Friday, September 11, 2009

PENYEBAB SEL TELUR KECIL

Dok, usia saya 39 tahun. Lima tahun yang lalu pernah hamil 1 bulan tapi keguguran dan tidak dikuret karena menurut dokter sudah bersih.Saya udah tes hormon fertilitas hasilnya sbb. : LH 2.88, FSH 6.97, Prolactin 19.64, ekstradiol 51. Tes hormon dilakukan setelah mens selesai 3 hari. Kemudian pada masa subur hari ke 14 setelah mens saya di usg-v hasilnya sel telur saya kecil. Yang ingin saya tanyakan adalah :
1.Bagaimana menurut dokter hasil tes hormon saya ?
2.Apakah ada perbedaaan apabila tes hormon dilakukan pada saat mens selesai krn katanya biasanya tes dilakukan pada saat mens.
3.Tahapan pengobatan apa yang harus saya lakukan ? dokter saya bilang kalau saya mau program hamil harus benar2 berobat selama 3 bulan. Saat ini saya belum di kasih obat sama sekali karena menunggu mens.
4. Apa penyebab sel telur kecil ?
5. Apakah infeksi saluran telur sama dengan saluran telur sumbat ?
Makasih atas jawabannya ya dok.

Kami coba jawab yah...
1. Hasil test hormon anda pada dasarnya baik saat itu, dan mungkin ada baiknya untuk periksa hormon secara lengkap, yaitu pada saat pertengahan mens, dan sesaat sebelum mens berikutnya...
Hal ini untuk melihat perkembangan hormon anda...
Saat setelah selesai mens, hormon FSH,LH anda baik, hanya Prolaktin relatif tinggi (walau masih dalam kisaran normal) dan estradiol rendah (walau dalam kisaran normal juga)..

Faktor prolaktin ini dapat menghambat FSH, dimana hormon ini sangat penting untuk perkembangan sel telur anda..

2. Pada dasarnya, seperti pernyataan saya diatas, kapanpun dilakukan pemeriksaan hormon, tidak apa, karena nilainya bisa bermakna sesuai waktunya..

3. Tahap pengobatan selanjutnya, kalau menurut saya adalah mencoba mengatur hormon prolaktin anda..bagaimana pendapat dokter anda?
Anda juga dapat mencari pendapat dari dokter lain agar bisa bediskusi lebih banyak lagi, dan mendapatkan pengobatan yang terbaik..

4. Penyebab sel telur kecil biasanya karena ada masalah pada hormon FSH..baik itu di tempat produksinya, atau tempat perangsang peroduksi FSH..ini harus dicari penyebabnya yah...

4. Infeksi saluran telur dapat berakhir dengan tersumbatnya saluran telur...Apakah anda juga mengalami masalah pada saluran telur anda?

Mungkin ini dulu yang dapat saya sampaikan dan sarankan, semoga masih dapat membantu...dan semoga dapat segera diberikan keberhasilan yah...
Terima kasih..

3 comments:

altaifa said...

Hi, mampir aja nih. Hehehe.
Ohya, sekedar info, jika Anda dokter / bidan / praktisi kesehatan, Anda membutuhkan tools untuk manajemen rekam medis. Saya sarankan untuk mengunjungi:

http://altaifa-dev.co.cc/2010/08/doctor-assistant-1-1-aplikasi-untuk-praktek-dokter/

Semoga membantu!

abay said...

dok saya seorang mahasiswa berumur 18 tahun.saya ingin menanyakan dok di bagian ujung penis saya bukan di batang ada benjolan.dan benjolan ini waktu pertama kali tidak terasa apa-apa tapi sekarang lecet dan mengeluarkan cairan bening.penis saya juga jadi sering nyut-nyut'an dok.kira-kira saya kenapa ya dok? dan apa solusinya?
oh ia sperma saya juga kenyal seperti jeli. terima kasih sebelumnya

Anonymous said...

saya usia 22 tahun, belakangan saya mengalami keputihan berwarna putih dan berbentuk seperti lendir dan terkadang ada garis darah juga, karna saya anggap biasa sejak beberapa bulan lalu siklus menstruasi saya berantakan. jaraknya berdekatan. yang paling parang sejak bulan lalu, saya mengalami flek berwarna coklat sampai 2 bulan lebih. setelah dipriksa d dokter umum, diberi transamin dan obat untuk hormonal. beberapa hari akhirnya darah merah yang keluar, tapi konsistensinya sedikit, encer tapi ada juga yang seperti gumpalan2 besar. apa yang seharusnya saya lakukan dok?