Saturday, July 26, 2014

Konsumsi Chia Seeds Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan?

Di kantor saya sedang banyak teman yang 'tergila-gila' pada chia seeds. Mereka mencampurkannya di salad buah. Katanya sehat, tapi kurang tahu juga sesehat apa. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana nilai gizi chia seeds? Apakah itu baik dikonsumsi orang yang ingin menurunkan berat badannya? Bagaimana cara mengonsumsi chia seeds yang benar agar nilai gizinya tidak berkurang? Kandungan gizinya setara dengan biji-bijian apa saja? Soalnya chia seeds cukup mahal bagi saya.

Intan (Wanita lajang, 24 tahun)
iin_tanXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 155 cm, berat badan 47 kg

Jawaban

Halo Intan,

Chia seed juga sedang nge-trend di negara maju, bersama dengan flaxseed (linseed) diagung-agungkan sebagai 'superfood'. Cara konsumsinya biasanya diblender dengan milkshake, langsung dituang di atas cereal/fruit salad/yoghurt/nasi dan lain-lain. Dua sendok makan chia seed mengandung 139 kalori, 4 gram protein, 9 gram lemak, 12 gram karbohidrat dan 11 gram serat.

Sampai saat ini belum ada research yang menyatakan bahwa chia seed terbukti membantu proses weight loss. Teori chia seed membantu weight loss adalah karena kandungan seratnya yang sangat tinggi, bisa membantu pencernaan dan membuat kenyang tahan lama.

Tapi di samping itu jangan lupa bahwa chia juga mengandung cukup banyak lemak, meskipun 90% merupakan lemak baik (omega 3 nabati). Sebenarnya menurut saya tidak perlu terhisap dengan euphoria chia seed ini, perbanyak konsumsi buah sebagai snack dan makan ikan 2-3x/minggu juga mempunyai efek yang sama.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: