Pages

Thursday, March 31, 2011

Terlambat menstruasi

Salam, Saya adalah Ibu dari seorang anak yang saya lahirkan 6 bulan yang lalu. Sudah 10 hari ini saya terlambat menstruasi. dan saya mengalami depresi berat, pola makan saya juga tidak teratur karena saya jarang sekali sarapan pagi, makanan yang saya makan akhir-akhir ini tidak bergizi. saya bingung apakah saya hamil. karena saya memang tidak ingin hamil lagi karena tidak punya biaya. Saya sudah menggunakan 3 buah test pack dengan merk yang berbeda, tapi hasilnya semua negative. kenapa ya? Terima kasih sebelumnya.

- Honey -

Jawaban :Â

Haid yang telat dapat dipengaruhi oleh pola makan/diet makanan, emosi/stressor, KB, hormonal dan banyak faktor lainnya. Coba diingat lagi apakah anda mengalami banyak masalah atau kelelahan akhir2 ini, bila iya, kemungkinan itulah penyebab anda telat haid karena stressor merupakan penyebab terbanyak telat haid selain kehamilan, disamping itu pula kondisi anda diperparah dengan pola makan/kurangnya asupan gizi anda akhir2 ini.
Untuk lebih jelasnya anda dapat menghubungi dokter ahli kandungan dan melakukan pemeriksaan penunjang USG untuk mengetahui apakah terdapat kelainan atau kehamilan pada rahim anda.

Demikian penjelasan dari saya, semoga Ibu Honey dapat memahaminya.Â

Terima KasihÂ

- Dr. Lia Rahmarini -

14 comments:

downloader bergaye : said...

selamat siang ,,
saya remaja berumur 24 thn ingin menanyakan beberapa hal,
beberapa hari lalu sy melakukan hubungan dgn tunangan sy tepat nya malam hari ,lalu kemudian esok malamnya tunangan sy haid,,apakah dengan demikian dapat berpotensi terjadi kehamilan pd tunangan saya,,,? mohon info nya dok...trimakasih.

dr lia rahmarini said...

bila sudah yakin terjadi menstruasi pada tunangan anda...maka bisa dikatakan tidak akan terjadi potensi kehamilan akibat hubungan intim sehari sebelum menstruasi...

arif said...

kpd.yth dokter ditempat
please dok di jawab dok
saya punya pacar dan hubungan kita udah serius dok.begini biasanya tiap bulan dia hampir selalu telat untuk menstruasi,nah bulan ini dia udah sebulan dok telat padahl saya dan dia belum pernah melakukan hubungan yang diharamkan oleh agama kita ,saya kasian melihat dia dok tolong jwab,dia juga suka banget makann pedas apa itu juga yang mempengfaruhi,
thanks sebelomnya

Anonymous said...

dok saya putri , saya seorang pelajar umur saya 15 tahun ! dok saya mau bertanya ? saya sudah 5 bulan tidak menstruasi saya terakhir menstruasi tanggal 5 juni 2012! setalah saya habis menstruasi saya langsung keputihan yang sangat dahsyat ! itu kenapaya ? apakah ada penyakit ? atau tidak ! saya sebelumnya belum pernah periksa kedokter mana pun !! tolong jawab yaa !! soalnya penting bagi saya

Anonymous said...

Selamat malam dok, saya cita. saya berusia 22 tahun. saya sudah berhubungan seks tetapi selalu memakai pengaman. saya mengalami terlambat datang bulan sudah selama 2 bulan, saya telah mengecek test pack 8 kali testpack dan hasil nya negatif. kenapa ya dok? apakah ada obat untuk mempercepat menstruasi?

Anonymous said...

Selamat siang dok , saya vita Umur saya 18 tahun , saya sudah terlambat menstruasi sudah hampir 5 bulan apakah adanya tanda saya terkena penyakit, dan apa yang mambuat saya telat menstruasi dok ? mohon infonya dok .terimakasih dok .

Unknown said...

selamat pagi dok, saya sofia 21 tahun, saya ingin menanyakan, sejak januari -april saya menstruasi 1 kali, kemudian stelah april-juli ini saya belom menstruasi. Kira-kira itu kenapa ya dok, dan bagaimana agar menstruasi saya lancar?tetapi memang beberapa bulan ini saya kelelahan dan banyak pikiran dengan aktivitas kuliah di kampus. mohon jawabannya dok..terima kasih.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Saya belum menikah
Saya mengalami masa suci 40hari. Haid saya tak kunjung datang.
Memang sebelum2 nya saya mengalami masa suci 28-32hari.
Tp bulan ini lebih mundur lg sampe 40hari.
Apakah masih normal??? Apa yang harus saya lakukan???

icha pd dech said...

Pagi dok.saya ingin bertanya saya sudah menikah jalan 6bulan .terakhir sya haid akhr februari smpe sekarang blm haid juga..sempat kmrn kecpean kluar plek dikit trs gak lage.apa ini gejala kehamilan?

Unknown said...

Selamat mlm dok, saya mau nanya dok saat ini usia saya 25 thun, saya masih belum berkeluarga,,,biasanya setiap bulan saya haid selalu maju sekitar 3-7 hari. Terakhir saya haid tgl 10 januari 2016... Setelah haid itu saya rutin mengkonsumsi suplemen collagen,, bulan ini saya belum haid dok...padahal ini sdh tanggal 10 feb 2016,,tanda2 mau haid juga ga ada dok,,,
Saya takut dok,,ini pertama kalinya saya telat haid nya...
Faktor apa ya dok yang menyebabkan saya telat haid
Makasih atas jawabannya dok

Unknown said...

Wulan
Selamat malam dok. Saya sudah 4 bulan tidak haid. Waktu bulan ke 2 test pack hasilnya positif. Bulan ke 3 saya meriksa ke bidan hasilnya negatif. Ketika bulan ke 4 saya test pack lagi dan hasilnya negatif. Itu bermasalah apa ya dok? Thanks.

Unknown said...

salam dokter.saya wanita single umur 28 tahun.saya sudah telat datang bulan selama 60hari ditambah bulan ini juga belum datang.saya bingung dok dan takut apa saya kena penyakit apa gmna ya.masalahnya baru kali ini saya dtgnya telat lama begini.pernah saya datang bulan darahnya hitam itu trakhir datangnya selepas itu uda gak pernah lagi.itu kenapa ya dok.apa ada cara mengatasinya?saya resah dok karna telat dtg 60hari lebih begini.tolong sarannya dok buat atasi masalah saya.thanks

Unknown said...

salam dokter.saya wanita single umur 28 tahun.saya sudah telat datang bulan selama 60hari ditambah bulan ini juga belum datang.saya bingung dok dan takut apa saya kena penyakit apa gmna ya.masalahnya baru kali ini saya dtgnya telat lama begini.pernah saya datang bulan darahnya hitam itu trakhir datangnya selepas itu uda gak pernah lagi.itu kenapa ya dok.apa ada cara mengatasinya?saya resah dok karna telat dtg 60hari lebih begini.tolong sarannya dok buat atasi masalah saya.thanks