Pages

Tuesday, May 17, 2011

Dahak Mengeluarkan Darah

Assalamu 'Alaikum,
Saya pria umur 27 tahun tinggi badan 160 cm berat 63 kg, saya ada masalah dalam tenggorokan saya. Apabila saya batuk dan mengeluarkan dahak, maka akan keluar darah. Untuk gambaran, apabila dahak saya yang terbuang kira2 berdiameter 4 cm, maka akan terlihat percikan2 darah yang masing2 mempunyai panjang kira2 3-6 mm. Ada sekitar 5-6 percikan darah. Tetapi tidak merasakan apun keluhan.

Saya mengalami hal ini sudah 2 kali. Sebelumnya 3 tahun yang lalu (tahun 2001) pernah juga mengalami hal yang sama. Dan hal ini terjadi apabila sebelumnya saya mengalami Flu berat dan di lanjutkan dengan batuk.

Untuk itu saya ingin menanyakan beberapa hal :

1. Menurut dokter kira2 penyakit apa yang saya derita?
2. Bagaimana mengatasinya? Apa ini termasuk TBC?
3. Saya pernah baca artikel tentang kesehatan, bahwa yang saya derita hanya gesekan
di dalam tenggorokan saya sehingga menimbulkan darah pada saat batuk.
4. Apa yang harus saya lakukan? dan Meminum Obat apa?
5. Apa harus di biopsi dulu untuk mendeteksi penyakit ini?

Terima Kasih

-ricky-

Jawaban:

Waalaikum salam wr.wb.

Saudara Ricky yth, sebelumnya saya mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan saudara.

Batuk darah dalam dunia kedokteran disebut hemoptisis. Setiap batuk darah dalam dunia medis selalu dianggap serius dan perlu diteliti lebih lanjut, sampai terbukti bahwa batuk tersebut tidak disebabkan oleh masalah serius. Masalah serius yang paling sering adalah kanker paru dan TBC.

Batuk darah bervariasi dari bercak darah sampai batuk darah yang mengeluarkan banyak darah.

Penting untuk menentukan apakah darah berasal dari saluran pernapasan atau nasofaring (perbatasan antara pangkal hidung dengan ujung saluran cerna) atau saluran cerna. Untuk membedakan hal ini perlu pemeriksaan mulut dan tenggorokan untuk mencari perdarahan lokal seperti mimisan, perdarahan gusi, radang tenggorok yang mungkin menyebabkan sedikit bercak darah pada dahak.

Secara umum penyebab batuk darah ini ada 3 kelompok yaitu infeksi, tumor, dan kelainan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah). Infeksi merupakan penyebab yang sering ditemukan antara lain berupa TBC, bronkiektasis dan abses paru.

Melihat penuturan saudara, bahwa darah hanya sedikit dan terjadi setelah flu berat dan sangat jarang terjadi, saya memang lebih cenderung bahwa sumber perdarahan adalah radang tenggorok, sebagaimana saudara baca di artikel kesehatan. Bila memang benar ini, tindakan yang sebaiknya dilakukan adalah mencegah agar tidak menderita flu atau radang tenggorok yang lanjut/berat. Pengobatan dini dan peningkatan daya tahan tubuh dapat membantu mengurangi gejala flu.

Namun, sebaiknya saudara tetap pergi ke dokter untuk memastikan tidak ada kelainan yang serius, anggap saja sebagai medical check up. Dokter akan membuat rongent paru untuk menyingkirkan kelainan paru. Obat apa yang perlu diminum tergantung penegakkan diagnosa. Biopsi hanya dilakukan apabila terdapat kecurigaan ada tumor, guna menentukan jenis tumor.

Demikian jawaban saya, terima kasih atas pertanyaannya, semoga dapat menjawab permasalahan saudara. Bila masih ada yang belum jelas, jangan enggan untuk bertanya kembali.



(dr. Edi Patmini)

38 comments:

DevilxCry said...

halo dok.
saya mau tanya soalnya saya batuk berdahak juga tetpi darah itu menempel di lendir dok saya kebingungan sma was was juga.
umur saya 23 tahun dok.
kira-kira penyakit apa ya dok.
sebelumnya saya sakit radang tenggorokan.

Unknown said...

pagi dokter,saya mau tnya dada saya rasanya sakit bgt gt sesak panas,trus tenggorokan saya kayak ada sesuatu yg mengganjal dok lendir putih kental yg selalu saya keluarkan dan susah bgt untk di keluarkan kayak menempel trus gt di tenggorokan. klu malam saya selalu gak bisa tdur krn sgt menyiksa tenggorokan kyk di cekik gt .sesak banget. dada saya juga skt dan trasa panas low kena angin/dingin. .. penyakit apa kira-kira itu dok? dan apa yg harus sy lakukan un tk mencegahnya ? terima kasih bnyk dokter saya tggu jawbny

Unknown said...

halo dok.
saya mau tanya,tadinya gusi bengkak,apabila pipi dalam tergigit akan bengkak keluar seperti sakit gigi,,
didalam mulut terasa panas,,makan dan minumpun sakit di tenggorokan.
setelah seminggu keluar seperti nanah bercampur darah..dan sampai sekarangpun masih sakit kalau habis makan,,apalagi makan yang pedas
pasti keluar darah campur dahak..
apa itu radang tenggorokan??iritasi,amandel??
saya udah minum antibiotik tapi tetep aja keluar darah campur dahak.
gimana itu dok??
terimakasih dok saya tunggu jawabannya..

Unknown said...

Assalamu'alaikum...

Dok saya merasa tenggorokan saya gatal ketika saya terlalu sering aktivitas dan bisanya terasa sebelum tidur... dan pernah saya mengeluarkan dahak... tapi ada darahnya sedikit... ini kenapa ya dok.. dan cara mengobatinya bagaimana?

Anonymous said...

assalamualaikum dok,saya perempuan berusia 21 thn,sbelumnya saya bekerja d industri produksi 2 thn,skrg sya mahasiswa,dulu stelah hampir 2 thn saya mengalami batuk yang di sertai dahak ada sedikit darahnya,tp cuma sekai kluar dahak yg ada darahnya, bdan sya demam,tp gusi saya gak berdarah..saya priksa k dokter umum ktany saya skedar radang tenggorokan,saya mnum obat dr dkter it alkhmdllah smbuh,tp stelah smbuh ya kambuh lagi hampir 3x dalam 3thn ini,kadang gusi saya gk ad angin gk ada hujan malah juga berdarah ...yang saya tanyakan kira-kira saya sktnya ap Dok?triima kasih ,,,saya sangat menunggu jawabannya?

Unknown said...

Halo dok,saya mau tanya sudah empat hari sya menderita sakit cacar air,saya sudah berobat tapi tak sembuh juga,penyakit saya sudah komplikasi belum sembuh cacar air sudah datang penyakit lain yaitu sakit menelan dan batuk berdarah.apa yang harus saya lakukan untuk penyakit saya ini dok ? trima kasih.

beNz said...

selamat sore dok, saya mau konsult. saya seorang perokok. tadi sudah seminggu lebih flu tapi hanya hidung mampet. pas tadi saya mengeluarkan dahak tiba2 dahaknya berdarah.
itu kira2 penyakit apa dok, dan bagaimana cara menangulanginya.
saya mohon jawabanya dok.
terimakasih sebelumnya.

Unknown said...

Halo dok.
Saya mau bertanya, terkadang sewaktu flu baik batuk maupun pilek dahak mengeluarkan sedikit darah. Itu kira 2 knp ya dok ? Mohon jawabannya. Terima kasih .

Anonymous said...

darah dapat berasal dari lambung yang seolah olah terpompa diakibatkan adanya batuk, penyakit bronkitis, penyakit kanker paru, infeksi TBC, kelainan pembuluh darah paru, serta hambatan pembekuan darah.

Anonymous said...

Saat flu cenderung orang akan bereaksi dengan membuang ingus dari hidung. Terkadang, saat membuang ingus terlalu sering, kondisi di dalam hidung terluka dan memicu terjadinya keluar darah. Untuk itu, disarankan agar saat flu tidak terlalu keras mengeluarkan ingus dari hidung.

Anonymous said...

Ass,, z dewi umur 23thn menikah 2thn tp blum punya anak sampai sekarang,, dok z mau Tanya juga tentang keluar dahak dari mulut saya dengan batuk sedikit, z takut ada penyakit dalam tubuh z, z tdk merasakan flu atau pilek hanya z sangat susah BAB Dan sbelum z bab itu z merasakan sakit luar biasa dari perut z hingga k'area kewanitaan z Sama juga z mau baung angin Hal sperti itu z rasakan. Dan tiba2 z batuk sedikit keluar lendir bencampur darah kental.apa itu berhubungan semua dok? Dan kalau memang berhubungan kira2 z mempunyai penyakit apa dok,?

Anonymous said...

Ass,,z dewi umur 23thn menika 2thn tp blum punya anak sampai sekarang,,dok z mau bertanya, kenapayah z batuk sedkit tp dahaknya keluar darah kental disertai lendir? Awalx z susah BAB Dan sebelum z BAB itu z merasakan sakit luar biasa diperut bagian bawah sampai di area kewanitaan z begitupun jika z merasa ingin buang angin merasakan sakit yg Sama,,z takut apakah ini semua berhubungan? Jika berhubungan z menderita apa dok. Mohon penjelasannya dokter,terimahkasih

Anonymous said...

Assalamualaikum.
Maaf dok sblum ny, saya perempuan berusia 24th, saya mengalami batuk dahak berdarah, tpi darah ny cma sdkit & tdk sllu berdrah saat batuk, sblum batuk saya mengalami demam, setelah 1 minggu demam, batuk & pilek, trnyata batuk saya berdarah, kira2 saya mengalami sakit yg cukup parahkah dok?, saya takut terkena TBC.
Trimaksih dok atas jwban ny.

Anonymous said...

Assalamualaikum.
Maaf dok sblum ny, saya perempuan berusia 24th, saya mengalami batuk dahak berdarah, tpi darah ny cma sdkit & tdk sllu berdrah saat batuk, sblum batuk saya mengalami demam, setelah 1 minggu demam, batuk & pilek, trnyata batuk saya berdarah, kira2 saya mengalami sakit yg cukup parahkah dok?, saya takut terkena TBC.
Trimaksih dok atas jwban ny.

Anonymous said...

Sebagai sebuah antisipasi agar batuk berdarah tidak semakin memburuk, melakukan pemeriksaan dini menjadi salah satu pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kelainan yang terjadi dalam tubuh. oleh karena itu, memahami dan mencari tahu penyebab batuk berdarah adalah jalan keluar terbaik yang harus dilakukan.

Penyebab Batuk Berdarah

Terjadinya infeksi pada saluran pernapasan yang menjadi penyakit seperti TBC, bronkiektasis, abses paru, pneumonia, aspergillos.

Batuk berdarah menandakan adanya tumor dalam tubuh seperti tumor karsinoma paru dan bronchitis atau kanker paru

Adanya penyakit kardiovaskuler seperti ruptur aneurisma toraksis, mitral stenosis, maformasi arteriovenous

Adanya peradangan dalam paru-paru karena terinfeksi kuman tuberculosis. Apabila adanya tanda ini perlu diketahui bahwa penyakit ini perlu dihindari karena bisa saja menular dan tersebar melalui udara.

Penyebab batuk darah masih berhubungan dengan sistem pernapasan yaitu adanya kelainan pembuluh darah pada paru-paru.

Penyebab batuk berdarah bisa saja terjadi karena alasan lain yang tidak berbahaya. Jika darah yang keluar hanya seperti bercak yang bercampur dengan air liur tidak perlu khawatir. Yang perlu dicemaskan dan harus segera mendapatkan tindakan adalah ketika darah yang keluar dalam jumlah banyak dan disertai dengan gejala lainnya.


Penyebab lainnya adalah karena adanya kerusakan pada lapisan saluran pernapasan yang berdampak pada pembuluh darah yang ada disana juga ikut rusak atau sobek sehingga terjadi pendarahan dan keluar secara reflek ketika sedang batuk.

Ian said...

Halo dokter. Mau tanya kenapa setiap bangun pagi ludah saya ada darah sedikit ( biasa setelah sikat gigi ampas hasil sikatan ada darah ) saya sampe banyak pikiran dan kadang sesak. Penyebabnya apa? Untuk tubuh tidak demam dan merasa fit

Anonymous said...

assalamualaikum dok saya ahmad saya berumur 16 tahun pada saat itu saya batuk sperti biasa dan pada saat saya batuk dengan kencang tiba tiba pada batuk saya ada darah yang keluar dan rasa nyeri pada dada saya ini terkena penyakit apa dok

Unknown said...

assalamu'alaikum dok, saya havidh ardika. usia saya 16 tahun.
pada suatu malam, selekas saya melaksanakan sholat maghrib saya merasa sangat gerah hingga saya mengucurkan keringat yg cukup banyak. setelah kegerahan tersebut, saya merasa seperti kesemutan dibagian tubuh atas. setelah itu saya merasa pening. ditengah pening yang saya alami saya BAB karena sudah tak tahan. ketika BAB saya sempat batuk, saya batuk sedikit mendorongnya, lalu saya membuang ludahnya. saya tidak menduga, karena ludah saya terdapat darah. penyakit apa itu dok?

Unknown said...

Maaf dok saya Ainul. usia saya 19 Tahun.
tubuh saya terasa biasa saja, tp tenggorokan saya terasa serik kalau pagi. dan setiap saya dahak pasti bercampur darah yang berwana kehitaman.
itu termasuk sakit apa ya dok ?
dan Apa penyebabnya ?

Anonymous said...

Penyebab dahak berdarah tanpa batuk lainnya adalah adanya masalah dalam saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri atau virus, tumor atau kanker, sakit maag yang parah (erosive), luka pada lambung (ulcus pepticum), atau luka/radang pada kerongkongan. Dahak berdarah tanpa batuk ini dikenal dengan nama hematemesis (muntah darah), dan biasanya didahului oleh adanya aliran balik dari pergerakan saluran pencernaan. Darah yang keluar dapat tercampur oleh sisa makanan, dan warna darah yang dimuntahkan bisa merah segar atau kehitaman. Jika darah yang keluar berwarna kehitaman, biasanya terjadi gangguan pada lambung, karena darah sempat bercampur dengan asam lambung. Sedangkan jika darah yang keluar berwarna merah segar, menandakan bahwa darah tidak sempat bercampur dengan asam lambung.

Titik cahaya said...

Pagi dokter saya remaja usia 16 tahun, pagi itu saya batuk dan muntah mengeluarkan darah dan lendir sorenya juga muntah lagi tetapi hanya ada sedikit bercak darah, malamnya pun muntah lagi dan ada bercak darahnya kira- kira itu gejala penyakit apa ya dok?

Unknown said...

Dear Dok,

Saya Amel usia 28th, Dok saya sudah hampir 2bulan kurang lebihnya batuk kering dan sudah berobat hanya dikatakan batuk karena flu dan radang karena sebelumnya saya flu. Saya minum obat semacam sirup seperti OBH, Siladex dan lainnya udah campur aduk jenis obat batuk semacam sirup karena batuk tidak berhenti bahkan kalau sudah malam hari sangat mengganggu dan sulit tidur pulas karena batuk tidak berhenti. Beberapa hari ini batuk mengeluarkan bercak gumpalan darah, dua tiga kali batuk ada gumpalan darah, selama batuk ini saya merasa berat badan menurun nafsu makan agak berkurang pada saat batuk dada terasa sakit dan muka saya memerah karena batuknya kering dan terasa sakit dibagian perut.

Dok, boleh info nya apa yang harus saya lakukan dan apa solusinya karena saya agak takut untuk check up ke rs untuk ronsen.

Terima kasih Dok atas perhatiannya.

With Sincerely,
Amelia

harry said...

Salam dok.
saya pria 42 tahun, saya perokok. yang saya ingin tanyakan, kenapa setiap habis makan yang kenyang mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Setelah dahak keluar, rasaynya dada ini plong. Agak abu2 warnanya dan sangat kental sekali seperti lem kanji. Apakah berbahaya dok ?.
Demikian dok, atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.


Harry, jakarta.

Unknown said...

Assalamu'alaikum dok , saya ingin bertanya. Saya sudah beberapa kali dahak berdarah tanpa di sertai batuk , jadi setiap saya mengeluarkan dahak pasti ada darahnya bercampur atau pun tidak. Itu penyakit apa dok? Saya pernah di diagnosa oleh dokter antara TBC atau radang tenggorokan. Sebenarnya ini penyakit apa dok? Di tunggu jawabannya ya dok. Terimakasih

Anonymous said...

Dok mau tanya saya kalo dahak kok ada darahnya dok padahal saya tidak batuk dan saya merasa tidak ada keluhan apapun.. kalo saya coba dahakin dan saya liha ada darahnya dok..

Unknown said...

saya mengalami batuk berdarah setelah bangun tidur.. itu tandanya gejala apa dok

Unknown said...

saya mengalami batuk berdarah setelah bangun tidur.. itu tandanya gejala apa dok

Anton Rahman said...

saya umur 38 tahun setiap pagi bangun tidur sudah 4 hari ini mengeluarkan dahak bercampur dengan darah yang berwarna merah kecoklatan dan kalau buang ingus ada juga darah sedikit...setiap pagi aja memang saya lagi flu dan sering sekali sakit kepala menurut dokter itu gejala penyakit apa ya...

Privacy said...

Dok saya pria usia 27 th,dulu saya perokok tapi sudah berhenti kurang lebih 2 th,stiap saya terkena sakit batuk saya sering mengeluarkan bercak darah sedikit didalam lendir,dada saya tidak sesak,nafsu makan saya jg tidak menurun,tapi saat saya sembuh batuk tidak ada lagi bercak darah,kira2 saya terkena penyakit ap dok?

GAMING said...

Dokter kenapa saya muntah terus pas selesai muntah saya buang dahak/ludah ada darahnya kenempel sama di ingus

Masteriuz NG said...

dokter sya 27 tahun sering mimisan dan ketika buang dahak juga selalu bersamaan dengan darah segar dok dalam jumlah banyak terpisah dengan dahak.. apakah ada luka di dalam rongga hidung dan tenggorokan dok?

Unknown said...

Pagi dok,saya maw bertanya,,dalam 2 minggu ini suami saya kalaw membuang dahak selalu disertai darah kental kehitaman.,dia taidak batuk,,namun katanya seperti ada yg mengganjal ditenggorokn..seperti dahak yg susah dikeluarkan,,yg maw sya tanya,,suami saya sedang sakit apa dok? Dn apa solusinya? Jwbn doktersgt sya harpkn. Terimakasih

Unknown said...

Pagi dok,saya maw bertanya,,dalam 2 minggu ini suami saya kalaw membuang dahak selalu disertai darah kental kehitaman.,dia taidak batuk,,namun katanya seperti ada yg mengganjal ditenggorokn..seperti dahak yg susah dikeluarkan,,yg maw sya tanya,,suami saya sedang sakit apa dok? Dn apa solusinya? Jwbn doktersgt sya harpkn. Terimakasih

Unknown said...

Ass..
Saya miana umur 15 tahun saya kemarin habis sakit dok badan panas sakit kepala seharian gak reda reda..terus mnum obat besoknya tenggorokan saya sakit kalo nelan makanan atau minuman ..terus gak batuk tapi berdahak dok terus dahak nya itu kental dok keluar bercampur darah warna nya itu kepink pink an dok..kira kira itu apa yah dok ??
Tolong dibantu dok..
Terimaksih..

princes said...

Haii dok,
Saya mengalami sakit tenggorokan dan menurut saya itu adalah radang tenggorokan karena penyakit saya sebelum ke evelyn nya jika tenggorokan sakit adalah radang tenggorokan. Tapi kenapa baru kali ini dok saat saya menelan itu rasanya sakit dan saat saya mengeluarkan dahak itu ada darahnya namun sedikit, kira-kira saya sakit apa ya dok? Apakah hanya karena radang tenggorokan? Trims dok

princes said...

Haii dok,
Saya mengalami sakit tenggorokan dan menurut saya itu adalah radang tenggorokan karena penyakit saya sebelum ke evelyn nya jika tenggorokan sakit adalah radang tenggorokan. Tapi kenapa baru kali ini dok saat saya menelan itu rasanya sakit dan saat saya mengeluarkan dahak itu ada darahnya namun sedikit, kira-kira saya sakit apa ya dok? Apakah hanya karena radang tenggorokan? Trims dok

edo said...

dok boleh tanyak dok....saya penderita asam lambung ludah saya sering keluar,dan kadang keluar dahak....akhir akhir ini saya sudah tiga kali mimisan dan keluar darah dari mulut darahx seperti dahak tapibwarna merah kehitaman...padahal saya tidak batuk...tpi keluar darahx ber angsur asur sedikit...yg pertama 5 dahak darah yg terakhir cuma 1...darah cairx sedikit...disertai mimisan

Unknown said...

AssalamuAlaikum Dok, sy Ingin Menanyakan Tentang Kondisi yg saya alami,
Sy berumur 33 tahun dan Sy Baru Kali Ini Mengalami Hal Ini,
Hari pertama Saya Tiba2 Batuk dan Keluar darah disertai Mimisan, dan Itu terjadi Beberapa Saat... Darah Yg Keluar Menggumpal.
Hari Ke 2 tdk terjadi Apa-apa lalu Hari Ke 3 tepat di Pkl 15.00 sy Kembali Batuk disertai Mimisan Dng Kondisi Keluar darah Yg Juga Menggumpal.
Ini terjadi Setelah Sy Kembali Trip dari Bromo. Yg Memang Kondisi Cuaca Nya Sangat Dingin dan Saat Itu sy Memang Tidak Tidur semalaman.
Tolong Pencerahannya Dok.. Trimakasih.