Pages

Thursday, March 31, 2011

Haid tidak teratur

Istri saya umur 33thn,akhir2x ini sering haid nya ngak teratur kadang cepat datang nya dan kadanglambat dan juga kalau haid terkadang lama kadang sebentar aja,dan sekarang ini ada lagi kalau berhubungan intim keluar darah yang berwarna hitam dan cukup banyak. an dalam bulan ini yang darah hitam ini pasti keluar setiap kami lakukan hubungan intim.

Tolong dokter jelasin apa kah darah hitam itu bagai mana juga dengan haid yang tidak teratur.
sekian terima kasih , saya berharap bantuan dokter untuk menjelaskan ini.

-Ajo-

Jawaban:

Yth Bapak Ajo,

Siklus haid pada wanita dipengaruhi oleh faktor hormonal, status psikologis, dan diet yang dikonsumsi. Kondisi yang dialami oleh istri Bapak Ajo memang menunjukkan adanya perubahan pola siklus yang disebut menometorrhagi, artinya haid menjadi lebih banyak dan sering. Disamping itu, warna darah haid yang kehitaman menunjukkan adanya proses yang patut dicurigai. Sayang bapak tidak menyebutkan riwayat persalinan istri Bapak dan penyakitnya.

Saran kami, Bapak bisa menghubungi dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan Pap smear untuk mengetahui kondisi sel-sel leher rahim istri Bapak dan juga menjalani USG abdomen untuk melihat kondisi rahimnya.

Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat.
Terima kasih.

dr. Arief R.

4 comments:

Nadia said...

Siang dok,


Saya wanita usia 22 tahun,saya sudah 6 bulan menikah
Yang ingin saya tanyakan,bulan ini perkiraan haid saya ada tanggal 23/24 tapi ternyata saya telat 4,tadinya saya pikir saya akan hamil.
karena memang tidak ada tanda2 saya akan haid,krna biasanya kalau mau haid saya slalu keluar flek.
Tapi ternyata pada tanggal 28 saya haid, dan itu mengeluarkan darah sangat2 banyak,mungkin seperti orang pendarahan.
ini berlangsung selama 2 hari,dan mengakibatkan badan saya lemas dan sedikit gemeteran.
Apakah ini normal dok?atau ada penyakit dalam rahim saya?dan menurut saudara2 saya kemungkinan ini mens terakhir seblum saya hamil.apakah benar dok?

queen farah said...

saya menstruasi tanggal 2 januari trus slesai tanggal 9 januari 2012 pada tanggal 14 januari 2012 kluar darah lagi.ini sudah 2 bulan belakangan saya sperti ini,dan sudah 3 kali saya merasakan sakit perut tiba2 sakit yang tidak tertahan kan,tapi dalam waktu 5-10menit sakit perut itu hilang dgn sendiri nya dengan mengatur pernafasan sakit perut yg tidak tertahankan itu perlahan-lahan hilang dgn sendiri nya yg ingin saya tanyakan apakah saya terkena nioma ?? tolong d jwb ya.....

queen farah said...

saya menstruasi tanggal 2 januari trus slesai tanggal 9 januari 2012 pada tanggal 14 januari 2012 kluar darah lagi.ini sudah 2 bulan belakangan saya sperti ini,dan sudah 3 kali saya merasakan sakit perut tiba2 sakit yang tidak tertahan kan,tapi dalam waktu 5-10menit sakit perut itu hilang dgn sendiri nya dengan mengatur pernafasan sakit perut yg tidak tertahankan itu perlahan-lahan hilang dgn sendiri nya yg ingin saya tanyakan apakah saya terkena nioma ?? tolong d jwb ya.....

Unknown said...

siang dok,
saya mau bertanya mens saya telat 2 bulan ini dan slama bulan ini saya minum jamu perlancar haid . itu bahaya atau tidak dok? karena kemaren mens tgl 26 dan skrg sudah bulan berikutnya belum mens juga 1 bulan solusinya bagaimana dok. terimakasih