Pages

Saturday, November 1, 2014

Sering Letih dan Anemia, Benar Lemah Jantung?

Dokter, akhir-akhir ini saya merasa ada yang mengganjal di dalam diri saya. Saya merasa sering sekali kecapekan atau terlalu letih, perut agak membesar, dan anemia. Pertanyaannya; apa benar saya terkena penyakit lemah jantung? Apa bahayanya bagi orang seumuran saya? Tolong dijawab karena ini penting bagi saya. Terimakasih.

Nadia Fusions (Wanita lajang, 18 tahun)
dea.sigatsyuXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 159 cm, berat badan 45 cm

Jawaban

Dear Nona Nadia Fusions yang mulia hatinya, terimakasih atas kepercayaannya kepada kami. Langsung saja kita menuju ke diskusi, ya.

Sering sekali kecapekan atau terlalu letih itu belum dapat dipastikan lemah jantung. Sayang sekali Nona Nadia belum menyebutkan aktivitas dan pekerjaan sehari-harinya serta berapa lama aktivitas tersebut dilakukan setiap harinya. Apakah kondisi ini terjadi saat stres, datang bulan, juga belum disebutkan.

Tentang kondisi jantung, silakan untuk menjalani pemeriksaan EKG dan threadmill. Untuk perut membesar, dipersilakan memastikan penyebabnya melalui pemeriksaan USG. Tentang anemia, sayang sekali Nona Nadia tidak menyebutkan hasil pemeriksaan hemoglobin serta darah rutin, sehingga kami belum bisa memastikan apakah anemia ataukah hanya gejala anemia saja.

Nona Nadia, dimensi dan paradigma kesehatan saat ini telah berkembang pesat. Sehingga kesehatan kini telah mencakup multiaspek, yaitu: fisik, mental, spiritual, sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Hal terpenting adalah mindset (pola pikir) tentang diri sendiri yang baik dan benar didukung oleh hati dan jiwa yang sehat.

Melihat usia Nona Nadia yang masih muda belia, kami pikir belum ada problematika kesehatan yang perlu dirisaukan. Jalani kehidupan ini dengan pola hidup sehat dan seimbang, sehingga hari-hari Anda bisa dilalui dengan senyum bahagia.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dokter Dito Anurogo

No comments: