Pages

Wednesday, September 1, 2010

Haid Sebelum Waktunya

Dokter yang terhormat,

Ini pertama kali saya konsultasi, saya mau tanya, saya sekarang ini ada
masalah dalam siklus haid saya.
Sebenarnya siklus haid saya tiap bulan teratur, tapi ceritanya begini,
bulan Maret yl saya haid tgl 24 dan berakhir di tgl 28 Maret, tapi
di bulan april ini saya sudah haid lagi tgl 10 April ini. Sebelumnya
seminggu terakhir perut bawah saya bagian kiri (gak tau rahim or
kantong kemih) sakit jika saya melangkahkan kaki kiri saya.
Namun sebagai informasi untuk dokter, setelah saya selesai haid (tgl 28
Maret yl), saya melakukan hubungan intim dengan pacar saya tapi memakai
kondom (pd tgl 29 Maret). Nah, apakah hal ini mempengaruhi siklus haid
saya, atau ada flek di di rahim saya atau saya hamil atau ada hal lain
yang tidak familiar untuk saya?

Siklus haid saya biasanya bisa 28 hari or 24 hari.

Saya mohon jawaban dan keterangannya ya dok. Terima kasih.
-Ade-

Jawaban:
Ade,
Sayangnya Ade tidak menyebutkan apakah haid yang sekarang itu darahnya sama banyak atau hanya sedikit dan apakah disertai dengan adanya rasa sakit atau bau yang tidak biasanya. Dengan keterangan yang hanya sekilas bahwa ada perdarahan per vagina di luar siklus dan terjadi 11 setelah melakukan hubungan seksual, serta disertai adanya nyeri perut bawah bagian kiri maka dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan yang bisa saling berkaitan bisa juga tidak.

Perdarahan yang disebabkan karena adanya kehamilan dapat terjadi secara normal pada lebih kurang hari ke 13 setelah terjadi pembuahan, yaitu ketika telah terbentuk darah janin sementara janin belum tertanam benar dalam rahim.

Kemungkinan yang lain adalah terjadinya keguguran. Untuk kemungkinan ini dapat diikuti dengan sakit perut bawah karena adanya kontraksi rahim. Untuk memastikan adanya kehamilan ini, Ade bisa saja melakukan tes kehamilan dengan menggunakan alat tes yang banyak dijual bebas. Hanya, menurut perhitungan, jika siklus Ade 24 hari dan hari pertama haid tanggal 24 Maret, maka tanggal 29 Maret bukan merupakan masa subur, yang artinya tidak akan terjadi kehamilan karena tidak ada sel telur yang siap dibuahi.

Kemungkinan yang lain adalah adanya infeksi pada vagina, leher rahim, rahim, saluran rahim atau indung telur yang dapat juga memberikan keluhan sakit perut di bagian bawah. Selain itu infeksi saluran kemih juga dapat memberikan keluhan sakit pada perut bagian bawah, namun tidak akan menimbulkan perdarahan per vagina.

Penggunaan kondom memang dapat menghindari kehamilan dan terjadinya penyakit hubungan seksual (meski tidak 100 %). Namun, ini tidak dapat menghindari timbulnya rasa bersalah atau ketakutan terjadi dampak negatif yang tidak diinginkan, seperti hamil atau ditinggal pacar atau terkena penyakit hubungan seksual, dan lain - lain. Apalagi bila hubungan seksual di luar nikah ini dilakukan pertama kali. Kegelisahan ini dapat mempengaruhi pusat hormon di otak sehingga terjadi gangguan keseimbangan hormon yang pada akhirnya mengganggu siklus haid. Haid dapat datang lebih cepat atau lebih lambat.

Jika Ade masih mengalami haid dengan perdarahan yang banyak dan nyeri perut, tentunya Ade sudah pergi ke dokter untuk meminta pertolongan. Tetapi bila perdarahan telah berhenti, lakukan tes kehamilan. (Dalam 2 minggu setelah keguguran tes kehamilan masih dapat positif). Bila positif, pergilah ke dokter kandungan untuk memeriksa apakah perdarahan yang terjadi merupakan keguguran atau perdarahan yang normal terjadi pada masa kehamilan awal.

Bila negatif, coba perhatikan siklus Ade dua bulan mendatang. Jika masih terdapat gangguan haid sebaiknya memeriksakan diri. Bisa jadi terjadi penyakit yang tidak ada hubungannya dengan aktivitas seksual Ade, yang memerlukan penanganan lebih lanjut. (Misalnya adanya polip, myom, dan lain-lain).

Kira-kira demikian jawaban saya. Semoga dapat menjawab apa yang menjadi ganjalan di hati Ade.

Terakhir, saya ingin sampaikan berfikirlah sebelum bertindak. Jangan hanya bertindak karena perasaan saja. Telah banyak kasus baik yang bertanya di rubrik ini atau yang datang di tempat saya bekerja, berbagai dampak negatif hubungan seksual di luar pernikahan. Berbagai alasan perempuan mau melakukan hal tersebut, termasuk ketakutan ditinggal pacar, akhirnya malah berakhir dengan laporan di kantor polisi ketika pacar akhirnya malah betul-betul meninggalkan perempuan tersebut.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Salam,
Â
(Dr. Edi Patmini SS)

11 comments:

fuad said...

isatri saya haid tanggal 3 - 9 des ,,,terus kluar noda tnggal 24 des hari pertama merah terus besok nya coklat ,,,itu tanda hamil atau bukan?

NitaNnnn said...

Siang dok.....kebetulan pendatang baru nih di forum ini..
hari ini q gk bisa shlat karna da drah di clana dalam q, q pkir itu darah haid, tapi sebenarnya ini hari blum tgl mentruasi q, itu bener darah haid apa bukan ya bun??biasanya tangal haid q jatuh pada tgl 26
Mohon penjelasan nya dok

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Siang dok... saya M seminggu sebelum waktunya... dan kali ini saya agak sakit perut ... saya baru menikah dan ingin sekali punya anak ... gimana ya carany

Unknown said...

Siang dok... sya haid bulan kemari tgl 26 nov smpai 30 nov sdah berhenti... tp ini ko sya ada flex ya cuma sedikit.. apakah itu normal.sya berumur 27th dan baru melahirkan 10bln yg lalu

Unknown said...

Siang dok... sya haid bulan kemari tgl 26 nov smpai 30 nov sdah berhenti... tp ini ko sya ada flex ya cuma sedikit.. apakah itu normal.sya berumur 27th dan baru melahirkan 10bln yg lalu

hannah lovelia said...

Tolonh jawab ya klau ada yg tahu..sya seorg ttc (trying to conceive)..sya subur cd 29-cd 31..jdi cd32 ialah dpo 1..smpai cd35 iaitu dpo 4 sya telah turun haid..mula skit ingtkn spotting,tpi hri kedua makin bnyak mcm haid biasa..adakh normal haid turun seawal dpo 4?sbab sbelum ni pling awal haid dpo 12 dan pling lmbat dpo 15..

rara said...

Sore dok..
Saya mau tanya donk.
Begini dok maren saya kn haid.tak liat kluar darah nya sedikit trus saya mandi sambil keramas..abis itu seharian tak liat lagi gak kluar darah malah kluar nya flek warna hitam..kenapa ya dok bisa begitu.tolong jelasin dok.makasi

rara said...

Sore dok..
Saya mau tanya donk.
Begini dok maren saya kn haid.tak liat kluar darah nya sedikit trus saya mandi sambil keramas..abis itu seharian tak liat lagi gak kluar darah malah kluar nya flek warna hitam..kenapa ya dok bisa begitu.tolong jelasin dok.makasi

Unknown said...

Malam dok,, saya seorang istri,, haid saya tidak teratur setelah menikah. Biasanya saya haid akhir bln sekarang menjadi lertengahan bulan,, haid kali ini tidak lancar baru 3 hari haid sudah berhenti,apakah saya hamil,atau
knp dok mohon penjelasannya??

Unknown said...

selamat malam dok sy mau konsul,udah brp minggu ini sy mrsakan g enk di perut pundak terasa pegal trus kl liat makanan seperti siomay ko sy langsul mual apalagi ngebayangin mkm somay lgsung mual,tp sy msh takut untuk tespek krn sblmny bnyk kcewa,cm haid sy dl bln trakhir ini normal awal bln desember tgl 18 sy haid lalu januari tgl 13 sy haid dan bln februari ini tgl 10 dn dibln februari ini sy haid hny 2 hri di hr pertmn haid kluar tdk trllu bnyk tdk sprti haid dibln januari bnyk dihr prtmb smp sy gnti pmbalut smpai 5x tp bln februari hny 2 hr dan hr ketiga sy pk pmbalut sdh tdk kluar cm kl buang air kcl sy bilas lalu sy lap dg tisu ad sdkt bks ny,tp dg kondsi yg sy alami skrg sy g tau dok hamil atau bukan krn sy sgt skli berhrp hamil,dan nafsu mkn sy pun bertmbh dan kdg sk ngrsa lelah kl jl menaiki tangga kbetuln sy krj ny sk naik tangga gt dok aplgi mlm yg td ny kl mlm sy g prnh mkn tp sdh brp hri ini mkn trs mohon pnjelasanny dok sy hamil,dan di bagian perut bawah sy smp skrg ini terasa pegel kram sprti org mau haid mohon pnjlsnny dok trimakasih slmt mlm