Pages

Sunday, May 22, 2011

Haid Terlalu Lama, Normalkah?

Tanya:
Saya mempunyai masalah, yaitu menstruasi yang tidak teratur. Bulan lalu, saya mengalami haid sampai kira-kira 20 hari lamanya (28 Juli- 14 Agustus). Lalu berhenti selama 5 hari, dan kembali haid dari tanggal 20 Agustus sampai dengan 1 September. Saya memeriksakan diri ke dokter kandungan, dan diberi tahu bahwa penyebabnya hanyalah gangguan hormonal.

Saya diberi obat untuk menghentikan haid, tapi haid saya bukannya berhenti malah datang lagi pada tanggal 5-8 September. Setelah itu, saya berkonsultasi lagi dengan dokter kandungan yang lain. Saya diberi obat untuk melancarkan haid, karena katanya ada penumpukan di rahim saya. Haid saya lalu berhenti, dan baru datang lagi bulan berikutnya.

Saya masih lajang, dan sangat khawatir akan kondisi ini. Apakah ada kemungkinan saya terkena kanker rahim, karena menurut yang saya baca, salah satu gejala penyakit ini adalah haid yang tidak berhenti.

mxxx@yahoo.com

Jawab:
Berdasarkan keluhan yang Anda sampaikan, haid yang tidak teratur sejak awal, memang lebih besar kemungkinannya terjadi karena masalah hormonal. Karena pertanyaan yang Anda sampaikan adalah mengenai kanker rahim, maka penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini adalah mengenai hal tersebut.

Yang dimaksud dengan kanker rahim dalam pembahasan ini adalah proses keganasan yang terjadi pada selaput lendir rahim (endometrium) yang dalam dunia kedokteran disebut kanker endometrium.

Sampai saat ini, penyebab kanker belum diketahui dengan pasti. Namun, penelitian menunjukkan bahwa ada kecenderungan penyakit ini terjadi pada wanita berusia di atas lima puluh tahun, yang mempunyai riwayat haid tidak teratur, ovulasi (pelepasan sel telur) tidak teratur, sehingga sulit hamil.

3 comments:

Anonymous said...

Saya mau nanya, saya kalau datang haid selalu teratur dan slalu dalam Waktu kisaran 6-8 hari setiap bulannya. Tapi beberapa bulan ini haid saya cuma datang 3-4 saja tapi masih teratur sih.
Yg jadi pertanyaan saya, Waktu haid yg berkurang dr biasanya ini knp ya ? Dan bisa menyebabkan kemungkin yg buruk gak ?

Mohon balasannya

Anonymous said...

Saya memiliki gangguan haid. Sering sekali haid saya berlgsung hingga 20 hri lamanya. Namun berhnti seminggu kemudian dtg lagi dan berlangsung sebulan lebih lamanya. Skrg haid saya blm behenti selama 3 bulan lbh. Sudh cek k dokter tapi g ad kista ataupun miom, kemudian saya dbri obat, smnggu kmudian td ad prbhan. Malahan haid saya semakin byk.keluar dan berbau amis seperti ikan. Kemudian lendir yang keluar sangat banyk dan kental, bergumpal-gumpal. Dan prt saya kadang-kadang sangat sakut. Tpi kata dokter sblmny, itu hanya gangguan hormon. Bagaimana y solusinya?

Unknown said...

Selamat sore,
Saya mau bertanya
Kalau haid sdh tidak dtg lg bahaya ga ya dokter, pd hal umur saya baru 39 thn, sdh hampir 2 thn sy tdk dapat haid. Mohon jawabanya dan trimakasih