Pages

Monday, April 7, 2008

Keputihan Berulang

Dear dr Boyke… Saya perempuan berumur 22 thn dan sudah menikah selama 1 tahun. Waktu kami masih bertunangan, saya pernah dikuret kemudian memakai alat kontrasepsi spiral selama 1 tahun. Sekarang saya sudah tidak lagi pakai spiral karena sering infeksi dan menyebabkan keputihan. Sampai sekarang ini saya sering keputihan, pernah kondisinya sampai berbau tak sedap. Kata dokter kandungan itu karena infeksi. Setelah berobat dan sembuh, kenapa keputihan itu muncul meski tidak sampai berbau, sedikit dan tidak gatal. Saya sudah mencoba berbagai macam obat, tetapi kok tidak kunjung sembuh. Pertanyaannya, kenapa saya sering keputihan, meski tidak berbau busuk — persis bau bawang merah– tidak gatal, banyak dan berwarna kuning? Sudah hampir 2 tahun ini, saya terus keputihan, hingga rasanya capek karena harus bolak balik ke dokter. Dengan kondisi ini, apakah saya masih bisa punya anak? Keluhan lainnya adalah rahim sebelah kiri saya sering sakit, hingga terasa pegal sampai kaki, ada apa ya dok? Saya harus bagaimana, apakah dengan pemeriksaan dalam melalui pap smear segala sesuatu dapat diketahui dengan jelas atau tetap membutuhkan tes laboratorium?
Resti / Tanjung Priuk, Jakut

Jawab:
Keputihan merupakan hal yang alami (bukan penyakit), biasanya tidak berwarna, tidak gatal dan tidak bau, khususnya terjadi pada perempuan yang dalam keadaan subur (pertengahan siklus haid), wanita terangsang dan sedang hamil. Namun, keputihan patologis yang disebabkan oleh penyakit terjadi karena kelainan organ reproduksi (myoma dan erosi) atau infeksi (penyakit kelamin dan jamur), alergi dan adanya benda asing (spiral). Coba konsultasikan masalah ini ke dokter kandungan, karena yang ibu alami merupakan keputihan penyakit dan harus diobati sesuai dengan penyebabnya. Jika keputihan sudah sembuh, masih mungkin punya anak. Penyakit ibu kemungkinan ada infeksi di saluran telur (adnexitis).

5 comments:

jundullah said...

assalamulaikum,

dr.Boyke yang baik, saya wanita 22th menikah sudah 4 bulan. sebelum menikah saya suntik KB dalam jangka waktu satu bulanan. dan setelah itu saya tidak pernah suntik KB lagi.tapi kenapa sampai sekarang setelah 3 bulan berhenti suntik KB saya belum ada tanda-tanda kehamilan ya dok?

apa suntik KB yang pernah saya lakukan membuat saya jadi tidak hamil-hamil ya?

terima kasih atas jawaban dokter,

Ny.Prasasta, sby

Anonymous said...

assalamualaikum wr.wb

mlm dr.boyke,saya rena 21thn,blm menikah,saya ingin bertanya tentang bagian kewanitaan,kenapa ya setiap saya buang air kecil,selalu sakit dan mengeluarkan sedikit darah ??dan saya merasa jadi ingin buang air terus?? knp??

novi efendi said...

dr.boyke...ass.....dok sya setelah melakukan hub sexs..kok ke esokan harinya penis saya kayak mengeluarkan nanah...tapi saya saya tidak merasakan apa"...itu kenapa ya dok...apa saya terjankit penyakit shypilis....sedangkan saya sangat jarang melakukan hubungan sexs ... terimakasih dok...

novi efendi said...

dok....langkah apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya...saya bingung...sedangkan saya merasakan seperti biasa saja.....

kiky said...

mlm dok,.

saya wanita umur 23 thn dan belum menikah.
dok,saya sangat heran karena daerah V saya sangat sering mengeluarkan cairan putih.kadang kental & kadang cair,jadi saya mau tanya dok.ini penyakit atau cuma keputihan aja ya dok..
tlg saya dibantu ya dok,
terima kasih..