Pages

Thursday, July 24, 2014

Bahayakah Jika Anak Terus-menerus Minum Obat Alergi?

Dok, anak saya sudah 4 tahun didiagnosa urtikaria dermathographism, sudah tes alergi (IgA atopi, IgE makanan) hasilnya titer 0 tes kulit positif semua. Dokter anak menyarankan untuk terus minum obat alergi golongan cetrizine. Yang saya tanyakan:
1. Sebenarnya apa yang harus anak saya hindari agar alerginya tidak muncul? Karena saya sulit sekali melihat pencetusnya baik makanan , cuaca, dll.
2. Mengonsumsi obat alergi secara terus menerus apakah tidak berbahaya? Anak saya hanya kuat 1 minggu tidak minum obat, lebih dari itu alerginya akan muncul lagi.
Terima kasih banyak dok.

Nur H (Perempuan 32 Tahun, Menikah), hamidahXXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 153 Cm, Berat Badan 44 Kg

Jawaban

Cara mencegah agar alergi tidak muncul adalah dengan menghindari pencetusnya. Namun menghindari pencetus ini yang merupakan hal tersulit karena pencetus dapat berupa apa saja.

Untuk itu pencatatan aktivitas dan makanan yang teliti merupakan peran orang tua yang merupakan orang terdekat dari si anak untuk mengetahui jenis pencetus apa yang menimbulkan alergi bagi anak.

Sedangkan konsumsi obat alergi secara terus menerus tidak berbahaya, melihat golongan cetrizine cukup aman karena efek samping tersering adalah mengantuk dan tidak sebesar golongan antialergi yang lain. Tetapi harus diingat sebaiknya seminimal mungkin menggunakan obat.

Dr Aditya Suryansyah SpA

No comments: