Pages

Tuesday, November 25, 2008

Konsultasi Tentang Kewanitaan

Iritasi pada alat kelamin

Pelajari diagram ini jika timbul rasa gatal dan sakit di vagina atau sekitar vulva (mulut kemaluan). Iritasi semacam ini bisa menyebabkan perih ketika membuang air kecil dan tidak enak dalam berhubungan seks. Istilah medis untuk gejala semacam ini adalah prurutis vulvae. Hal ini bisa timbul akibat infeksi pada vagina atau saluran kemih; atau iritasi oleh sabun atau seodoran, atau akibat berbagai kelainan kulit.

Sulit menahan buang air kecil

Kesulitan menahan buang air kecil atau sesekali "keterlepasan" buang air kecil mungkin merupakan gejala adanya infeksi pada saluran kemih atau akibat lemahnya otot pengendalinya. Periksakan kedokter setiap kali timbul gejala seperti ini.

Nyeri buang air kecil

Sakit atau ketidaknyamanan ketika membuang air kecil umumnya merupakan akibat infeksi pada saluran kemih atau peradangan disekitar mulut rahim. Gangguan semacam ini biasa terjadi pada wanita dan seringkali bisa diobati dengan mudah dan cepat, dengan kombinasi pengobatan sendiri dan perawatan profesional.

Buang air kecil terlalu sering

Seringnya Anda buang air kecil setiap hari antara lain tergantung pada kebiasaan, banyaknya cairan yang diminum, dan kekuatan otot kandung kemih Anda. Umumnya wanita membuang air kecil antara 2 dan 6 kali sehari. Pelajari diagram ini jika Anda merasa membuang air kecil lebih sering dari biasanya. Sering buang air kecil jarang merupakan gejala gangguan serius, namun perawatan sederhana dapat mengatasi keluhan yang kadang-kadang membuat malu ini.

Nyeri saat berhubungan seks

Seorang wanita bisa merasa sakit atau tidak nyaman didalam atau sekitar vagina pada saat penetrasi, saat atau setelah melakukan hubungan seks. Istilah medis untuk gejala ini adalah dyspareunia. Hal ini biasa dialami para wanita disemua usia, dengan berbagai kondisi fisik atau emosional. Apapun dugaan penyebabnya, hal ini perlu segera mendapat perhatian medis, karena bila hal itu sering timbul, akan dapat mempengaruhi keinginan Anda melakukan seks sehingga merusak hubungan dengan pasangan Anda.

Kehilangan minat seks

Frekuensi kebutuhan akan seks pada seorang wanita dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis dan fisiologis, serta pengalamannya dimasa lalu. Ada wanita yang membutuhkan seks setiap hari, ada yang hanya 1-2 kali seminggu atau bahkan kurang dari itu. Semua itu pada dasarnya normal. Namun penurunan minat seks yang mendadak dapat disebabkan oleh adanya seatu kelainan. Ada yang disebabkan karena fisik; misalnya baru saja melahirkan, atau terserang sakit atau infeksi yang menimbulkan nyeri untuk berhubungan seks; atau disebabkan oleh masalah emosional; misalnya terlalu banyak bekerja, depresi, kecemasan seksual,atau ketidaksesuaian dengan pasangan. Pelajari diagram ini bila Anda merasa terjadi penurunan minat Anda melakukan seks dan/atau bila merasa hasrat seks Anda menjadi lebih sulit dibangkitkan yang bisa mengurangi kenikmatan hubungan seks.

Memilih metode kontrasepsi

Meskipun tak ada metode kontrasepsi (pencegah kehamilan) yang benar-benar bebas masalah, umumnya banyak pasangan bisa memilih metode yang terbaik bagi mereka. Meskipun tersedia kontrasepsi untuk kedua pihak, umumnya wanitalah yang lebih banyak memakai alat kontrasepsi. Hal ini mungkin karena lebih besarnya rasa takut hamil pada wanita, sehingga mereka perlu lebih yakin sebelum memilih salah satu metode kontrasepsi untuk dirinya. Namun, ada wanita yang tidak mungkin melakukan kontrasepsi, sehingga pasangannya mungkin perlu mempertimbangkan kontrasepsi bagi pria. Diagram ini menguraikan dan membantu Anda memilih metode kontrasepsi yang cocok bagi Anda, namun sebaiknya keputusan baru diambil setelah melalui diskusi bersama dokter dan pasangan Anda, serta memperhitungkan segala kemungkinan yang bisa timbul sebagai efek sampingan.

Kegagagalan dalam pembuahan

Pelajari diagram ini apabila Anda dan pasangan Anda sudah sering berhubungan seks tanpa alat KB dalam waktu lebih dari 12 bulan namun tidak juga terjadi kehamilan. Kegagalan pembuahan bisa diakibatkan dari gangguan yang dialami pihak wanita maupun pria. Diagram ini khusus membahas segala kemungkinan yang bisa mempengaruhi pihak wanita. Kemandulan seorang wanita biasanya kegagalan memproduksi sel telur atau tersumbatnya saluran falopian. Penyebab sebenernya kegagalan pembuahan biasanya dapat ditemukan dengan memeriksa kedua pasangan.

30 comments:

canmy said...

saya mau nanya
kenapa pada saat saya bertemu dengan laki2 kewanitaan saya mudah basah??
apa penebabnya dan bagaimana cara mengatasinya

canmy said...

saya mau nanya
kenapa pada saat saya bertemu dengan laki2 kewanitaan saya mudah basah??
apa penebabnya dan bagaimana cara mengatasinya

canmy said...

saya mau nanya
kenapa pada saat saya bertemu dengan laki2 kewanitaan saya mudah basah??
apa penebabnya dan bagaimana cara mengatasinya

canmy said...

saya mau nanya
kenapa pada saat saya bertemu dengan laki2 kewanitaan saya mudah basah??
apa penebabnya dan bagaimana cara mengatasinya

Anonymous said...

Saya mau tnya... saya sering tidk normal untuk haid... paling tidk 2 bln sekali. tapi saya belum haid smpai 4 buln ini.. tapi tidak ada tanda2 hamil... mohon bantuannya. trimz

Anonymous said...

Dok,,saya ♏åƱ tanya,,kalo dari k'maluan itu kluar cairan kuning itu knapa ya,,??

ubaidilah said...

solusi sehat bersama keluarga bangsa dan negara kasih tercinta

ummu fatinah said...

saya mau bertanya: akhir-akhir ini saya mengalami keputihan yang lain dari biasanya, kali ini keputihannya seperti serbuk putih(ampas tahu) dan mengalami kegatalan yang sangat pada area kewanitaan. Sebenarnya hal tersebut berbahaya atau tidak dan apa penyebabnya?? terima kasih atas jawabannya.

Ratnawati said...

Slmt siang saya mo tnya.knpa di dlm kmaluan sy lendirnya wrnaya coklat y.tp gk sakit n gk bau.cuman sy gk bisa nahan kencing.kli sy tahan kncing rsanya pusing bgt.itu bahaya gk y.

Anonymous said...

Lendir dari vagina yang berwarna kecoklatan merupakan suatu jenis keputihan yang patologis (tidak normal). Dalam keadaan normal, sebenarnya seorang wanita dapat mengalami keputihan yang biasanya timbul pada masa subur seorang wanita, sebelum dan sesudah menstruasi.

Keputihan yang normal ini biasanya berwarna jernih, tidak berbau dan tidak terasa gatal. Namun ketika warna lendir yang keluar dari vagina berubah warna (menjadi seperti kepala susu, kuning kehijauan, abu-abu, kecoklatan atau bahkan keluar darah), menjadi berbau dan terasa gatal menunjukkan bahwa keputihan yang terjadi sudah patologis (tidak normal). Hal tersebut dapat terjadi akibat infeksi pada vagina (baik infeksi bakteri, jamur atau parasit), akibat adanya benda asing dalam vagina atau akibat adanya keganasan. Pada sebagian besar kasus, keputihan yang tidak normal ini terjadi akibat infeksi mikroorganisme pada saluran reproduksi.

Wanita yang sudah menikah juga berisiko tinggi untuk mengalami infeksi di daerah vagina yang menimbulkan keluhan berupa keputihan, karena saat wanita melakukan hubungan seks maka wanita tersebut sangat terbuka terhadap kuman-kuman jahat dari luar. Bahkan keputihan tersebut bisa juga didapat dari pasangan yang juga mengalami infeksi yang sama.

Selain itu kebiasaan bertukar celana dalam dengan orang lain, penggunaan handuk bersama, kurangnya menjaga kebersihan vagina dan cara cebok yang salah juga dapat memicu timbulnya keputihan.

Jika anda sudah menikah, ajaklah suami anda untuk ikut memeriksakan diri ke dokter agar obat dapat diberikan kepada anda dan pasangan jika memang suami anda juga terbukti memiliki infeksi yang sama. Keputihan sebaiknya diobati sesegera mungkin untuk mencegah timbulnya komplikasi lebih lanjut akibat infeksi yang berjalan lebih dalam ke rongga rahim dan saluran indung telur bahkan ke dalam rongga panggul.

Berikut tips menghindari keputihan :
Jalani diet yang seimbang dan banyak minum
Konsumsi yoghurt, batasi konsumsi gula
Cukup tidur dan istirahat
Jangan menggaruk vagina sekalipun gatal
Jaga kesehatan daerah kewanitaan seperti sering lebih sering ganti pembalut/tampon, memakai celana dalam adri bahan katun dan tidak ketat
Cuci pakaian dalam dengan sabun ringan dan jangan gunakan pembalut/pewangi pakaian
Jaga kebersihan tubuh, hindari pembersih vagina yang mengandung parfum
Gunakan obat keputihan yang diberikan dokter secara teratur walaupun gejala sudah hilang karena kemungkinan infeksi masih terjadi.

Unknown said...

Selamat siang dokter saya mau tanya ,setiap kali saya menahan buang air kecil walau hanya 5 menit di dinding rahim saya terasa sakit dan mengeras tepatnya pada dinding mulut kewanitaan yg atas. Dan saya terpaksa menaikkan nya dengan jari saya.begitu juga kalau saya berjalan agak turun juga terjadi demikian.saya wanita usia 31 tahun saya ibu rumahtangga .saya menderita penyakit ini selama7 bulan. Bagaimana cara mengatasinya dan apakah ini berbahaya?

Anonymous said...

hi...
saya mau konsultasi tentang bibir vagina saya tdk sejajar, padahal saya blm pernah Ml, bisakah Di operasi cut ( red) biar sejajar, mkc

Nida said...

Dok saya mau konsultasi saya telat haod 2 bulan itu knapa ya? Yg kluar hanya kputihan banyak mhon solusinya

Nida said...

Dok saya mau konsultasi saya telat haod 2 bulan itu knapa ya? Yg kluar hanya kputihan banyak mhon solusinya

Anonymous said...

Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.
Gejala keputihan

Keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini dapat encer atau kental, dan kadang-kadang berbusa. Mungkin gejala ini merupakan proses normal sebelum atau sesudah haid pada wanita tertentu.
Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya.

Biasanya keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal. Keputihan juga dapat dialami oleh wanita yang terlalu lelah atau yang daya tahan tubuhnya lemah. Sebagian besar cairan tersebut berasal dari leher rahim, walaupun ada yang berasal dari vagina yang terinfeksi, atau alat kelamin luar.

Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan oleh plasenta atau uri.
Gadis muda kadang-kadang juga mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

Penyebab keputihan secara umum adalah:

Sering memakai tissue saat membasuh bagian kewanitaan, sehabis buang air kecil maupun buang air besar
Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis
Sering menggunakan WC Umum yg kotor
Tidak mengganti panty liner
Membilas vagina dari arah yang salah. Yaitu dari ke arah anus ke arah depan vagina
Sering bertukar celana dalam/handuk dgn orang lain
Kurang menjaga kebersihan vagina
Kelelahan yang amat sangat
Stress
Tidak segera mengganti pembalut saat menstruasi
Memakai sembarang sabun untuk membasuh vagina
Tidak mejalani pola hidup sehat (makan tidak teratur, tidak pernah olah raga, tidur kurang)
Tinggal di daerah tropis yang lembap
Lingkungan sanitasi yang kotor.
Sering mandi berendam dengan air hangat dan panas. Jamur yang menyebabkan keputihan lebih mungkin tumbuh di kondisi hangat.
Sering berganti pasangan dalam berhubungan sex
Kadar gula darah tinggi
Hormon yang tidak seimbang
Sering menggaruk vagina

Sedangkan dengan memperhatikan cairan yang keluar, kadang-kadang dapat diketahui penyebab keputihan.

Infeksi kencing nanah, misalnya, menghasilkan cairan kental, bernanah dan berwarna kuning kehijauan.
Parasit Trichomonas Vaginalis menghasilkan banyak cairan, berupa cairan encer berwarna kuning kelabu.
Keputihan yang disertai bau busuk dapat disebabkan oleh kanker.

Secret woman said...

Saya 17 thun,semenjak saya menstruasi pertama kali,V saya mengeluarkan cairan putih (kadang cair,kadang kental) tidak berbau dan tidak gatal.Apakah ituu dokter ? Terima kasih

Unknown said...

Siang dokter,sy mau tanya vagina sy timbul jerawat kecil yg sangat menggangu,perih,mau duduk,beraktifitas,dan berhubungan dgn suami pun jd terganggu,penyebabnya apa,dan bagaimana cara mengatasinya.. terimakasih.

Unknown said...

Siang dokter,sy mau tanya vagina sy timbul jerawat kecil yg sangat menggangu,perih,mau duduk,beraktifitas,dan berhubungan dgn suami pun jd terganggu,penyebabnya apa,dan bagaimana cara mengatasinya.. terimakasih.

Unknown said...

Dok saya mau nanya kenapa yah selangkangan saya sering sakit kayak kalo lagi mens gituu, terus sering telat banget mensnyaa

Unknown said...

Dok saya mau nanya kenapa yah selangkangan saya sering sakit kayak kalo lagi mens gituu, terus sering telat banget mensnyaa

Wawan Effry said...

Ayah saya berumur 58 tahun dan sekarang beliau terkena stroke. Mengidap penyakit tsb lebih 6 tahun. Namun dr 6 bulan terakhir beliau susah tidur, baik siang ataupun malam. Inilah yang menjadikannya beliau sering temperamental.. Mohon solusinya Dok bagaimana cara agar beliau bisa tidur normal kembali. Dengan begitu smoga beliua bisa rileks.. terimakasih

Unknown said...

maaf saya mau nanya apakah flek ada kaitanya dengan payudara nyeri berkepanjangan

Unknown said...

siang dok ,
saya mau nanya .. saya 10 hari setelah saya selesai haid tiba tiba darah keluar lagi dikit
saya kira itu akan haids lagi , tapi hari ke 2 tidak banyak seperti darah haid ,, hanya sedikit berwarna terkadang merah , merah hati maupun coklat dan udah seminggu ini saya masih mengalami gejala seperti itu. itu kenapa iya dok ?

Lena said...

Dok sy mau tanya,kenapa ya stiap berhubungan intim mis v sy keluar aroma tidk sedap dan menyengat,pdl sy tdk lg keputihan,tp keluar aroma ny klo lg berhubungan sja...

Lena said...

Dok sy mau tanya,kenapa ya stiap berhubungan intim mis v sy keluar aroma tidk sedap dan menyengat,pdl sy tdk lg keputihan,tp keluar aroma ny klo lg berhubungan sja...

Unknown said...

Dok... Saya ingin bertanya seputar benjolan di bibir vagina. Saya seorang perempuan berumur 21 tahun. Belum pernah melakukanan hubungan badan. Namun ahir-ahir ini terasa seperti ada benjolan-benjolan kecil pada bibir vagina saya. Bentuk nya kecil kecil sekali dan ada berkelompok warnanya seperti kulit. Tidak sakit namun kadang agak gatal. Setelah saya cari di google saya curiga itu adalah kutil kelamin kelamin. Apakah benar dok itu kutil kelamin? padahal saya tidak pernah melakukan hubungan badan. Saya sangat bingung dan takut. Apakah ini berbahaya dan bagaimana cara mengobatinya apakah ada cara alami untuk mengobatinya dok. Terima kasih

Cha said...

Dok knp ya d bibir v sblah kiri sy ky ada bntol pdhl ga skit.pa itu dok dan sy sering kputihan

Cha said...

Dok knp ya d bibir v sblah kiri sy ky ada bntol pdhl ga skit.pa itu dok dan sy sering kputihan

Unknown said...

Dok, sya mau tanya. Cuci vagina dlam kedokteran itu boleh ga si?? Speerti ratus dll. Klaupun tidak boleh. Yg boleh cuci vagina yg sperti aph?? Terima kasih!!

Anonymous said...

Dok..mw tnya. Klo kasus klitoromegali apakah bs diterapi atau hrs dioperasi? Klitoromegali krn pnggunaan prohormone yg berlebih bkn krn infeksi ataupun yg lainnya..trims