Pages

Wednesday, March 3, 2010

Asma atau Sesak Nafas

Pertanyaan :

Yang terhomat tim dokter MER-C. Anak saya laki-laki usianya 9 bulan, kemaren sempat demam dan batuk+pilek. Kemudian saya bawa ke dokter anak, dokter anak tersebut bilang anak saya suhu panas badan tinggi karena ada dahak/lendir yang tidak bisa keluar. Disarankan untuk diuap supaya bisa membantu mengeluarkan dahaknya. Dan dikasih obat-obat penurun panas dan multivitamin. beberapa hari kemudian ternyata suhu tubuhnya tetap tidak stabil turun naik kemudian saya bawa ke dokter anak lainnya. Malah memvonis anak saya terkena sesak napas? yang mau saya tanyakan :

1. Apakah setiap dokter anak mempunyai diagnosa yang berbeda-beda? kalau saya ke 100 dokter anak apakah anak saya didiagnosa punya 100 penyakit juga?

2. Kalau memang anak saya terkena sesak napas apa bedanya dengan asma, dan bagaimana mengobatinya?

Terima Kasih.

- Yanuar -

Jawaban :

Yang terhormat Bapak Yanuar yang sedang gundah. Sedih sekali kalau buah hati kita sakit, saya pun ikut prihatin. Pada anak-anak usia balita memang sangat rentan terhadap berbagai penyakit khususnya penyakit-penyakit infeksi baik yang disebabkan oleh virus maupun oleh bakteri.

Penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) adalah merupakan penyakit infeksi pada anak dan saat ini masih merupakan masalah kesehatan utama. Episode penyakit batuk pilek pada anak usia dibawah lima tahun (balita) di Indonesia diperkirakan sebesar 3 sampai 6 kali setiap tahun.

Menjawab pertanyaan bapak, sesungguhnya dokter yang pertama dan kedua sama diagnosanya yaitu penyakit saluran pernapasan, hanya penjelasan yang diberikan pada bapak saja versinya berbeda. Sesak napas bisa disebabkan berbagai hal, antara lain karena adanya benda asing didaerah saluran pernapasan, infeksi maupun alergi yang menyebabkan penebalan mukosa saluran pernapasan yang biasa disebut asma.
Jadi belum tentu anak yang sesak napas itu penderita asma, bisa juga memang disebabkan adanya lendir yang mengental disaluran pernapasan dan lender ini dapat di encerkan dengan cara banyak minum.

Oleh karena itu sebaiknya bapak teruskan pengobatan yang diberikan oleh dokter yang bapak pilih sehingga dokter dapat memantau kondisi dan mengobati anak bapak dengan lebih baik.
Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat bagi bapak dan saya doakan semoga anak bapak diberikan kesembuhan oleh ALLAH SWT.

Hormat Saya

- Dr. Diana Shanty -

4 comments:

dgergAJI said...

Selamat siang Dr. Diana Shanty,
Anak kami berumur 16 bln,
lahir pada usia kandungan 7 bulan,
terkena infeksi paru-paru (asma, batuk & pilek),
bila demam/panas selalu mencapai 42 derajat celsius.

Apakah ada solusi bagi kesehatannya agar dapat sembuh dari penyakit tersebut ATAU adakah alternatif pengobatan/terapi yang bisa dilakukan?

Terima kasih,
Mimi Abel

Mizzu Giezen Yum said...

selamat malam dr.diana shanty
anak saya berumur 5 tahun tadinya dia batuk berdahak namun menjadi kering dan sudah berobat berkali-kali tp tetap batuk.dan batuknya lebih sering pada mlm hari atau paginya.namun setelah kedokter yg lain anak saya divonis sesak nafas atau asma.dan di beri obat namun hasilnya anak saya tak kunjung sembuh malah makin parah.
dan saya ganti dokter lagi tetap menyatakan anak saya terkena asma.
dan diberi obat juga serta alat inhaller jg semprot untuk asma namun yg terjadi anak saya memakai semprot batuknya makin kuat dan sering.tdk hanya malam saja batuk,siang dan sore pun jg batuk sering.
akhirnya saya ditawarin tetangga untuk berobat herbal dr madu dan mengandung habbatusauda.2 bulan mengkonsumsi obat herbal anak saya batuknya agak berkurang dan tdk kambuh lagi.namun beberapa minggu tdk menggunakan obat herbal,anak saya batuk lagi.yang jd pertanyaan saya apakah anak saya aman menggunakan obat herbal?apakah anak saya dpt disembuhkan?saya sudah menghindari makanan dan minuman pantangan.hanya saya saja anak saya bila terkena angin ia akan jadi batuk,dan bila tertawa maupun lari atau loncat ia jg batuk.tp bila menghindari angin,tertawa,lari dan loncat, anak saya tidak mengalami batuk.
tapi anak saya jadi kurus meskipun makannya banyak,karna dokter melarang minum susu.ya saya akui jika anak saya minum susu dia jadi batuk.tapi apakah ada solusi untuk menambah gizinya sbg pengganti susu?


terima kasih
mama anggi

sakti said...

yang terhormat dokter anak,umur ank saya baru 18 hari semenjak lahir tidur nya ngorok kadang kayak sesak nafas,tapi semua itu kadang2 saja.itu kenapa ya dok.terima kasih.aan d banten

sakti said...

yang terhormat dokter anak.begini dok,anak saya baru berumur 18 hari tapi kalo tidur kadang ngorok dan kayak orang sesak nafas,tapi itu cuma kadang kadang dan juga seperti orang ketelek makanan.terima kasih sebelum nya.

aan
banten