Pages

Sunday, July 27, 2014

Pernah Anemia dan Kini Sering Buang Air Kecil, Adakah Gangguan Ginjal?

Dear Dokter, saya tahun 2010 yang lalu pernah dirawat karena anemia dan harus melakukan transfusi darah. Kemudian tahun 2011, saya dirawat karena lambung saya yang akut. Saya sering sekali mual dan sekarang rasa mual saya masih ada, badan rasanya lemas dan tengkuk leher serta pinggang sebelah kiri sakit, perut sebelah bawah juga agak sakit.

Sudah seminggu ini kencing saya sering dan volumenya banyak (warna tidak coklat). Namun sekarang sudah mulai berkurang. Pekerjaan saya lebih banyak di depan komputer (duduk) dan saya hampir tidak pernah berolahraga karena pulang juga sudah larut malam. Sebenarnya saya sakit apa ya Dok? Apakah ada gangguan ginjal? Demikian pertanyaan dari saya atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih.

Rery Hendrawati (Perempuan menikah, 37 tahun)
rery.firabiXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 155 cm, berat badan 55 kg

Jawaban

Dear Rery,

Gejala yang Anda alami tidak khas untuk penyakit ginjal, bisa saja karena anemia berulang, masalah lambung kronis, atau ada masalah kesehatan lainnya. Saran saya sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dievaluasi lebih lanjut. Salam, semoga bermanfaat.

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes

No comments: