Pages

Tuesday, July 22, 2014

Nyeri Dada dan Sering Sendawa, Penyakit Apa?

Dok, dada saya sering nyeri dada baik disebelah kiri maupun kanan (tapi lebih sering di kiri), lalu terkadang disertai napas yang terasa pendek dan juga saat/sebelum nyeri itu muncul saya jadi sering sendawa. Dan juga ujung kaki dan tangan saya suka dingin dan kadang berkeringat (tapi tidak sampai menetes, sekedar basah saja), saya juga mempunyai asma ringan.

Seminggu yang lalu saya dirawat di RS karena napas saya terasa sangat pendek dan tangan dan kaki saya terasa dingin. Dan mengetahui itu dokter disitu melakukan berbagai tes jantung seperti EKG, USG jantung dan tes darah. Tapi hasil tes-tes tersebut megatakan jantung saya normal. Jadi apa yang menyebabkan nyeri di dada saya ini ya Dok? Apa ada hubungannya dengan lambung atau paru-paru? Terimakasih.

Faraz Dion Akbar (Pria lajang, 18 tahun)
faraz.dion.akbarXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 169 cm, berat badan 46 kg

Jawaban

Dear Faraz,

Nyeri dada disertai sesak napas umumnya dirasakan pada pasien yang mempunyai gangguan di jantung, paru, dan lambung, disamping adanya beberapa kemungkinan lainnya. Melihat riwayat dari Faraz, yang telah dievaluasi mengenai jantungnya dan dikatakan normal, maka kemungkinan penyebabnya adalah dari paru dan lambung (sering sendawa).

Nyeri dada yang anda rasakan kemungkinan besar terjadi karena adanya hambatan hantaran udara di paru (dalam hal ini Anda mempunyai asma), namun perlu pemeriksaan lebih lanjut baik dari pemeriksaan lab yang lebih spesifik maupun spirometri (uji faal paru). Adanya hambatan udara di paru menyebabkan ujung tangan dan kaki dingin dan kadang berkeringat.

Saran saya, konsultasi ke spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Salam, semoga bermanfaat.

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes

No comments: