhwildan -

Jawaban :

Terimakasih atas pertanyaan Bpk. Hadi R.

Saya Dr. Elfahmi A. Noor SpOG, akan berusaha menjawab pertanyaan anda.

Mioma uteri adalah suatu tumor jinak yang umumnya bertumbuh dari bagian otot (pars muscularis) dari rahim (uterus). Pertumbuhan miom ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti halnya status hormonal seseorang. Hormon mempunyai peran yg sgt penting pada aktivitas rahim khususnya hormon estrogen dan progesteron.

Pada wanita yang masih dalam usia reproduksi dan belum menopause aktivitas hormon ini ( estrogen) sangat aktif karena masih terus diproduksi oleh follikel pada indung telur. Beda halnya dengan wanita yang sudah menopause dimana jumlah follikel sangat sedikit sehingga produksi hormon estrogenpun sangat kecil, itulah yang menyebabkan miom akan mengecil pada masa menopause.

Namun harus diingat bahwa menopause itu terjadi pada usia 49 - 50 tahun sedangkan usia istri bapak adalah 42 thn, terlalu lama untuk menunggu.

Pada miom yang kecil kadang masih dapat ditreat dengan obat, seperti thapros,namun pada miom yang ukurannya sekitar 5 cm dan pun jumlahnya agak banyak memang dapat dipertimbangkan tindakan operasi .
Mengenai stadium, hal ini hanya berlaku pada tumor - tumor ganas.

Mudah - mudahan jawaban ini ada bermanfaat bagi anda .Wassalam

- Dr. Elfahmi Noor,Sp.OG

1 comment:

Unknown said...

mioma uterus letaknya deket pembuluh darah adakah penyembuhan selain dengan pengangkatan rahim??