Pages

Monday, April 7, 2008

Menstruasi

1- 2008 oleh cita
usia saya 28 thn,dan sudah menikah.saya pernah keguguran 1 kali(hamil 2 bulan)sekitar juli 2006.Sudah 1 thn blm hamil lagi.Beberapa bln yg lalu hingga sekarang, menstruasi tidak teratur (menstruasi berikutnya maju seminggu/lebih).Mohon Penjelasan dokter atas apa yg sedang saya alami.terimakasih
Jawaban:
Kepada cita,

Jika anda pernah hamil dan kemudian mengalami keguguran berarti sebenarnya anda tidak mandul. Hanya saja gangguan keseimbangan hormon dalam tubuh dapat memicu gangguan pematangan sel telur, transportasi sel telur dan proses perlengketan di rahim.
Jika rentang menstruasi berkisar 21 sampai 35 hari sekali, hal ini masih dalam kondisi normal. Tetapi jika lebih dari itu berarti terjadi ketidak seimbangan hormon reproduksi dalam tubuh ibu. Hal ini jika terjadi lebih dari 3 bulan berturut-turut ada baiknya dikonsulkan ke dokter dikota anda.

Terima kasih

22 comments:

Unknown said...

dok saya gadis 20 tahunsaya mau konsultasi seputar haid saya.kenapa ya dok setiap kali pertama haid,perut saya sakit sampai saya mau pingsan...
normalkah itu dok,atau kalau itu suatu penyakit obatnya apa ya dok???
terimakasih,salam febri

phiew said...

dok saya mu tnya,, umur saya 20 tahun,, knpa ya kok menstruasi saya kadang mundur kadang maju hmpir smpe1 mggu.. & kadang kalo mens tu kadang bnyak, kadang sdkit tp lama.. tu knpa ya dok??? tlg jwabannya..
mkasaii..

Unknown said...

dok saya gadis 20 thn .. saya mau tanya knapa ya menstruasi saya jadwalnya maju mundur gitu .. udda gitu saya pernah bangun tidur dapet kaya keputihan gitu tapi warnanya coklat k merah-merahan kaya menstruasi tapi sedikit .. saya anggap itu darah mens tapi siangnya ga kluar lagi .. keluar lagi besok paginya bangun tidur sama pula cuma sedikit .. terus ajja dok hal itu berulang ampe 4 hari ..
itu karna apa y dok .. ?? keputihan apa menstruasi .. ?? saya bingung .. mohon jawaban scepatnya y dok saya takut pnyakit .. makassii banyak ..

Anonymous said...

dok saya umur 17th , menstruasi saya tidak lancar dan saya telat datang bulan . padahal saya tidak berbuat apa2 :D . kira2 kenapa ? makasih

Anonymous said...

dok,saya umur 22 thn & blum married.menstruasi sya sering telat,kadang malah menstruasi tiap 3 bulan sekali..tp ibu saya, katanya waktu mudanya jga seperti itu.yang saya tnyakan apa menstruasi yg sering terlambat itu berbahaya,soalnya denger2 menstruasi yg sering terlambat pertanda kemandulan??
terima kasih

Anonymous said...

Dok, saya mau nanya donk. Istri saya bulan kemarin mens tanggal 24 April. pada bulan mei tidak mendapat menstruasi sama sekali. terakhir berhubungan tanggal 21-24 Mei kita melakukan hubungan, karena sebelumnya istri saya tidak pernah terlambat haid, dan haid nya teratur saya keluarkan di dalam dok. pada bulan mei istri saya sama sekali tidak menstruasi sampai sekarang tanggal 8 Juni..

saya sudah melakukan pengujian kehamilan menggunakan test pack pada tanggal 30 juni. hasilnya negatif, lalu pada tanggal 31 juni, hasilnya negatif pula. setelah itu tanggal 4 Juni saya test kembali hasilnya juga masih negatif. dan terakhir pada tanggal 7 Juni pagi hari sesudah bangun tidur, hasilnya juga negatif. tetapi istri saya mengeluarkan keputihan sejak tanggal 1 Juni, tetapi keputihan nya tidak berbau, berbentuk putih seperti bedak, dan kadang terasa gatal. .

yang ingin saya tanyakan, mungkinkah istri saya hamil?? karena sudah terlambat hampir 2 minggu walaupun hasil test menunjukkan negatif.. atau karena ada penyakit atau gangguan hormon?? terima kasih

Anonymous said...

Dok saya mau tanya, dulu saya pernah ML dan waktu itu saya hamil saya menyadari kehamilan tsb ketika usia kandungan sudah 3 bulan. dan ketika itu juga pacar saya minta digugurkan dengan cara makan pil apa gitu. dan setelah itu saya kayak menstruasi dengan darah yang keluar dan terdapat banyak gumpalan-gumpalan darah, sekarang kehamilan saya sudah saya gugurkan. nah yang saya tanyakan apakah hal itu berbahaya? atau apakah ada efek lainnya dari aborsi tersebut.

terus saya makan pil tersebut lagi karena siklus haid saya sekarang menjadi tidak teratur dan saya memutuskan untuk makan pil tersebut kmbali dan akhirnya saya bisa mens, mens tersebut berlangsung selama 2 minggu'an. nah yang saya tanyakan lagi, jika saya ML pada proses mens menggunakan pil itu? apakah saya hamil? dan kalau saya ML setelah 3 hari setelah selesai haid menggunakan pil tersebut juga dapat hamil?

Tara said...

Dok, saya mau tanya seputar menstruasi, saya cewek sekarang umur saya 19th. Berapa bulan terakhir ini siklus menstruasi saya tidak teratur, terkadang dalam 1bulan itu ga dapat. Tapi kemarin saat saya kelar bermain badminton,ada darah seperti mens, kebenaran saat itu juga kebiasaan perut saya sakit saat mens juga kambuh, tapi cuma satu hari itu aja, besok-besoknya ga ada darah lagi. Apa itu wajar dok? apa mens emang bisa dalam satu hari aja? mohon penjelasan nya ya dok.. makasih. Mohon di reply ke email saya.. =))

sina said...

Siang Dok, saya wanita berumur 32 tahun dan sudah lama mendambakan seorang anak. Pada tgl 11 nov sy mens, tgl 21 sy dan suami sy berhubungan dan pada tgl 5 des keluar bercak kecoklatan selama 2 hari(tdk diikuti mens). tgl 10 des sy tes kehamilan dan hasilnya negatif. Pd tgl 28 des sy mens. Yg ingin sy tanyakan 'Apakah hal ini berarti sy hamil?' dan 'Kalau melakukan tes kehamilan skarang ini, biar mendapatkan hasil yang akurat, kira-kira kapan ya Dok?' Trimakasih sebelumnya...

Riska oktaviani fauzi said...

dok saya umur 17 tahun dok , saya mau tanya sesuatu dok , saya kok kalo mens selalu lama yah dok , selalu 1 bulan 2 kali gitu dok tapi ngga sakit dong dan kalo dari lagi mens hari ke 5 nya baru banyak dok . itu kenapa yah dok ? apa berbahaya? dan kalo sudah mens selung 3 hari biasa nya ada flek yg keluar dok ? makasih sblum nya

fansi said...

dok saya sdh mempunyai gejala mentrussi nama saya fansi umur 12 tahun gejala

kmarind lusa ada warna kuning di celana dalem aku
truss kmarin pagi ada putih2 di celana dalem aku siangnya aku liat warna kuning lagie truss hari ini ada lagie warna kuing nya apa eaw?



itu bner gk dok gejala mens ?


trsss kalo sdh seperti itu kpn mens nya ?



trima kasih dok

Unknown said...

dok saya mau konsultasi
saya umur 21 th dan belum menikah.
setiap bulan kalau saya haid sakit sekali, nyeri haid gitu
kalau saya minum kiranti
sakit nya memang berkurang tapi sedikit
saya takut kenapa-kenapa
yang bikin khawatir mengapa setiap bulan itu selalu nyeri
tolong jawaban nya ya dok

Unknown said...

Dok saya umur 25, saya kalo ml d kluarin nya d luar, itu jg jarang. Lalu blan mei saya tidak mens sama skli. Pas 1juni-skarang (juli) sayq hanya flek saja. Sudah k bidan tapi d bilank gapap. Tp saya khwtir krn flek ini tidak brhnti2, apakah saya hamil? Hrus d usg bisa klytan ga masalahnya? Krn saya takut penyakit

Unknown said...

Dok saya umur 25, saya kalo ml d kluarin nya d luar, itu jg jarang. Lalu blan mei saya tidak mens sama skli. Pas 1juni-skarang (juli) sayq hanya flek saja. Sudah k bidan tapi d bilank gapap. Tp saya khwtir krn flek ini tidak brhnti2, apakah saya hamil? Hrus d usg bisa klytan ga masalahnya? Krn saya takut penyakit

Unknown said...

Dok saya umur 25, saya kalo ml d kluarin nya d luar, itu jg jarang. Lalu blan mei saya tidak mens sama skli. Pas 1juni-skarang (juli) sayq hanya flek saja. Sudah k bidan tapi d bilank gapap. Tp saya khwtir krn flek ini tidak brhnti2, apakah saya hamil? Hrus d usg bisa klytan ga masalahnya? Krn saya takut penyakit

Unknown said...

Nama saya Rini umur 27 tahun Saya mempunyai anak satu waktu belum punya anak saya haid lancar dan tak pernah merasakan sakit perut sekarang sudah mempunyai anak dan sesudah menyusui Kenapa saya jarang haid menstruasi saya itu tidak menentu kadang dua bulan sekali juga cuman flek dan waktu bulan 6 kemarin saya suntik KB yang satu bulancuman pas suntik kelewat 1 minggu tapi itu tidak dipakai oleh suami saya Terus kata dokter nanti kalau bulan tujuh enggak mens saya disuruh ke situ lagi tapi kalau mens nggak terus bulan 7 tetapi cuman flek terus sampai sekarang tidak mens jugasaya sudah pernah membeli tespek dan mengeceknya namun hasilnya negatifyang mau saya tanyakan kenapa saya tidak hamil kok saya menstruasinya tidak menentu terima kasih

Unknown said...

Dok saya umur 21 th saya sudah menikah saya sering terlambat menstruasinya..tapi tiap bulan selalu menstruasi..meski tanggalnya kadang2 akhir awal ataupun pertengahan..sudah 2 bulan ini saya belum menstruasi dok..saya keputihan warnanya bening terus pernah satu dua kali keputihan warna coklat kayak ngeflek gitu tapi cuman sehari..pernah nyeri jg perut..tapi kok gak keluar2 menstruasinya..berat badan saya selama 2 bulan ini memang bertambah banyak dok..test peck jg negative beberapa kali juga negative.. kenapa ya dok..

Unknown said...

Dok mau tanya saya rina 20 tahun,, saya pertma kali menstruasi pada umur 17 tahun dan itupun di periksakan ke dokter,, sama dokter dikasih obat yang ada penomeranya,,setelah minum obat saya bisa mentruasi,,selama 4 bulan berturut turut saya rutin minum obat tersebut dantiap bulannya juga menstruasi,, tapi setelah tidak periksa lagi saya tidak bisa menstruasi,,di usia 18 tahun saya prriksa lagi dan kejadian seperti itu juga,, 4 bulan minum obat dan seiap bulan bisa menstruasi kemudian stelah itu saya tidak lagi periksa ke dokter,,setelah tidak minum obat dan tidak periksa saya tidak mens mens juga hingga usia saya 20 tahun ini,, lha gi mina dok solusinya soalnya saya tidak mau tergantungan obat terus agar bisa menstruasi,,,
Terimakasih

Unknown said...

hallo dokter, perkenalkan nama saya virda usia 26 tahun, saya sudah menikah dan memiliki seorang jagoan cilik 3 tahun yang lalu, usai melahirkan saya KB suntik 3 bulan selama kurang lebihnya 2 tahun, selama itu saya mengalami siklus menstruasi yang tidak normal. jarak menstruasi 2 bulan sekali, sekalinya menstruasi selama 2 bulan tanpa henti tetapi hanya satu dua tetes saja (tidak banyak). Suatu ketika saya datang ke bidan untuk melakukan suntik KB kembali, saat di test tekanan darah ternyata tekanan darah saya tinggi sehingga bidan tidak menganjurkan saya suntik hari itu, kemudian sang bidan meminta saya untuk datang 2 hari kemudian. Selang 2 hari saya kembali datang ke bidan tersebut dengan niat ingin melakukan suntik KB. tetapi hasil test tekanan darah masih tinggi, maka pulanglah saya dan memutuskan untuk lepas dari KB. untuk menghindari kehamilan, setiap kali berhubungan tidak dimasukkan ( dikeluarkan. Selama memutuskan berhenti KB hingga saat ini kurang lebihnya 1 tahun saya sama sekali tidak mengalami menstruasi. apakah itu berbahaya dokter? apalagi sekarang kami sedang berencana untuk memiliki momongan lagi dokter. mohon pencerahannya dokter... terima kasih...

anonymous said...

ka akujuga skr lagi mengalami kaya gini. apakah kaka udh cek kedokter?

Unknown said...

dok saya rani umur saya 30 tahun,saya mengkomsumsi pil kb merek planatap,biaanya saya gk perna terlambat bulan,ne pil uda abis tpi saya jagak blm datang bula,padahal saya bulan ini baru sekali berhubungan
mohon penjelasan nya dok.terimah kasih

Aulia said...

Selamat sore dokter..sy aulia umur 35th.
Sy tgl 26 sept memstruasi dan bersih bnr2 bersih tgl 2 oktober. Tgl 3 dan 4 sama sekali bersih,tetapi di tgl 5 sy tiba2 mens banyak bnget dan berwarna kehitaman hingga hari ini.kira2 bs dibantu utk meberikan penjlsan dokter..terima kasih