Pages

Saturday, January 22, 2011

Gatal-Gatal di Sekitar Selangkangan

Assaalaamualaikum Wr.Wb
saya pria umur 25, punya masalah yang sekarang ini saya rasakan yaitu gatal - gatal di sekitar selangkangan (pinggirannya kelamin), kadang kalo lagi gatal rasanya ga kuat makanya kadang - kadang pula saya garuk ga sadar ampe ada yang lecet terus ada juga yang warnanya kemerahan kalo lagi mandi kena air rasanya sakit banget....saya harus minum obat apa.?????....dan penyebabnya apa....???? dan saya tidak pernah melakukan hubungan badan selain dengan istri saya....
saya mohon jawabannya secepat mungkin karena saya merasa tersiksa dengan hal ini juga saya sekarang tidak berhubungan dulu dengan istri saya karena takut menular ke istri.....(saya harap tidak)....

terima kasih

Jawaban:


Wa'alaikumsalam Wr Wb

Bapak Asep Yth,

Dari keterangan yang anda berikan, saya cenderung menduga kalau gatal-gatal yang anda alami adalah penyakit kulit biasa. Jadi bukan penyakit kulit yang disebabkan/ditularkan melalui perilaku seksual karena anda tidak mengeluhkan adanya sesuatu pada alat vital anda.

Dari gejala-gejala yang anda kemukakan seperti lokasi di selangkangan, terasa sangat gatal dan kemerahan, kemungkinan disebabkan oleh jamur. Karena biasanya jamur menyerang tempat-tempat yang lembab dan tersembunyi.

Saran saya, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter terdekat (tidak harus ke dokter kulit) agar mendapat obat anti jamur dan penghilang gatal. Anda juga harus lebih memperhatikan kebersihan di sekitar lokasi gatal-gatal tersebut. Seperti menjaga daerah selangkangan untuk tetap kering, memakai celana dalam yang menyerap keringat, dan bila perlu memakai sarung di rumah agar tidak lembab.

Perihal melakukan hubungan dengan istri anda, penyakit ini memang bisa saja ditularkan dengan kontak kulit mengingat lokasinya merupakan daerah yang terlibat dalam hubungan seksual. Sebaiknya istri anda juga menjaga kebersihan dan kelembaban organ intimnya karena apabila kulit nya baik dalam arti bersih dan kering, maka sulit untuk ditumpangi oleh jamur. Jadi kemungkinan tertular akanberkurang.

Demikianlah, semoga jawaban kami memuaskan. Terima kasih atas pertanyaannya.

Wassalamu'alaikum Wr Wb


(dr. Devi)

1 comment:

Reza Agustian said...

assalamu'alaikum..

maaf dok, saya reza umur 20 tahun. bgini dok, sudah 2 minggu ini saya merasa risih skali dengan penyakit gatal-gatal diselangkangan saya, terus ada bintilan-bintilan merah di kepala penis saya. yang saya tanyakan, apakah penyakit yang saya derita ini adalah penyakit HIV/AIDS.?
padahal saya belum pernah melakukan sex. tpi cuma sering onani sih. tpi udah jarang dok..
penyakit kayak begini bisa disembuhin ngga' dok..?
bmohon balasannya dok. karna saya merasa terganggu sekali dengan rasa gatal ini..