Tuesday, May 17, 2011

Dahak Mengeluarkan Darah

Assalamu 'Alaikum,
Saya pria umur 27 tahun tinggi badan 160 cm berat 63 kg, saya ada masalah dalam tenggorokan saya. Apabila saya batuk dan mengeluarkan dahak, maka akan keluar darah. Untuk gambaran, apabila dahak saya yang terbuang kira2 berdiameter 4 cm, maka akan terlihat percikan2 darah yang masing2 mempunyai panjang kira2 3-6 mm. Ada sekitar 5-6 percikan darah. Tetapi tidak merasakan apun keluhan.

Saya mengalami hal ini sudah 2 kali. Sebelumnya 3 tahun yang lalu (tahun 2001) pernah juga mengalami hal yang sama. Dan hal ini terjadi apabila sebelumnya saya mengalami Flu berat dan di lanjutkan dengan batuk.

Untuk itu saya ingin menanyakan beberapa hal :

1. Menurut dokter kira2 penyakit apa yang saya derita?
2. Bagaimana mengatasinya? Apa ini termasuk TBC?
3. Saya pernah baca artikel tentang kesehatan, bahwa yang saya derita hanya gesekan
di dalam tenggorokan saya sehingga menimbulkan darah pada saat batuk.
4. Apa yang harus saya lakukan? dan Meminum Obat apa?
5. Apa harus di biopsi dulu untuk mendeteksi penyakit ini?

Terima Kasih

-ricky-

Jawaban:

Waalaikum salam wr.wb.

Saudara Ricky yth, sebelumnya saya mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan saudara.

Batuk darah dalam dunia kedokteran disebut hemoptisis. Setiap batuk darah dalam dunia medis selalu dianggap serius dan perlu diteliti lebih lanjut, sampai terbukti bahwa batuk tersebut tidak disebabkan oleh masalah serius. Masalah serius yang paling sering adalah kanker paru dan TBC.

Batuk darah bervariasi dari bercak darah sampai batuk darah yang mengeluarkan banyak darah.

Penting untuk menentukan apakah darah berasal dari saluran pernapasan atau nasofaring (perbatasan antara pangkal hidung dengan ujung saluran cerna) atau saluran cerna. Untuk membedakan hal ini perlu pemeriksaan mulut dan tenggorokan untuk mencari perdarahan lokal seperti mimisan, perdarahan gusi, radang tenggorok yang mungkin menyebabkan sedikit bercak darah pada dahak.

Secara umum penyebab batuk darah ini ada 3 kelompok yaitu infeksi, tumor, dan kelainan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah). Infeksi merupakan penyebab yang sering ditemukan antara lain berupa TBC, bronkiektasis dan abses paru.

Melihat penuturan saudara, bahwa darah hanya sedikit dan terjadi setelah flu berat dan sangat jarang terjadi, saya memang lebih cenderung bahwa sumber perdarahan adalah radang tenggorok, sebagaimana saudara baca di artikel kesehatan. Bila memang benar ini, tindakan yang sebaiknya dilakukan adalah mencegah agar tidak menderita flu atau radang tenggorok yang lanjut/berat. Pengobatan dini dan peningkatan daya tahan tubuh dapat membantu mengurangi gejala flu.

Namun, sebaiknya saudara tetap pergi ke dokter untuk memastikan tidak ada kelainan yang serius, anggap saja sebagai medical check up. Dokter akan membuat rongent paru untuk menyingkirkan kelainan paru. Obat apa yang perlu diminum tergantung penegakkan diagnosa. Biopsi hanya dilakukan apabila terdapat kecurigaan ada tumor, guna menentukan jenis tumor.

Demikian jawaban saya, terima kasih atas pertanyaannya, semoga dapat menjawab permasalahan saudara. Bila masih ada yang belum jelas, jangan enggan untuk bertanya kembali.



(dr. Edi Patmini)

8 comments:

DevilxCry said...

halo dok.
saya mau tanya soalnya saya batuk berdahak juga tetpi darah itu menempel di lendir dok saya kebingungan sma was was juga.
umur saya 23 tahun dok.
kira-kira penyakit apa ya dok.
sebelumnya saya sakit radang tenggorokan.

nezta marley said...

pagi dokter,saya mau tnya dada saya rasanya sakit bgt gt sesak panas,trus tenggorokan saya kayak ada sesuatu yg mengganjal dok lendir putih kental yg selalu saya keluarkan dan susah bgt untk di keluarkan kayak menempel trus gt di tenggorokan. klu malam saya selalu gak bisa tdur krn sgt menyiksa tenggorokan kyk di cekik gt .sesak banget. dada saya juga skt dan trasa panas low kena angin/dingin. .. penyakit apa kira-kira itu dok? dan apa yg harus sy lakukan un tk mencegahnya ? terima kasih bnyk dokter saya tggu jawbny

hendar apyonk said...

halo dok.
saya mau tanya,tadinya gusi bengkak,apabila pipi dalam tergigit akan bengkak keluar seperti sakit gigi,,
didalam mulut terasa panas,,makan dan minumpun sakit di tenggorokan.
setelah seminggu keluar seperti nanah bercampur darah..dan sampai sekarangpun masih sakit kalau habis makan,,apalagi makan yang pedas
pasti keluar darah campur dahak..
apa itu radang tenggorokan??iritasi,amandel??
saya udah minum antibiotik tapi tetep aja keluar darah campur dahak.
gimana itu dok??
terimakasih dok saya tunggu jawabannya..

didien saprudien said...

Assalamu'alaikum...

Dok saya merasa tenggorokan saya gatal ketika saya terlalu sering aktivitas dan bisanya terasa sebelum tidur... dan pernah saya mengeluarkan dahak... tapi ada darahnya sedikit... ini kenapa ya dok.. dan cara mengobatinya bagaimana?

Anonymous said...

assalamualaikum dok,saya perempuan berusia 21 thn,sbelumnya saya bekerja d industri produksi 2 thn,skrg sya mahasiswa,dulu stelah hampir 2 thn saya mengalami batuk yang di sertai dahak ada sedikit darahnya,tp cuma sekai kluar dahak yg ada darahnya, bdan sya demam,tp gusi saya gak berdarah..saya priksa k dokter umum ktany saya skedar radang tenggorokan,saya mnum obat dr dkter it alkhmdllah smbuh,tp stelah smbuh ya kambuh lagi hampir 3x dalam 3thn ini,kadang gusi saya gk ad angin gk ada hujan malah juga berdarah ...yang saya tanyakan kira-kira saya sktnya ap Dok?triima kasih ,,,saya sangat menunggu jawabannya?

AHMAD HUSEIN said...

Halo dok,saya mau tanya sudah empat hari sya menderita sakit cacar air,saya sudah berobat tapi tak sembuh juga,penyakit saya sudah komplikasi belum sembuh cacar air sudah datang penyakit lain yaitu sakit menelan dan batuk berdarah.apa yang harus saya lakukan untuk penyakit saya ini dok ? trima kasih.

kaNg beNz said...

selamat sore dok, saya mau konsult. saya seorang perokok. tadi sudah seminggu lebih flu tapi hanya hidung mampet. pas tadi saya mengeluarkan dahak tiba2 dahaknya berdarah.
itu kira2 penyakit apa dok, dan bagaimana cara menangulanginya.
saya mohon jawabanya dok.
terimakasih sebelumnya.

rani yuni said...

Halo dok.
Saya mau bertanya, terkadang sewaktu flu baik batuk maupun pilek dahak mengeluarkan sedikit darah. Itu kira 2 knp ya dok ? Mohon jawabannya. Terima kasih .