Pages

Wednesday, March 3, 2010

Anak sering terserang batuk dan pilek

Assalamualaikum,

Nama saya Rusna, anak saya umur 23 bulan, dari umur 12 bulan anak saya sering sekali terserang batuk & pilek, hampir setiap bulan nya terserang, apa yang harus saya perbuat ya dok, dan berat badan nya hanya 10 kg, kira-kira ada kemungkinan flek ga ya dok? apa perlu pemeriksaan lab dan foto rontgen, tetapi dokter tidak pernah menyarankan untuk periksa. trus anak saya susah sekali makan. terima kasih atas perhatian nya.

- Rusna -

Jawaban :

Wa'alaikum salam wr wb,
Terimakasih atas pertanyaaan yang saudara berikan. Pada usia 23 bulan seharusnya berat anak anda 10 kg 22 gram..jadi anak anda masih dalam kategori normal.

Batuk - pilek beserta demam yang terjadi sekali-kali dalam 6 - 12 bulan sebenarnya masih dinilai wajar. Observasi menunjukkan bahwa kunjungan ke dokter bisa terjadi setiap 2 - 3 minggu selama bertahun-tahun.

Penyebab timbulnya batuk pilek itu sendiri diakibatkan oleh virus yang ada disekitar kita. Sampai sekarang, Pencetus penyakit pada anak memang sulit ditentukan, karena dapat bermacam-macam, misalnya :
1. Lingkungan kurang sehat
2. Polusi tinggi
3. Dan ada perokok di rumah
4. Penggunaan penyejuk udara (AC) di malam hari bisa menimbulkan alergi suhu dingin, sehingga hidung anak mampet, sehingga ia bernafas lewat mulut.
5. Kipas angin dipasang di kamar tidur yang lalu meniup debu ke segala penjuru kamar.
6. Penularan virus di sekolah dan tempat ramai seperti mall
7. Perawat yang sedang batuk - pilek.
8. Tak langka pula kejadian sakit gara-gara anak mengkonsumsi makanan ringan tidak sehat yang membuat tenggorokan menggelitik.

Langkah anda memeriksakan anak anda ke dokter sudah tepat sekali. kemungkinan mengapa dokter anda tidak menyarankan pemeriksaan foto rontgen karena dalam pemeriksaan fisiknya ,dokter tidak menemukan bunyi ronchi pernafasan yang menjadi tanda khas TBC /plek, keringat malam dan penurunan berat badan yang significant.
Saran saya, mungkin anda harus lebih mengamati anak anda,kira2 dari mana munculnya batuk pilek itu sendiri, apakan dari suasana rumah yg AC nya terlalu dingin, atau dari makanan atau dari faktor lainnya yang sudah saya sebutkan diatas.

Jika anda sudah mendapatkan faktor pencetusnya, penting kiranya untuk menjaga anak anda untuk tidak ada dalam kondisi itu. Anda juga bisa membantu meningkatkan daya tahan anak dengan memberikan imunostimulan dan vitamin. Karena pemberian imunostimulan dan vitamin terbukti lebih efektif dibandingkan jika memberikan antibiotik saja.Demikianlah saran dari saya semoga bermanfaat buat anda.

Wassalam

- Dr.Muslimah Husein -

3 comments:

Anonymous said...

assalamualaikum wr,wb???
dok,, anak saya baru berusia 3bln,, tapi anak saya itu cepat sekali terkena flu/pilek dan batuk. dia juga sering berkeringat meski udara dingin,, pada malam hari juga anak saya berkeringat.. matanya juga kalo bangun pagi ma'af dok "bertahi" gitu.. saya kawatir dok,, anak saya kenapa? dan apayang harus saya lakukan dok?? oya dok, anak saya juga kalo bernafas terkadang berbunyi kalo tidurnya terkapar, tapi kalo tidurnya miring tidak bunyi dok.. mohon bantuannya ya dokter.. wassalam??

astie828 said...

sore dok,anak saya berumur 2.5thn namun sampai sekarang dia msh belum lancar berbicara. setiap dia dipanggil, dia sering tidak menengok orng yg memanggilnya dan sepertinya dia punya dunia sendiri. apa yang saya lakukan untuk mengatasinya?saya takut terjadi yg tdk di inginkan semua orangtua.

Anonymous said...

Assalamu'alaikum...
perkenalkan nama saya subhan, saya mempunyai 2 orang putra dan putri, anak yang ke dua saya saat ini sedang sakit batuk pilek berdahak, sudah 2 kali berobat ke dokter, dan pada akhirnya dokter tersebut mengajurkan untuk di rontgen, ini hasil rontgen tertulis :cor normal, pulmo hilus tidak menebal,tampak infitrat parahiler kanan dan kiri, sinus diafragma baik. kesan spesifik proseo blm dapat disingkirkan, oh ya dok, bila malam putri saya tersebut sering berkeringat, ventilasi di ruang kamar tidur cukup baik, tidak menggunakan AC ataupun kipas angin, yang saya ingin tanyakan, apa sebenarnya penyakit anak saya ini, itu yang pertama.
yang kedua putri saya juga sering mengalami gatal-gatal pada kulit, daerah pergelangan tangan, sekitar leher dan dahi, seperti bentol2, pernah saya beranggapan alergi terhadap susu, ini dikarenakan pernah berulang kali ganti susu bubuk malah tambah parah gatal-gatal pada kulitnya, yang pada akhirnya saya hentikan. saya berikan salep bevalex bisa sembuh tapi sering kumat lagi. yang saya tanyakan, obat apa yang harus saya berikan, saya sudah sering menggunakan salep bevalex tersebut.
yang ketiga, putri saya bila pada siang hari tidak tidur atau hanya tidur sebentar maka pada malam hari atau tepatnya tengah malam sering menangis minta dipijit kedua kakinya, yang saya ingin tanyakan, apakah putri saya mempunyai penyakit tulang pada kedua kakinya, padahal saya sering memberikan vitamin yang mengandung kalsium dan ataupun vitamin yang mendukung pertumbuhannya.
mohon maaf, ini semua dikarenakan saya awam terhadap pengetahuan medis,mohon jawabannya yang bisa saya pahami dok. terima kasih atas waktu dan kesempatannya.