Pages

Monday, April 7, 2008

Kista ovarium

1- 2008 oleh ander
saya (22) telah menikah 1 tahun 3 bulan,sampai sekarang belum di karuniai keturunan,pada usia pernikahan yang ke 10 saya di vonis mempunyai kista di ovarium kanan saya sebesar 7 cm dengan gejala perdarahan berwarna coklat selama 23 hari diluar menstruasi,dokter menyaran kan untuk operasi, tapi saya tidak mau karena saya takut kalo sel telur saya keangkat dan pada akhirnya saya tidak mempunyai keturunan.sampai sekarang saya tidak menghiraukan penyakit yang ada pada tubuh saya, karena sampai saat ini saya tidak merasakan keluhan2 apapun pada diri saya. yang ingin saya tanyakan: - bagaimana menurut dokter tentang tindakan saya mengabaikan penyakit saya ini dengan alasan demikian? -berapa persenkah kemungkinan saya untuk hamil? apa sebetulnya penyebab kista,soalnya saya belum menemukan jawaban yang pasti? terimakasih Ander,bogor
Jawaban:
Kepada ander,

Sesuatu yang salah jika kita mengabaikan kondisi kesehatan kita sendiri. Suatu penyakit jika sudah terdeteksi sebaiknya secepatnya dilakukan penanganannya. Jikapun anda tidak mau dioperasi tetapi anda tetap harus kontrol tentang penyakit yang anda alami, bahkan jika perlu mencari pendapat kedua untuk lebih memastikan keraguan yang anda alami.
Kista berukuran besar dapat mengganggu kehamilan, bukan kesuburannya, artinya jika anda mempunyai kista anda akan dapat mengalami kehamilan dan setelah hamil inilah kista tersebut dapat menyebabkan gangguan.
Jika kista yang memiliki diameter lebih dari 5 cm dapat melintir pada saat terjadi kehamilan. Akibatnya, kista pecah dan menimbulkan nyeri sangat hebat, dapat menjadi nekrotik dan bisa mengakibatkan emboli hingga kematian.
Itulah sebabnya kista berukuran besar harus diangkat agar tidak mengganggu dan kemudian dilakukan pemeriksaan secara patologi anatomi untuk memastikan apakah kista itu jinak atau ganas.
Umumnya kista ovarium bersifat fungsional dan akan menghilang dengan
sendirinya, itulah pentingnya dikontrol apakah penyakit bertambah baik atau bertambah buruk. Folikel yang ada dalam ovarium akan tumbuh dan berkembang
menjadi sel telur. Pada saat ovulasi , ternyata folikel tersebut gagal untuk pecah dan mengeluarkan sel telur. Biasanya akan di serap oleh tubuh, tetapi ternyata cairan yang ada pada folikel tersebut menetap dan membentuk suatu kista. Kista inilah dikenal dengan kista ovarium.
Ovarium seorang perempuan ada sepasang. Jika salah satunya terganggu dan tidak berfungsi, masih ada satu lagi sehingga kehamilan masih dapat terjadi. Untuk prosentase saya tidak mempunyai referensi tentang hal itu.
Jadi sebaiknya anda kontrol lagi mengenai penyakit tersebut.

Terima kasih

1 comment:

Titi said...

Gejala kista itu seperti apa ?
Apa usia dibawah 20 thun bisa menderita kista ?
Saya asal makassar 19th, belum menikah
Dulu saya sering telat dtang bulan sampai 3 bulan sekali dan skarang malah bertolak belakang sebulan sampai 2 kali dtang bulan, kadang haitnya turun lancar banget sampai seperti pendarahan gitu baunya yg amis dn darahnya menggumpal mirip hati ayam, kdang juga haitnya turun cuman sekali dn di pagi hari doag dn itu terjadi tiap hari sampai seminggu baru betul2 hilang. Hait gk teratur kadang sampai 2 mingguan baru benar2 bersih.Trus kalo lagi hait nyeri banget sampai yg jungkir balik gitu yg gk bisa nahan rasa sakitnya, badan semua kerasa sakit kyak habis dipukuli, dn diperut bagian bawah itu sering nyeri dn terasa berat seperti ada tekanan walau gk hait skalipun, trus seperti ada benjolan juga di bibir alat fital tapi kalo dilihat mata seperti gk ada apa2, hanya disaat di sentung aja kerasa benjolannya seperti tumbuh dibagian dlm sebesar biji semangka, dulunya gk sakit dan benjolannya tumbuh sekitar 4 harian trus hilang tapi beberapa minggu muncul lagi, dn di bulan ini benjolan itu tumbuh lagi dan mencukupi dua di dua tmpat yg berbeda, dn kali ini untuk pertama kalinya benjolannya terasa kayak ditusuk jarum kalo di sentuh, awalnya diperkirakan kista tapi kenapa ada benjolan ? Jadi itu apadong ? Gejala kista apa tumor ?? Mohon penjelasannya
Sya belum siap buat periksa ke dokter takut dngn hasilnya, untuk skarang cumn berobat herbal yg sesuai dengan gejala yg di derita, mohon bantuannya untuk penjelasannya dari penyebab sampai cara penyembuhan kista. Terimakasih Meyshara Makassar