Friday, September 11, 2009

LEHER DIBAWAH TELINGA BENGKAK

Pagi Dok,
Anak saya umur 5 th 9 bulan mengalami bengkak di bawah telinga sebelah kanan sudah 5 hari. Dua hari yg lalu badannya demam sama dokter anak diberi obat infeksi dan demamnya hanya 1 hari. Sekarang bengkaknya masih ada. Apa penyakit anak saya dok? Bisakah dibawa ke dokter THT? Terima kasih sebelumnya

Selamat Malam ibu...
Sesuai keterangan datas, pembengkakan di bawah telinga sebelah kanan seperti yang ibu maksud, mungkin adalah pembengkakan kelenjar limfe (getah bening). Kelenjar limfe dikatakan membesar apabila ukurannya lebih > 10 mm. Selain ukurannya yang membesar, perlu dilakukan pemeriksaan apakah terdapat nyeri tekan atau tidak, jumlah kelenjar satu atau lebih, dan apakah ada perlekatan satu dengan yang lainnya. Pembesaran kelenjar limfe biasanya terjadi akibat penjalaran penyakit di sekitarnya. Pada anak, pembesaran kelenjar limfe daerah leher biasanya disebabkan oleh peradangan di daerah tonsil ( istilah awam AMANDEL), yang ditandai dengan demam, nyeri menelan bahkan dapat disertai batuk dan pilek. Pada kasus ini, pembengkakan akan menghilang sendiri seiring dengan penyembuhan penyakit. Namun harus diwaspadai juga infeksi dari regio sekitarnya, misalnya infeksi telinga, bahkan TBC. Saya menyarankan ibu untuk kembali memeriksakan diri ke dokter anak, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

13 comments:

Anonymous said...

Dok,bagian telinga saya juga tiba tiba membengkak.
Tepatnya bagian perbatasan wajah dengan telinga sebelah kiri. Rasanya nyeri kalau ditekan. Sudah diberi obat anti bengkak oleh dokter tetapi bengkaknya tetap semakin membesar berwarna merah keunguan.
Apakah berbahaya dok?

Anonymous said...

fgdsfg

Anonymous said...

slamt pgi dokter...
ni,tnte sya ktx kmrn kna kanker kelnjar.getah bening tp sdh oprasi...tp mslhx dokter,stlh oprasi bknx tmbh enk bdn tp mlh bdanx tersa berat,pucat,sring pusing n BBx turun trz...apa berbahaya y dokter?kira2 knapa y?trimakasih

tantan said...

dokter, sy erlan 36th bandung
tolong dokter,…sudah 2 bulan saya bab berlendir, ada wasir dalam dan keluar waktu bab, perut kembung, perut banyak gas dan keluar lendir sebelum bab, sy udah ke dr bedah umum ktnya wasir dalam dikasi obat anadium dan anusol, kemudian sy beobat ke dr internis di cek darah dan fases normal, munurut dokter penyebab selalu buang angin dan keluar lendir sebelum bab itu, karna wasir atau bakteri?, obat yg saya minum sekarang radium, enziform, dam obat untuk perut kembung…,klo penyakit sy belum sembuh sebaiknya menurut dokter gmn, dokter yg harus sy datangi dokter apa? dokter bedah umum atau dokter internis, makasih dokter

tantan said...

dokter, sy erlan 36th bandung
tolong dokter,…sudah 2 bulan saya bab berlendir, ada wasir dalam dan keluar waktu bab, perut kembung, perut banyak gas dan keluar lendir sebelum bab, sy udah ke dr bedah umum ktnya wasir dalam dikasi obat anadium dan anusol, kemudian sy beobat ke dr internis di cek darah dan fases normal, munurut dokter penyebab selalu buang angin dan keluar lendir sebelum bab itu, karna wasir atau bakteri?, obat yg saya minum sekarang radium, enziform, dam obat untuk perut kembung…,klo penyakit sy belum sembuh sebaiknya menurut dokter gmn, dokter yg harus sy datangi dokter apa? dokter bedah umum atau dokter internis, makasih dokter

Yantee said...

Dok, saya cek darah hasilnya T3 Bebas hasil 3.140 sat pg/ml nilai rujukan 2.000- 4.000
T4 bebas hasil 1200 sat ng/dl NILAI RUJUKAN 0.930 - 1.700
TSH sensintif Hasil 1.860 SATUAN uIU/ml NILAI RUJUKAN 0.270 - 4.200, artinya sy mengidap hypertyroid atau HipoThyroid?
Thxs.

mizzz_u_ciii said...

dok,telinga saya sekitar dua minggu yang lalu berdengung,kemudian saya kasih tetes telinga selama 3 hari dan membaik..tetapi sekarang sudah dua hari ini telinga rasanya bengkak, nyut nyutan, bila terpegang sedikit rasanya sakit sekali..apa yang terjadi dengan telinga saya dok?apa obatnya untkuk keluhan tersebut?

tsana kamelia aini said...

dok saya mau tanya leher saya mengalami pembengkakan tidak terasa sakit semakin hari semakin banyak, selai itu saya suka mengalami sesak nafas seperti tercekik dan liver saya suka bengkak, pada malam hari badan saya selau demam . itu kenapa yah dok?

Unknown said...

dok, anak saya umur 5thn 9bln, mengalami demam, batuk pilek, leher bawah telinga kiri kanan bengkak, sakit kalo di tekan dan mulut berbau tidak sedap sudah ke dokter katanya radang tenggorokan dan di beri obat setelah 2hari demam batuk pilek reda, bengkak mengecil tapi bau mulut tidak hilang, kenapa ya dok... terima kasih

Fajar Ramadhan said...

Dok saya jga bagian bawah telinga kiri saya sedikit membengkak tapi tidak menimbulkan warna ungu atau biru, itu terjadi setelah saya merasa amandel saya sakit saat menelan.
apakah berbahaya?

tamrin said...

dok, udh 3 bln dibawah telinga saya bengkak, tiap hari bengkakx semaking menonjol. sudah diberi obat tpi tdk ada reaksi, bagaimna dik apakah berbahaya dgn telinga saya,,?

erni budiman said...

Dokter 2 hri yg lalu anak saya usia 3 thun skit panas,trus sya bawa ke dokter alhmdllh 2 hri mereda trus mlamnya stiap tertidur dri bangun nangis dan mengeluh telinganya sakit di tambah bagian leher seblah kiri bengkak,sakit apa ya dok anak saya..mohon infonya untuk keluhan sakit seperti anak saya..trimksih bnyk dok seblmnya

Anonymous said...

Di belakang telinga biasanya muncul benjolan berukuran besar atau kecil. Penyebabnya mungkin bisa macam-macam dari kasus yang ringan hingga yang membutuhkan bantuan medis. Berikut ini beberapa penyebab munculnya benjolan di belakang telinga:

Pembengkakan Kelenjar Nodes

Munculnya benjolan di belakang telinga umumnya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terletak di beberapa bagian tubuh, antara lain leher, pangkal paha, ketiak, panggul dan perut. Kelenjar ini memiliki sistem kekeblan tubuh dan melawan infeksi serta membuang sampah sel dari tubuh.

Pembesaran getah bening di belakang leher biasanya disebabkan infeksi luka dan abses gigi. Biasanya kondisi ini bukan hal yang serius, namun dalam beberapa kasus pembengkakan kelenjar getah bening membutuhkan perawatan medis bila tidak mereda dalam beberapa hari.

Kista sebasea

Benjolan di belakang telinga juga bisa disebabkan oleh kista sebasea. Kista ini mengandung protein keratin yang berbau busuk. Penyebabnya, pembengkakan folikel rambut atau trauma kulit. Kista jenis ini biasanya bisa menghilang sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan. Tapi, jika kista terinfeksi maka bisa menyebabkan abses yang mengakibatkan inflamasi dan penderita harus segera diobati.

Mastoiditis

Bagian belakang telinga terdapat tulang mastoid. Infeksi pada tulang mastoid akibat mostoiditis menyebabkan daerah di belakang telinga membengkak dan menonjol dari kulit. Biasanya benjolan disertai nyeri telinga, demam, berkuarangnya pendengaran, dan kemerahan pada telinga.

Penyebab Serius Benjolan belakang Telinga

Beberapa benjolan di telinga menunjukkan kondisi yang serius pada kesehatan Anda. Penyebab yang paling mengerikan adalah kanker. Misalnya benjolan yang disebabkan oleh kanker kepala dan leher disertai dengan sakit tenggorokan, sulit menelan, dan suaraserak. Terkadang kanker kelenjar ludah juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan di belakang telinga. Kondisi ini disebut dengan kanker lehar metastatik skuamosa.