Pages

Wednesday, July 23, 2014

Apakah Sperma Bisa Membahayakan Janin?

Saya sedang hamil 21 minggu, dari awal minggu kehamilan saya setiap kali berhubungan suami saya selalu mengeluarkan spermanya di dalam. Yang saya takutkan apakah itu tidak ada masalah dengan janin yang ada di dalam kandungan saya? Mohon penjelasannya Dok, terimakasih.

Amalia Hermawan (Perempuan menikah, 27 tahun)
amalia1787XXXXX@rocketmail.com
Tinggi badan 159 cm, berat badan 58

Jawaban

Halo Mbak Amalia,

Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan di dunia, berhubungan badan selama kehamilan tidak meningkatkan resiko terhadap janin selama kehamilan didiagnosa normal oleh tenaga medis yang memeriksa Anda.

Hal-hal pada kehamilan yang mengakibatkan perlu menghidari berhubungan badan misalnya, terjadinya perdarahan pada kehamilan, terjadi ancaman kelahiran prematur, dan sebagainya.

Pada kehamilan normal, berhubungan badan sendiri tidak meningkatkan resiko terjadinya kehamilan prematur.

Tetapi perlu diingat, bahwa Ibu hamil mempunyai hambatan tersendiri karena besarnya perut dan keterbatasan ruang gerak karena hamilnya, sehingga disarankan posisi yang nyaman untuk ibu hamil adalah di bawah, terutama pada kehamilan yang sudah besar.

Semoga bermanfaat.

dr. Hari Nugroho, SpOG

No comments: