Pages

Sunday, July 27, 2014

Solusi Mengatasi Gatal di Buah Zakar Saat Beraktivitas

Selamat siang Dok, saya ingin konsultasi tentang kelainan gatal yang saya alami selama kurang lebih 7 bulan. Daerah badan yang terasa gatal ialah, siku, betis, pangkal paha dan yang paling gatal adalah buah zakar saya. Gatal yang saya alami ini bisa muncul kapan saja dan tak tertahankan, dan semakin hari semakin parah menurut saya. Sudah banyak pendapat dan metode yang saya coba namun sampai sekarang masih gatal.

Scabycid, salep alergi, canesten, daktarin, bedak hyrocin, caladin, bahkan ekstra lotion, sabun mosterizer sudah saya gunakan namun belum ada hasil.

Kondisi daerah yang terasa gatal sekarang (buah zakar) :
- Benjolan kering dan gelap
- Banyak lapisan kering
- Terkadang kulit terasa kaku
- Pada paha kulit mengering dan bintik2

Hal ini sangat mengganggu saya dalam penelitian skripsi saya, apalagi saya sekarang berada didaerah yang sangat susah akses ke dokter kulit dan saya takutkan kondisi saya ini semakin buruk.

Hal aneh yang saya alami ialah ketika saya bergerak aktif/berolahraga, gatal saya ini tidak muncul dibandingkan ketika saya duduk diam, hendak tidur, mandi, dll.

Oh iya gatal ini juga sudah terasa dibagian kelamin saya yang tiba-tiba gatal dan kulit pecah-pecah. Hal yang biasa saya lakukan untuk mengurangi rasa gatal sebelum tidur ialah dengan bantuan minyak caplang (mentol) ke seluruh bagian yang gatal.

Demikianlah yang saya ingin sampaikan kepada dokter, smoga dokter bisa memberi solusi untuk penyakit saya ini.

Salam hormat saya,

Ali

Ali Akbar (Wanita lajang, 21 tahun)
cummankXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 58 kg

Jawaban

Salam Ali,

Foto yang dikirimkan memuat aneka lokasi dengan kelainan berbeda-berbeda sebagian masih ada yang basah. Semua merupakan manifestasi yang sama dari kondisi yang sudah berlangsung cukup lama. Karena kondisi ini dicetuskan oleh banyak faktor maka pengobatan harus memperhatikan semua faktor tersebut. Hindari hal-hal yang dapat membuat kulit kering misalnya terpajan angin kencang dan lama, mandi air terlalu panas, berbagai bahan kimia pada pakaian.

Penggunaan pelembab sangat dianjurkan di atas obat yang dioleskan ke permukaan kulit. Untuk obat yang dioleskan memang harus berkonsultasi dengan dokter yang ada di wilayah Ali. Tidak disarankan penggunaan bedak. Hentikan menggaruk karena saat ini kulit di area tersebut sedang tidak bisa memperbaiki dirinya dengan efektif karena proses yang sudah lama.

dr. Eddy Karta, SpKK

No comments: