Pages

Monday, April 7, 2008

Tinitus

1- 2008 oleh chocolate
Dear Dokter. saya berumur 27 thn. sudah hampir 1 thn ini, telinga sebelah kanan saya dapat mendengar suara pompaan pembuluh darah mengikuti irama dari detak nadi di leher saya.(tapi bila saya tekan dititik nadi leher, suara itu berhenti) hasil lab telinga saya baik2 saja(tdk ada masalah pendengaran sama sekali).dari informasi internet dan DR THT apakah benar saya menderita Tinitus ? dan apakah benar, satu2 nya jalan saya harus operasi ? dengan biaya yg tidak sedikit itu, dan apakah berbahaya buat saya, bila setiap hari saya mengkonsumsi ginko biloba dan B12 1000mcg,setiap harinya? (sesuai info yang sy terima di internet) dan apakah penyakit ini juga berpengaruh ke otak dan jantung saya kedepannya dok ? ,saya mohon penjelasan selengakapnya dok. terima kasih.
Jawaban:
Kepada chocolate,

Tinitus merupakan gejala penyakit yang berupa telinga berdenging. Keluhan ini sering didapatkan pada penderita perforasi gendang telinga, Otosklerosis (penyakit dimana tulang-tulang di sekitar telinga tengah dan telinga dalam tumbuh secara berlebihan), Tumor Saraf Pendengaran dan penyakit lainnya.
Jadi saya tidak yakin dengan apa yang sudah anda sampaikan. Tinitus merupakan keluhan, yang perlu dicari adalah penyebabnya dan kemudian baru ditangani. Sebaiknya anda konsultasikan lagi dengan dokter THT dikota anda hingga tuntas.

Terima kasih

No comments: