Pages

Monday, March 21, 2011

Tidak menstruasi selama 1 tahun lebih

Assalamualaikum....dok.
Saya mahasiswi...umur 19 tahun. tinggi 160 cm. dengan berat 48 kg.
Saya sudah tidak haid selama satu tahun lebih, belum menikah...sudah usg,...kata
dokter saya tidak ada masalah. Sudah minum obat 3 bulan lebih tapi belum keluar
juga...
Bagaimana ya dok...
Saya kahwatir sekali....

-Ria-Â

Jawaban :

Wassalamualaikum wr wb Ria, Terima kasih pertanyaannya.

Amenore Sekunder adalah kondisi dimana seorang perempuan tidak haid selama 3 bulan berturut-turut setelah masa akil baligh. Penyebab tersering adalah kehamilan, kelainan hormonal, kelainan pada organ-organ reproduksi, kelainan pada kelenjar-kelenjar penghasil hormon, atau menopause. Terapi diberikan berdasarkan penyebabnya.

Untuk Ria, saya mengerti kekhawatiran Anda. Anda harus kuat dan sabar karena Tuhan tidak akan memberi cobaan pada orang yang tidak mampu mengatasinya. Rasa khawatir Anda bersumber dari ketidaktahuan, jadi sebaiknya dan selekasnya Anda menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan kejelasan. Dokter tersebut akan melakukan serangkaian pemeriksaan darah untuk mencek keadaan hormonal Anda atau tes lain bila perlu. Terapi yang sesuai akan mengikuti. Pengobatan mungkin akan memakan waktu cukup lama, Anda harus tetap optimis, terus berusaha dan berdoa.

Demikian jawaban dari saya, semoga anda dapat memahaminya.

Wassalam

-dr. Dona Arlinda-

6 comments:

prasasti_blog said...

Dear dokter..
Saya mempunyai kakak umur 40 tahun. dia kemarin urut, dan kata tukang urut dia itu hamil. namun, sudah hampir setahun lebih dia itu g haid. dan waktu kemarin di test kehamilan ternyata tidak hamil.
Diumur berapa kehamilan itu dapat diketahui? dan apa bisa seseorang yang sudah lama tidak haid dapat hamil?
Trima kasih,

Anonymous said...

dok.. saya umur 19.. sudah bingung knp saya blm haid bln ini.. saya haid selalu telat bbrp hari memang.. tapi bln ini sdh 1 minggu lbh bln haid.. bln lalu saya sempat disuru minum obat cina "wu chi pai feng wan".. lalu sempat tgl2 saya harusnya haid sempat ada lendir merah tdk seperti biasanya.. prt saya juga srasa besar.. gmn ini dok.. apa yg harus saya lakukan?

Anonymous said...

konsultasi ama ahli akupuntur, yaang saya tahu akupuntur sinshe HAN, seudah banyak menolong wanita yang mempunyai keluhan kewanitaan.
Alamatnya google aja pake key word
"sinshe HAN " t idak mahal kog
semoga bisa membantu

Unknown said...

Assalamual'alaykum dok.... mohon petunjuk nya... usia nya 41 thn, sudah hamoir 3 thn saya ga menstruasi dok... hari terakhir haid terakhirnya adalah tgl 6 februari 2013... yang saya ingin tanyakan adalah apakah hal ini akan berbahaya dok? sebelumnya saya pernah ngobrol2 santai dgn salah seorang obgyn di kota saya kira2 stahun lalu...katanya mungkin pengaruh hormon?? menopause dini x loe .... hehehe... pada dasarnya saya nya oke2 aja kalo saya mengalami menopause pada usia di bawah 40thn dok, tp saya juga agak tergelitik akan ketakutan... siapa tau hal kaya gini adalah masalah yg harus di atasi... makasih sebelumnya dok atas kesedian dokter memberikan pencerahan kepada saya

Unknown said...

dok nama aku sella umur 20 tahun saya sudah mempunyai satu anak setelah saya melahirkan,saya tidak haid juga sampe anak umur satu tahun . kenapa ya dok mohon penjelasannya terimakasih.

dea ardhia said...

Dok saya mau tanya. Saya punya teman yang tidah haid selama 1 tahun dan tidak merasakan sakit apapun. Apa yang menyebabkannya