Pages

Wednesday, July 23, 2014

Konsumsi Anti Mual di Awal Kehamilan Malah Muntah Darah, Bagaimana Solusinya?

Assalamualaikum Dok, saya punya istri sedang hamil 9 minggu, sudah 2 minggu mengonsumsi obat ondansentron biar tidak mual, tapi setelah 2 minggu konsumsi obat itu, istri saya pas waktu mual atau muntah malah mengeluarkan darah, terus BAB-nya juga keras dan hitam. Kira-kira bagaimana cara mengatasinya Dok?

Rikiiswanto (Laki-laki menikah, 25 tahun)
rikiiswantoXXXX@rocketmail.com
Tinggi badan 169 cm, berat badan 55 kg

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr Wb,

Usia kehamilan 9 minggu merupakan usia kehamilan dengan angka kejadian mual dan muntah yang paling berat. Puncak dari mual muntah pada kehamilan terjadi di usia 9 minggu, kemudian berkurang hingga sekitar 16-20 minggu 95% pasien hamil sudah bebas dari mual muntah.

Muntah darah merupakan tanda yang bahwa mual muntah pada kehamilan ini sudah cukup parah. Penyebabnya bisa jadi karena kekurangan cairan, kelaparan, hingga robekan kecil di esofagus (saluran dari mulut ke lambung) karena kekuatan muntah yang terlalu keras.

BAB keras karena kurangnya makan serat, disebabkan juga karena kurangnya makanan yang bisa masuk, sehingga tidak adanya cukup serat. Hitam adalah warna dari darah yang terkena asam lambung. Berarti luka tempat perdarahan tersebut berada di atas lambung.

Saya menyarankan dalam kondisi seperti ini untuk dilakukan perawatan di rumah sakit. Diberikan cairan yang cukup melalui infus, mungkin diperlukan pemberian obat-obatan dan nutrisi melalui infus, karena sudah tidak bisa dimasuki makanan lagi.

Untuk lebih jelasnya sebaiknya segera temui dokter di sekitar Anda.

Semoga bermanfaat.

dr. Hari Nugroho, SpOG

2 comments:

Anonymous said...

Salam.. sya mau konsultasi 2 bulan yg lalu sya habis pergi mendaki terus pulangnya kaki saya gatal gatal dan sampai sekarang masih gatal bahkan sudah berbekas karna sering di garuk. Tolong info obat yg cocok. Terimakasih

erna said...

Selamat pagi dok . Saya mau konsultasi . Saya kegugura 27 juli 2014. Saya akan kuret 29 juli 2014 pagi. Karena sekarang saya masih syok. Apakah masih aman bila kuretnya tgl 29 juli ?